Penyebab Jerawat di Pipi

Penyebab Jerawat Di Pipi
Source: bing.com

Apa yang Memicu Jerawat di Pipi?

Jerawat di pipi adalah masalah yang umum dihadapi oleh banyak orang, terutama remaja. Meskipun banyak orang menganggap jerawat hanyalah masalah kecil, nyatanya itu dapat mengganggu rasa percaya diri dan juga berdampak pada kesehatan kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab utama jerawat di pipi sehingga kita dapat menghindari masalah ini. Penyebab utama jerawat di pipi adalah kombinasi dari beberapa faktor, termasuk minyak berlebih, bakteri, dan perubahan hormon.

Minyak Berlebih Sebagai Penyebab Utama Jerawat di Pipi

Minyak berlebih adalah penyebab utama jerawat di pipi. Minyak berlebih disebabkan oleh peningkatan produksi minyak oleh kelenjar minyak kulit, yang merupakan bagian dari proses normal yang terjadi pada kulit manusia. Namun, ketika minyak berlebih dari biasanya diproduksi, kulit akan menjadi lebih berminyak dan lebih rentan terhadap jerawat, karena minyak memicu pertumbuhan bakteri. Minyak berlebih biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pemakaian produk kecantikan yang berminyak, polusi, dan kelebihan produksi hormon seperti androgen.

Bakteri Sebagai Penyebab Lain Jerawat di Pipi

Selain minyak berlebih, bakteri juga dapat menjadi penyebab jerawat di pipi. Bakteri ini disebut Propionibacterium acnes, yang merupakan bakteri yang hidup di kulit dan biasanya tidak berbahaya. Namun, ketika minyak berlebih diproduksi oleh kelenjar minyak kulit, bakteri ini dapat menyebabkan infeksi dan iritasi, yang menyebabkan jerawat. Bakteri juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit, yang dapat menyebabkan tanda iritasi seperti kemerahan pada kulit.

BACA JUGA:  Aturan Minum Obat Jerawat Silkys

Perubahan Hormon Sebagai Penyebab Jerawat di Pipi

Perubahan hormon juga dapat menyebabkan jerawat di pipi. Hormon berperan dalam memicu produksi minyak oleh kelenjar minyak kulit. Pada wanita, perubahan hormon selama masa pubertas dan kehamilan dapat meningkatkan produksi minyak, sehingga meningkatkan risiko jerawat. Perubahan hormon juga dapat terjadi selama masa menstruasi, obat, dan masa stres. Oleh karena itu, orang yang memiliki masalah jerawat di pipi biasanya akan melihat peningkatan jerawat saat mereka mengalami masa stres atau mengonsumsi obat tertentu.

Kondisi Lingkungan Sebagai Faktor Penyebab Jerawat di Pipi

Kondisi lingkungan juga dapat menyebabkan jerawat di pipi. Contohnya, polusi udara dapat menyebabkan minyak berlebih diproduksi oleh kelenjar minyak kulit, sehingga meningkatkan risiko jerawat. Lingkungan juga dapat menjadi sumber bakteri, yang dapat menyebabkan infeksi kulit dan peradangan. Selain itu, lingkungan yang kering juga dapat menyebabkan kulit kering, yang juga dapat memicu jerawat di pipi.

Cara Mengatasi Jerawat di Pipi

Untuk mengatasi jerawat di pipi, Anda harus menghindari beberapa faktor yang dapat memicu munculnya jerawat, seperti pemakaian produk kecantikan yang berminyak, polusi, dan stres. Anda juga harus menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci wajah dengan sabun wajah yang sesuai. Selain itu, Anda harus menghindari penggunaan produk yang mengandung zat kimia yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Anda juga harus menggunakan pelembab yang sesuai untuk menjaga keseimbangan minyak di kulit.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Selain melakukan beberapa cara untuk mengatasi jerawat di pipi, Anda juga harus menghubungi dokter ketika jerawat di pipi tidak membaik walaupun Anda sudah melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Dokter akan memeriksa kondisi kulit Anda dan meresepkan obat yang tepat untuk mengobati jerawat di pipi. Selain itu, dokter juga dapat merekomendasikan produk kecantikan yang tepat untuk mengurangi masalah jerawat di pipi.

BACA JUGA:  Mengapa Timbul Jerawat di Kepala?

Kesimpulan

Penyebab utama jerawat di pipi adalah kombinasi antara minyak berlebih, bakteri, perubahan hormon, dan kondisi lingkungan. Untuk mengatasi jerawat di pipi, Anda harus menghindari faktor-faktor yang dapat memicu munculnya jerawat di pipi dan juga menjaga kebersihan wajah. Jika jerawat di pipi masih belum membaik walaupun Anda sudah melakukan beberapa cara untuk mengatasinya, Anda harus berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

VideoPenyebab Jerawat di Pipi