Penyebab Jerawat di Antara Kedua Alis

Penyebab Jerawat Di Antara Kedua Alis
Source: bing.com

Jerawat di antara kedua alis merupakan salah satu jenis jerawat yang paling kerap menyerang orang. Jerawat di antara alis juga dikenal sebagai jerawat intertriginosa, yang dapat menimbulkan rasa gatal, sengit, dan nyeri. Jerawat di antara alis dapat menghalangi keindahan wajah, sehingga menimbulkan kecemasan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab jerawat di antara kedua alis agar dapat mengambil tindakan yang tepat.

Apa Itu Jerawat di Antara Kedua Alis?

Jerawat di antara kedua alis adalah jerawat yang muncul di sekitar area alis. Bentuk jerawat ini berbeda dari jerawat yang biasa terjadi pada wajah. Jerawat yang muncul di antara alis berbentuk seperti bintil-bintil kecil yang kecil dan merah. Jerawat ini juga dapat bernanah dan memerah sekitarnya.

Penyebab Jerawat di Antara Kedua Alis

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab jerawat di antara kedua alis. Beberapa penyebab utama jerawat di antara alis adalah:

1. Kotoran dan Debu

Ketika kotoran dan debu menempel pada kulit di sekitar alis, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi kulit ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di antara alis. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan sekitar alis agar jerawat tidak muncul.

BACA JUGA:  Kombinasi Skincare Terbaik untuk Jerawat dan Bekasnya

2. Berlebihan Menggunakan Produk Makeup

Menggunakan produk make up yang berlebihan juga dapat menjadi penyebab jerawat di antara alis. Make up berlebihan dapat menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan iritasi pada kulit. Jika kulit iritasi, hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di antara alis.

3. Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk juga dapat menjadi penyebab jerawat di antara alis. Kebiasaan seperti menggaruk dan menyentuh area alis dengan tangan yang kotor dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Iritasi kulit ini dapat menyebabkan munculnya jerawat di antara alis.

4. Kondisi Hormonal

Kondisi hormonal juga dapat menjadi penyebab jerawat di antara alis. Kondisi hormonal yang tidak seimbang dapat menyebabkan munculnya jerawat di antara alis. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan agar kondisi hormonal tetap seimbang.

5. Penyakit Kulit

Penyakit kulit juga dapat menjadi penyebab jerawat di antara alis. Penyakit kulit seperti psoriasis dan eksim juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di antara alis. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan medis jika jerawat di antara alis masih tetap muncul walaupun sudah mengikuti perawatan.

Cara Mengatasi Jerawat di Antara Kedua Alis

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat di antara kedua alis. Beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

1. Menjaga Kebersihan Sekitar Alis

Untuk menghindari iritasi pada kulit sekitar alis, penting untuk menjaga kebersihan sekitar alis. Jika sekitar alis kotor, sebaiknya cuci dengan air hangat dan sabun yang ringan. Pastikan untuk menggunakan produk yang cocok dengan jenis kulit Anda.

2. Jangan Menggaruk atau Pun Menyentuh Sekitar Alis

Jangan menggaruk ataupun menyentuh sekitar alis dengan tangan yang kotor. Jika Anda menggaruk ataupun menyentuh sekitar alis, hal ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan jerawat di antara alis.

BACA JUGA:  Cara Mengobati Jerawat Secara Alami

3. Hindari Berlebihan Menggunakan Produk Make Up

Untuk menghindari iritasi pada kulit, sebaiknya hindari menggunakan produk make up yang berlebihan. Jika Anda masih ingin menggunakan produk make up, carilah produk yang berkualitas dan jangan lupa untuk membersihkan sekitar alis setelah menggunakan make up.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Makanan sehat seperti buah dan sayur dapat membantu mencegah jerawat di antara alis. Selain itu, hindari makanan yang tinggi gula dan garam untuk mencegah jerawat di antara alis.

5. Kunjungi Dokter

Jika jerawat di antara alis masih tetap muncul walaupun sudah mengikuti perawatan, segera kunjungi dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab jerawat di antara alis. Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter akan memberikan obat atau saran lainnya untuk mengatasi jerawat di antara alis.

Kesimpulan

Jerawat di antara kedua alis merupakan salah satu jenis jerawat yang kerap menyerang orang. Jerawat di antara alis dapat menghalangi keindahan wajah, sehingga menimbulkan kecemasan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab jerawat di antara kedua alis agar dapat mengambil tindakan yang tepat. Penyebab utama jerawat di antara alis adalah kotoran dan debu, berlebihan menggunakan produk make up, kebiasaan buruk, kondisi hormonal, dan penyakit kulit. Untuk mengatasi jerawat di antara alis, penting untuk menjaga kebersihan sekitar

VideoPenyebab Jerawat di Antara Kedua Alis