Penyebab Jerawat Blackhead dan Cara Mencegahnya

Penyebab Jerawat Blackhead Dan Cara Mencegahnya
Source: bing.com

Jerawat blackhead adalah bentuk jerawat yang paling umum dan sering dialami oleh banyak orang. Jerawat blackhead memiliki bentuk mirip dengan jerawat lainnya, tetapi memiliki warna hitam di bagian tengahnya. Meskipun memiliki kondisi yang sama dengan jerawat lainnya, jerawat blackhead juga memiliki penyebab dan gejala yang berbeda. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat blackhead dan cara mencegahnya.

Penyebab Jerawat Blackhead

Jerawat blackhead disebabkan oleh kombinasi beberapa hal, termasuk produksi minyak berlebih, bakteri, produksi sebum, dan kulit yang sensitif. Ketika kulit menghasilkan sebum berlebih, sebum akan tersumbat di pori-pori kulit, membentuk jerawat blackhead. Sebagian besar jerawat blackhead akan berada di bagian wajah, tetapi juga bisa muncul di telinga, punggung, atau leher.

Faktor Risiko

Ada beberapa faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan Anda mengalami jerawat blackhead. Faktor-faktor tersebut termasuk obat-obatan tertentu, perubahan hormon, kulit kering, dan stres. Anda juga berisiko lebih tinggi untuk mengalami jerawat blackhead jika Anda menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya. Beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya dapat menyebabkan iritasi kulit dan meningkatkan risiko jerawat blackhead.

Gejala Jerawat Blackhead

Gejala jerawat blackhead biasanya berupa titik-titik hitam yang muncul di wajah atau bagian tubuh lainnya. Titik-titik hitam ini disebut blackhead karena warna hitam dari sebum yang tertahan di pori-pori kulit. Biasanya, jerawat blackhead tidak berbau, tetapi dapat menjadi gatal atau berwarna merah jika terkena infeksi bakteri. Selain itu, jerawat blackhead juga dapat menyebabkan perasaan tidak nyaman dan rasa sakit di area yang terkena.

BACA JUGA:  Buku Diet Jerawat: Mengapa Anda Perlu Membacanya?

Cara Mencegah Jerawat Blackhead

Untuk mencegah jerawat blackhead, Anda harus menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Bersihkan wajah Anda setiap hari dengan sabun wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda. Gunakan air hangat untuk mencuci wajah, lalu lap dengan handuk yang lembut. Setelah itu, gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Selain itu, hindari menggunakan produk kosmetik berbahaya yang dapat menyebabkan iritasi kulit atau reaksi alergi.

Cara Mengobati Jerawat Blackhead

Untuk mengobati jerawat blackhead, Anda harus menghilangkan sebum yang tertahan di pori-pori kulit. Cara terbaik untuk menghilangkan sebum adalah dengan menggunakan scrub khusus jerawat blackhead. Anda juga dapat menggunakan masker wajah untuk mengeluarkan sebum yang terakumulasi di pori-pori kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk pelembab berkualitas untuk membantu menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Resiko dan Komplikasi

Meskipun tidak serius, ada beberapa resiko dan komplikasi yang dapat terjadi akibat jerawat blackhead. Resiko terburuk yang dapat terjadi adalah infeksi bakteri. Infeksi bakteri dapat menyebabkan jerawat blackhead menjadi lebih parah dan menyebabkan rasa sakit dan gatal. Selain itu, jerawat blackhead juga dapat membuat Anda merasa malu dan rendah diri.

Kesimpulan

Jerawat blackhead adalah bentuk jerawat yang umum dan sering dialami oleh banyak orang. Penyebabnya termasuk produksi minyak berlebih, bakteri, produksi sebum, dan kulit yang sensitif. Untuk mencegah jerawat blackhead, Anda harus menjaga kulit tetap bersih dan sehat dengan menggunakan produk kosmetik yang aman. Untuk mengobati jerawat blackhead, Anda harus menghilangkan sebum yang tertahan di pori-pori kulit dengan scrub dan masker wajah. Sekalipun tidak serius, ada resiko dan komplikasi yang dapat terjadi akibat jerawat blackhead.

BACA JUGA:  Tentang Jerawat Purging dan Jerawat Breakout

VideoPenyebab Jerawat Blackhead dan Cara Mencegahnya