Mengenal Penyebab Jerawat Bernanah

Mengenal Penyebab Jerawat Bernanah
Source: bing.com

Jerawat bernanah adalah jenis jerawat yang terasa lebih sakit, membentuk benjolan, dan mengeluarkan nanah. Ini adalah jenis jerawat yang lebih serius dan membutuhkan perawatan tambahan, dan jenis ini juga lebih sulit disembuhkan. Jenis jerawat bernanah ini disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi kulit, usia, hingga kebiasaan makan. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat bernanah yang perlu Anda ketahui.

1. Kondisi Kulit Berminyak

Kondisi kulit berminyak adalah penyebab utama jerawat bernanah. Kulit yang berminyak disebabkan oleh kelebihan produksi sebum, yaitu cairan yang diproduksi oleh kelenjar sebasea di kulit. Selain itu, kondisi kulit berminyak juga dapat disebabkan oleh faktor hormonal, seperti masa pubertas, perubahan hormon selama kehamilan, atau hormon yang tidak seimbang. Kondisi kulit berminyak ini akan membuat jerawat mudah terinfeksi, menyebabkan jerawat bernanah.

2. Usia

Jerawat bernanah sering terjadi pada usia remaja. Ini karena pada usia ini, tubuh mengalami perubahan hormon yang dapat menyebabkan produksi sebum meningkat. Pada usia dewasa pun, jerawat bernanah masih dapat terjadi, terutama pada wanita yang sedang mengalami masa menstruasi. Usia yang lebih tua pun masih dapat mengalami jerawat bernanah, namun kondisinya tidak akan seberat pada usia remaja.

3. Stress

Stress dapat membuat kondisi kulit menjadi lebih berminyak dan sensitif. Hal ini dapat menyebabkan jerawat bernanah. Stress juga dapat membuat kulit menjadi kering dan mudah teriritasi, membuat jerawat semakin parah. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengurangi stres dan cobalah untuk tidak terlalu cemas dengan kondisi kulit Anda.

BACA JUGA:  Operasi Wajah Jerawat: Apa yang Perlu Anda Ketahui?

4. Makanan dan Minuman Berminyak

Makanan dan minuman berminyak juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Makanan seperti gorengan, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung banyak garam dan gula dapat membuat kulit menjadi berminyak. Makanan yang tinggi lemak juga dapat membuat jerawat bernanah semakin parah. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengganti jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi dengan makanan yang lebih sehat.

5. Kebiasaan Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Asap rokok yang masuk ke kulit akan membuat kulit menjadi kering dan mudah teriritasi. Selain itu, asap rokok juga akan menyumbat pori-pori wajah, yang akan membuat jerawat bernanah semakin parah. Maka dari itu, ada baiknya untuk berhenti merokok jika Anda ingin menghilangkan jerawat bernanah Anda.

6. Kebiasaan Memencet Jerawat

Memencet jerawat adalah hal yang paling tidak direkomendasikan untuk dilakukan. Memencet jerawat dapat menyebabkan nanah menyebar ke seluruh wajah, membuat jerawat bernanah semakin parah. Selain itu, memencet jerawat juga dapat menyebabkan infeksi, yang akan membuat jerawat semakin sulit disembuhkan.

7. Kosmetik Berminyak

Kosmetik berminyak juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Kosmetik berminyak dapat menutupi pori-pori wajah, membuat kulit menjadi berminyak dan mudah teriritasi. Maka dari itu, sebaiknya gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan pastikan untuk membersihkannya setiap hari.

8. Kebiasaan Menggunakan Handphone

Kebiasaan menggunakan handphone juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Saat Anda menggunakan handphone, Anda akan menempelkan wajah Anda pada layar handphone yang berminyak. Hal ini akan menyebabkan kulit Anda menjadi berminyak dan mudah teriritasi. Maka dari itu, sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan handphone terlalu lama.

9. Pembersih Wajah yang Tidak Sesuai

Pembersih wajah yang tidak sesuai juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Pembersih wajah yang terlalu kuat akan membuat kulit menjadi kering dan mudah teriritasi. Pembersih wajah yang beralkohol juga akan membuat kulit menjadi kering dan rentan terhadap jerawat. Jadi, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara menghilangkan jerawat di punggung secara alami

Kesimpulan

Jerawat bernanah disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kondisi kulit berminyak, usia, hingga kebiasaan makan dan minum. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjaga kesehatan kulit dan menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat bernanah. Selain itu, ada baiknya untuk segera memulai perawatan kulit jika Anda sudah mengalami jerawat bernanah.

VideoMengenal Penyebab Jerawat Bernanah