Penyebab Jerawat Batu di Pipi

Penyebab Jerawat Batu Di Pipi
Source: bing.com

Jerawat batu adalah salah satu jenis jerawat yang lebih parah dibandingkan jerawat biasa. Jerawat ini biasanya muncul di pipi dan berbentuk seperti batu. Biasanya, kulit sekitar jerawat batu terasa sangat tebal dan terasa sakit jika dipijat. Meskipun jerawat batu tidak membahayakan kesehatan, namun masalahnya bisa mengurangi rasa percaya diri.

Untuk menghilangkan jerawat batu, Anda harus mengetahui penyebabnya. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat batu di pipi:

Kembalinya Minyak Berlebih

Kulit yang berminyak adalah salah satu penyebab jerawat batu di pipi. Minyak berlebih dapat membuat pori-pori tersumbat dengan kotoran atau kulit mati. Hal ini dapat memicu tumbuhnya jerawat batu di pipi.

Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Penggunaan kosmetik berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat batu di pipi. Kosmetik yang berminyak dapat menutupi pori-pori dan menyebabkan minyak berlebih. Jika Anda menggunakan kosmetik berlebihan, Anda harus selalu bersihkan wajah Anda setiap hari.

Stres

Stres dapat menyebabkan hormonal berubah dan menyebabkan tumbuhnya jerawat batu di pipi. Stres juga dapat menyebabkan Anda menggunakan produk kosmetik berlebihan atau mengkonsumsi makanan berlemak yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat batu di wajah.

Polusi

Polusi juga dapat menjadi penyebab jerawat batu di pipi. Partikel-partikel polutan dapat menyumbat pori-pori dan memicu tumbuhnya jerawat batu. Jika Anda tinggal di daerah yang polusi, Anda harus selalu mencuci wajah secara teratur untuk mencegah tumbuhnya jerawat batu.

Kurangnya Nutrisi Penting

Kurangnya nutrisi penting juga dapat menyebabkan jerawat batu di pipi. Makanan yang mengandung banyak lemak, gula, dan karbohidrat berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kulit. Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit Anda dan mencegah tumbuhnya jerawat batu di pipi.

BACA JUGA:  Toner untuk Bruntusan dan Jerawat

Ketidakseimbangan Hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan jerawat batu di pipi. Hormon seperti testosteron dan estrogen dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak di wajah. Hal ini dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat batu di pipi.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan jerawat batu di pipi. Rokok dan alkohol dapat menyebabkan produksi minyak berlebih di wajah dan menyebabkan tumbuhnya jerawat batu di pipi.

Kesimpulan

Kita telah mengetahui bahwa ada beberapa penyebab jerawat batu di pipi. Beberapa penyebab tersebut meliputi kembalinya minyak berlebih, penggunaan kosmetik berlebihan, stres, polusi, kurangnya nutrisi penting, ketidakseimbangan hormon, dan kebiasaan buruk. Jika Anda ingin mencegah jerawat batu di pipi, Anda harus mengikuti saran yang telah disebutkan di atas.

VideoPenyebab Jerawat Batu di Pipi