Penyebab Jerawat

Penyebab Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum terjadi pada banyak orang. Jerawat dapat berupa bintik hitam, bintik merah, atau bintik putih. Jerawat terjadi karena adanya peradangan kulit. Sebagian besar kasus jerawat disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk hormon, bakteri, minyak dan komedo.

Penyebab Hormon

Ketika kulit Anda mengalami perubahan hormon, seperti ketika Anda masuk masa pubertas atau saat menstruasi, produksi minyak oleh kelenjar minyak dalam kulit Anda meningkat. Meningkatnya produksi minyak akan menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. Selain itu, jerawat juga dapat disebabkan oleh mengkonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat kontrasepsi oral, obat steroid, hormon pertumbuhan, dan obat penenang.

Penyebab Bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes adalah bakteri yang menyebabkan jerawat. Bakteri ini bersifat parasit dan menyebabkan peradangan pada kulit. Bakteri ini berkembang biak dengan cepat di pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kulit mati. Bakteri ini akan menyebabkan bintik merah, bintik putih, dan bintik hitam pada kulit ketika masuk ke dalam pori-pori yang tersumbat.

Penyebab Minyak

Kelenjar minyak dalam kulit Anda menghasilkan minyak yang disebut sebum. Sebum membantu melindungi kulit Anda dari bakteri dan kotoran. Namun, ketika produksi sebum berlebihan, pori-pori kulit Anda akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

Penyebab Komedo

Komedo adalah titik hitam atau bintik putih pada kulit, terutama di wajah. Komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum dan kulit mati. Komedo terlihat seperti titik hitam atau bintik putih di wajah Anda. Komedo biasanya menjadi sumber infeksi yang akan menyebabkan munculnya jerawat.

BACA JUGA:  Apakah Alpukat Bisa Menghilangkan Jerawat?

Penyebab Lainnya

Terdapat beberapa faktor lain yang juga memainkan peran dalam penyebab jerawat, di antaranya adalah: siklus siklus hormon wanita, stres, konsumsi makanan berlemak tinggi, kelebihan vitamin A, kekurangan vitamin B dan C, polusi, dan kurang tidur.

Penanganan Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, Anda dapat mencoba berbagai macam cara, di antaranya adalah: menggunakan produk kosmetik yang tidak mengandung minyak, menghindari produk kosmetik yang mengandung alkohol, menggunakan krim pelembab berbasis air, mencuci wajah dengan air hangat, dan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide. Anda juga harus menjaga kebersihan kulit dan rutin menggunakan sunscreen.

Cara Pencegahan Jerawat

Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah jerawat adalah: menjaga kebersihan kulit, menggunakan produk kosmetik yang berkualitas, menghindari produk kosmetik yang mengandung minyak, menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan, menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab, dan menjaga kesehatan secara umum.

Kapan Harus Berobat Ke Dokter?

Jika jerawat yang Anda alami berlanjut atau berlangsung lebih dari beberapa minggu, maka Anda harus segera berkonsultasi ke dokter. Dokter akan dapat memberikan Anda resep obat atau saran lain yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat Anda.

Kesimpulan

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk hormon, bakteri, minyak, dan komedo. Untuk mengatasi jerawat, Anda dapat mencoba berbagai cara, di antaranya adalah menggunakan produk kosmetik yang tidak mengandung minyak, menghindari produk kosmetik yang mengandung alkohol, mencuci wajah dengan air hangat, dan menggunakan produk yang mengandung salicylic acid dan benzoyl peroxide. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan kulit dan rutin menggunakan sunscreen. Jika jerawat berlangsung lebih lama dari beberapa minggu, Anda harus segera berkonsultasi ke dokter.

BACA JUGA:  Tomat, Solusi Terbaik untuk Jerawat?

VideoPenyebab Jerawat