9 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Efektif

9 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami Dan Efektif
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dialami hampir semua orang. Meskipun seringkali dianggap sebagai masalah kulit remaja, orang dewasa pun bisa terkena jerawat. Jerawat dapat membuat orang merasa malu, tak nyaman, dan kurang percaya diri. Oleh karena itu, obat untuk jerawat menjadi salah satu cara untuk mengatasinya.

Ketika berurusan dengan jerawat, obat-obatan kimia bukanlah satu-satunya pilihan. Bahkan, ada banyak cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat. Berikut adalah 9 cara alami untuk mengobati jerawat secara efektif:

1. Cuci Wajah Anda Setiap Hari

Mengangkat kotoran dan bakteri dari wajah Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah jerawat. Cuci wajah Anda dengan air hangat dan sabun wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Cuci wajah Anda 2-3 kali sehari, terutama setelah berolahraga dan sebelum tidur. Ini akan membantu menghilangkan kotoran, sebum berlebih, dan bakteri penyebab jerawat.

2. Gunakan Produk Pencuci Wajah Dengan Formula Yang Lembut

Produk pencuci wajah dengan formula yang lembut akan membantu menjaga keseimbangan minyak di wajah Anda. Produk-produk ini juga tidak akan membuat kulit Anda terlalu kering. Ini penting karena kulit yang terlalu kering dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan jerawat. Jika Anda menggunakan produk pencuci wajah yang kurang lembut, cobalah menggunakan produk yang khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat.

BACA JUGA:  Apa Itu Jerawat?

3. Gunakan Produk Pelembab Dengan Formula Yang Lembut

Produk pelembab dengan formula yang lembut akan membantu menjaga kulit tetap lembab dan menjaga keseimbangan minyak di wajah Anda. Seperti produk pencuci wajah, produk pelembab ini juga tidak akan menyebabkan kulit menjadi terlalu kering. Jika Anda menggunakan produk pelembab yang kurang lembut, cobalah menggunakan produk yang khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat.

4. Gunakan Masker Wajah Yang Bermanfaat

Masker wajah dapat membantu mengangkat sebum berlebih dan kotoran dari wajah Anda. Gunakan masker wajah yang mengandung bahan alami seperti teh hijau, jeruk nipis, dan yogurt. Masker ini juga dapat membantu mencerahkan warna kulit serta mengurangi produksi minyak berlebih di wajah Anda. Gunakan masker wajah 1-2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

5. Gunakan Toner Wajah

Toner wajah dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih, membantu mengangkat sebum berlebih, dan meningkatkan kinerja produk perawatan lainnya yang Anda gunakan. Gunakan toner wajah yang mengandung bahan alami seperti air mawar dan chamomile untuk hasil yang optimal. Gunakan toner wajah setelah mencuci wajah dan sebelum menggunakan pelembab.

6. Gunakan Sabun Batang

Sabun batang yang mengandung minyak zaitun atau minyak almond dapat membantu membersihkan wajah secara efektif. Sabun batang juga bisa membantu mengatasi iritasi kulit yang disebabkan oleh produk-produk perawatan berbahan kimia. Cobalah untuk menggunakan sabun batang setiap hari untuk hasil yang optimal.

7. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Sinaran matahari dapat membuat jerawat semakin parah. Oleh karena itu, gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi wajah Anda dari sinar matahari. Tabir surya yang berlabel SPF 30 atau lebih tinggi adalah pilihan yang tepat. Selain itu, gunakan tabir surya yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat.

BACA JUGA:  Caladine Lotion, Solusi Cepat untuk Menyembuhkan Jerawat

8. Makan Makanan Sehat dan Hindari Makanan Berminyak

Makanan berminyak bisa memicu produksi minyak berlebih di wajah Anda. Untuk itu, cobalah untuk menghindari makanan berminyak seperti makanan cepat saji dan makanan berlemak tinggi. Makan makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin. Makanan yang bergizi ini akan membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah terjadinya jerawat.

9. Minum Banyak Air Putih

Air putih adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan tubuh dan mencegah jerawat. Minum 8-10 gelas air putih setiap hari akan membantu menjaga kesehatan kulit dan membersihkan toksin dari tubuh. Ini juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit, mengurangi produksi minyak berlebih, dan mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah yang dapat membuat seseorang merasa malu dan tidak nyaman. Untuk itu, obat-obatan kimia bukanlah satu-satunya pilihan. Anda juga bisa melakukan cara-cara alami untuk mengobati jerawat. Beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan adalah mencuci wajah secara rutin, menggunakan produk pencuci wajah dan pelembab dengan formula yang lembut, menggunakan masker wajah, menggunakan toner wajah, menggunakan sabun batang, gunakan tabir surya setiap hari, makan makanan sehat, dan minum banyak air putih. Dengan melakukan cara-cara ini secara rutin, Anda akan mendapatkan hasil yang optimal dan dapat menghilangkan jerawat.

Video9 Cara Mengobati Jerawat Secara Alami dan Efektif