Cara Memakai Obat Totol Jerawat yang Tepat

Cara Memakai Obat Totol Jerawat Yang Tepat
Source: bing.com

Obat totol jerawat merupakan salah satu cara yang banyak dipilih untuk mengatasi jerawat yang berlebihan. Obat totol jerawat yang dijual di pasaran biasanya berbentuk cair atau krim dan bahan-bahannya berbeda-beda. Sebelum memutuskan untuk membeli dan menggunakan obat totol jerawat, ada baiknya kamu mengetahui cara memakainya yang tepat agar jerawat pun bisa cepat hilang.

1. Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sebelum menggunakan obat totol jerawat, pastikan kamu membersihkan wajah terlebih dahulu. Membersihkan wajah akan membuat kulit wajah bebas dari kotoran dan sisa make up sehingga obat totol jerawat bisa bekerja lebih efektif. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk.

2. Gunakan Pembersih Tambahan

Selain menggunakan sabun wajah, kamu juga bisa menggunakan pembersih tambahan seperti toner, exfoliator, atau facial wash. Pembersih tambahan ini bisa membantu kamu untuk membersihkan pori-pori wajah dan menghilangkan sebum berlebih. Pembersih tambahan ini juga bisa menghilangkan sisa kotoran yang tidak bisa dibersihkan dengan sabun wajah.

3. Gunakan Obat Totol Jerawat

Setelah wajah bersih, kamu bisa menggunakan obat totol jerawat. Caranya, tuangkan sedikit obat totol jerawat ke tangan atau ke wadah lain. Lalu usapkan ke wajah dengan lembut menggunakan jari. Pastikan obat totol jerawat diusapkan ke seluruh bagian wajah, terutama pada area yang berjerawat. Usapkan dengan lembut sehingga obat totol bisa terserap ke dalam kulit.

BACA JUGA:  Apa Itu Tetrasiklin untuk Jerawat?

4. Hindari Menyentuh Wajah

Ketika menggunakan obat totol jerawat, usahakan untuk tidak menyentuh wajah dengan tangan atau jari. Jangan juga menyentuh jerawat dengan tangan atau jari, karena hal ini bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah.

5. Hindari Menggunakan Produk Berlebihan

Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan obat totol jerawat. Gunakan obat totol jerawat secukupnya saja agar hasilnya maksimal. Jika terlalu banyak menggunakan obat totol jerawat, bisa jadi kulit terlalu kering dan iritasi pun bisa terjadi. Jadi, usahakan untuk menggunakan obat totol jerawat secukupnya saja.

6. Gunakan Produk Pelembab

Jangan lupa untuk menggunakan produk pelembab setelah menggunakan obat totol jerawat. Produk pelembab akan membantu menjaga kelembaban kulit wajah sehingga iritasi pun bisa dihindari. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan produk pelembab setelah menggunakan obat totol jerawat.

7. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Obat Totol Jerawat

Meskipun obat totol jerawat bisa membantu menghilangkan jerawat, jangan terlalu sering menggunakannya. Gunakan obat totol jerawat hanya 2-3 kali seminggu saja. Jika kamu terlalu sering menggunakan obat totol jerawat, maka efek samping bisa terjadi, seperti iritasi, kemerahan, dan kekeringan.

8. Gunakan Produk Penutup Pori-Pori

Setelah menggunakan obat totol jerawat, kamu juga bisa menggunakan produk penutup pori-pori. Produk penutup pori-pori ini bisa membantu menutupi pori-pori wajah sehingga kulit wajah bisa terlihat lebih halus. Selain itu, produk ini juga bisa membantu menyamarkan jerawat yang sudah kamu rawat.

Kesimpulan

Itulah cara yang tepat untuk memakai obat totol jerawat. Jika kamu ingin menggunakan obat totol jerawat untuk mengatasi jerawat, pastikan kamu menggunakannya sesuai dengan cara yang tepat agar jerawat pun bisa cepat hilang. Selain menggunakan obat totol jerawat, jangan lupa untuk menjaga kebersihan wajah dan menggunakan produk perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

BACA JUGA:  Jerawat Laser, Mengatasi Jerawat dengan Teknologi yang Lebih Baik

VideoCara Memakai Obat Totol Jerawat yang Tepat