Cara Mengatasi Jerawat pada Umur 13 Tahun

Cara Mengatasi Jerawat Pada Umur 13 Tahun
Source: bing.com

Bagi mereka yang berusia 13 tahun, jerawat mungkin menjadi masalah yang paling mengganggu. Anggapan bahwa jerawat hanya dialami oleh remaja usia 18 tahun ke atas adalah salah. Terutama di usia remaja, jerawat bisa muncul di berbagai bagian tubuh. Terutama di area wajah, dahi, dan punggung.

Meskipun jerawat pada anak berusia 13 tahun adalah hal yang wajar, tetap saja harus diatasi. Jerawat bisa menyebabkan rasa malu dan rendah diri, dan juga menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, menyingkirkan jerawat menjadi hal yang penting bagi anak-anak berusia 13 tahun.

Penyebab Jerawat pada Usia 13 Tahun

Jerawat pada anak berusia 13 tahun bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, perubahan hormon yang dialami anak berusia 13 tahun juga dapat menyebabkan jerawat. Saat hormon berubah, cairan berlebihan dapat terjebak di pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, kurangnya kebersihan wajah juga dapat menyebabkan jerawat. Jika produk kosmetik tidak dibersihkan dengan benar setiap hari, kotoran dan bakteri dapat menyebabkan jerawat. Jika anak berusia 13 tahun tidak mencuci wajah setiap hari, jerawat bisa menjadi masalah yang serius.

Diet juga dapat memengaruhi jerawat. Makanan yang tinggi lemak dan gula dapat meningkatkan produksi minyak di wajah. Oleh karena itu, anak-anak berusia 13 tahun harus mengikuti diet yang sehat untuk mencegah jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat pada Usia 13 Tahun

Untuk mengatasi jerawat pada usia 13 tahun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, pastikan anak berusia 13 tahun melakukan rutinitas skincare yang tepat. Anak-anak harus memastikan bahwa wajah dan tubuh terlindungi dan dibersihkan dengan benar setiap hari.

BACA JUGA:  Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat Tanpa Sakit?

Selain itu, anak berusia 13 tahun juga harus mengikuti diet yang sehat. Makanan yang tinggi lemak dan gula harus dihindari sebisa mungkin. Juga, anak-anak harus mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, anak-anak juga harus menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Produk-produk yang dirancang khusus untuk jerawat harus dipilih. Produk yang berlabel ‘non-comedogenic’ atau ‘untuk kulit berjerawat’ harus dipilih untuk mencegah jerawat.

Obat jerawat juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat. Obat-obatan OTC (over the counter) dapat digunakan seperti krim salicylic acid dan benzoyl peroxide. Namun, obat-obatan ini harus digunakan sesuai anjuran dokter. Penggunaan obat-obatan tanpa resep juga dapat menimbulkan efek samping yang serius.

Kesimpulan

Jerawat pada usia 13 tahun bukanlah masalah yang aneh. Namun, hal ini tetap harus diatasi dengan cara yang tepat. Anak-anak harus melakukan rutinitas skincare, mengikuti diet yang sehat, dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat. Obat-obatan OTC juga dapat digunakan untuk mencegah jerawat. Namun, obat-obatan ini harus digunakan sesuai anjuran dokter.

VideoCara Mengatasi Jerawat pada Umur 13 Tahun