Mengenal Obat Jerawat untuk Ibu Menyusui

Mengenal Obat Jerawat Untuk Ibu Menyusui
Source: bing.com

Ketika Anda menyusui, Anda memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan anak Anda. Meskipun kesehatan anak Anda adalah utama, Anda juga harus memperhatikan kesehatan Anda sendiri. Salah satu masalah yang mungkin Anda alami selama masa menyusui adalah jerawat. Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh banyak orang, termasuk ibu menyusui. Jadi, apa yang harus Anda lakukan ketika Anda mengalami masalah jerawat? Apakah Anda bisa menggunakan obat jerawat? Berikut adalah panduan untuk membantu Anda menjawab pertanyaan itu.

Apa yang Menyebabkan Jerawat?

Jerawat merupakan kondisi kulit yang disebabkan oleh peningkatan produksi minyak di pori-pori kulit. Pori-pori akan terhambat dan menyebabkan bintik-bintik merah dan hitam pada wajah. Bintik-bintik ini biasanya muncul di bagian wajah, leher, punggung, dan dada. Jerawat dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan bahkan rasa malu.

Apa Obat Jerawat yang Aman untuk Ibu Menyusui?

Karena ibu menyusui harus berhati-hati dengan apa yang mereka minum atau makan, penting untuk memastikan bahwa obat jerawat yang mereka gunakan juga aman. Ibu menyusui harus menghindari obat jerawat yang mengandung bahan kimia, seperti peroksida, benzoil peroksida, salisilat, dan retinoid. Selain itu, ibu menyusui juga harus menghindari produk yang mengandung minyak esensial, seperti minyak lavender dan minyak tea tree, yang dapat menembusi ASI dan bersifat toksik.

Akan tetapi, ada beberapa obat jerawat yang aman untuk ibu menyusui. Misalnya, obat jerawat berbasis luka bakar, seperti sulfur, zink, dan asam salisilat. Obat jerawat ini bertindak sebagai pengelupas kulit yang membantu menghilangkan sel kulit mati dan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya jerawat. Obat jerawat ini juga aman digunakan selama masa menyusui. Selain itu, ibu menyusui juga dapat menggunakan produk topikal seperti produk pelembab dan pelembap alami, seperti minyak almond, minyak zaitun, dan minyak kelapa.

BACA JUGA:  Cara Mengatasi Jerawat dengan Obat Kapsul

Apa Saja Komponen Obat Jerawat?

Obat jerawat umumnya terdiri dari bahan-bahan seperti minyak esensial, minyak almond, minyak zaitun, minyak kelapa, sulfur, zink, asam salisilat, dan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan tersebut diformulasikan khusus untuk mengurangi produksi minyak dan mengurangi bintik hitam dan merah di wajah. Selain itu, bahan-bahan ini juga bertindak sebagai penyembuh luka dan mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh jerawat.

Bagaimana Cara Menggunakan Obat Jerawat?

Cara menggunakan obat jerawat cukup sederhana. Pertama, Anda harus memastikan bahwa wajah Anda bersih dan bebas dari kotoran. Setelah itu, oleskan obat jerawat secara merata ke seluruh area wajah. Jangan lupa untuk menghindari daerah mata dan mulut. Setelah itu, biarkan obat jerawat meresap selama 10–15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk pelembab yang berbasis alami setelah membersihkan wajah Anda.

Apa Efek Samping Dari Obat Jerawat?

Meskipun obat jerawat aman digunakan oleh ibu menyusui, ada beberapa efek samping yang perlu diperhatikan. Efek samping yang paling umum adalah iritasi kulit, gatal, ruam, dan kering. Jika Anda merasakan salah satu dari efek samping ini, segera hentikan penggunaan obat jerawat dan hubungi dokter Anda. Selain itu, pastikan untuk menggunakan produk pelembab setelah membersihkan wajah Anda agar kulit Anda tetap lembab.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Jerawat Berlanjut?

Jika jerawat masih berlanjut meskipun Anda sudah menggunakan obat jerawat, maka Anda harus segera menghubungi dokter Anda. Dokter Anda akan memberikan saran tentang cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat Anda tanpa mengganggu masa menyusui Anda. Dokter Anda mungkin merekomendasikan obat-obatan tertentu atau menyarankan Anda untuk menggunakan produk tertentu untuk mengurangi produksi minyak dan mengurangi jerawat.

BACA JUGA:  Apa Jerawat Tanda Hamil?

Kesimpulan

Ketika menyusui, ibu harus berhati-hati dengan apa yang mereka makan atau minum. Jika Anda mengalami masalah jerawat, Anda harus memilih obat jerawat yang aman untuk ibu menyusui. Obat jerawat berbasis luka bakar, seperti sulfur, zink, dan asam salisilat, adalah pilihan yang paling aman untuk ibu menyusui. Jika Anda menggunakan obat jerawat, pastikan untuk menggunakan produk pelembab setelah membersihkan wajah Anda. Jika jerawat masih berlanjut meskipun Anda sudah menggunakan obat jerawat, segera hubungi dokter Anda untuk mendapatkan saran yang lebih baik.

VideoMengenal Obat Jerawat untuk Ibu Menyusui