Memahami Jerawat Hormon dan Cara Mengatasinya di Apotik

Memahami Jerawat Hormon Dan Cara Mengatasinya Di Apotik
Source: bing.com

Jerawat hormon terjadi karena produksi hormon yang berlebihan. Jerawat hormon disebabkan oleh produksi hormon androgen, yang meningkatkan produksi sebum. Sebum adalah minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di kulit. Minyak ini dapat memicu pertumbuhan bakteri di kulit, yang menyebabkan jerawat.

Jerawat hormon dapat terjadi pada semua umur dan jenis kulit. Ini sering terjadi pada wanita selama masa pubertas, ketika hormon androgen meningkat. Jerawat hormon juga dapat terjadi pada wanita usia paruh baya, yang mengalami perubahan hormon akibat menopause. Jerawat hormon juga dapat terjadi pada pria, karena mereka memiliki tingkat hormon androgen yang lebih tinggi.

Apa Obat Jerawat Hormon yang Tersedia di Apotik?

Obat jerawat hormon yang tersedia di apotik meliputi obat-obatan resep dan produk over-the-counter (OTC). Beberapa obat resep yang dapat diberikan dokter meliputi antibiotik, retinoid, dan obat hormonal. Antibiotik dapat membantu mengurangi bakteri di kulit, sedangkan retinoid mengurangi produksi sebum. Obat hormonal dapat mengurangi produksi hormon androgen.

Produk OTC yang dapat dibeli di apotik meliputi pelembab khusus jerawat, sabun jerawat, dan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Pelembab khusus jerawat dapat membantu menghaluskan kulit. Sabun jerawat dapat membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Salicylic acid atau benzoyl peroxide dapat membantu mengurangi bakteri di kulit.

Cara Mengatasi Jerawat Hormon di Apotik

Untuk mengatasi jerawat hormon di apotik, Anda harus menemukan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga perlu memahami bagaimana produk tersebut bekerja. Hal ini penting untuk memastikan bahwa produk yang Anda gunakan benar-benar cocok untuk Anda.

BACA JUGA:  Penghilang Flek Bekas Jerawat Terbaik Saat Ini

Jika Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin perlu menggunakan produk yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Jika Anda memiliki kulit kombinasi, Anda mungkin perlu menggunakan produk yang mengandung kedua bahan tersebut. Jika Anda memiliki kulit kering, Anda harus menggunakan pelembab yang mengandung humektan untuk menjaga kelembaban kulit.

Jika Anda menggunakan produk OTC untuk mengatasi jerawat hormon, Anda harus menggunakannya sesuai petunjuk yang diberikan. Beberapa produk mungkin membutuhkan aplikasi harian, sedangkan yang lain hanya membutuhkan aplikasi beberapa kali seminggu. Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki produk yang cocok untuk jenis kulit Anda.

Kapan Harus Mendapatkan Bantuan Dokter?

Jika Anda telah mencoba berbagai produk OTC untuk mengatasi jerawat hormon, namun tidak berhasil, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat meresepkan obat-obatan resep untuk mengurangi jerawat. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi produksi hormon androgen, yang menyebabkan jerawat.

Dokter juga dapat merekomendasikan prosedur medis, seperti laser atau fototerapi, untuk mengobati jerawat hormon. Prosedur ini dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara yang lebih cepat dan efektif. Namun, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki dokter yang terpercaya dan berpengalaman.

Cara Mengurangi Jerawat Hormon di Rumah

Anda juga dapat mencoba berbagai cara alami untuk mengurangi jerawat hormon di rumah. Anda dapat mencoba mengatur gaya hidup Anda, seperti mengurangi stress dan makan makanan yang sehat. Anda juga harus mencoba menghindari produk kosmetik berminyak dan memilih produk kosmetik khusus jerawat. Anda juga harus mencoba untuk tidak menyentuh jerawat Anda dan selalu membersihkan wajah Anda setiap hari.

Anda juga dapat mencoba mengonsumsi suplemen herbal untuk mengurangi jerawat hormon. Beberapa herbal yang dapat membantu mengurangi jerawat meliputi zinc, selenium, dan ashwagandha. Namun, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsi suplemen dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

BACA JUGA:  Satuan Acara Penyuluhan Jerawat: Cara Efektif Mengatasi Jerawat

Kesimpulan

Jerawat hormon dapat terjadi pada semua umur dan jenis kulit. Obat jerawat hormon yang tersedia di apotik meliputi obat-obatan resep dan produk OTC. Cara paling efektif untuk mengatasi jerawat hormon adalah dengan bantuan dokter. Anda juga dapat mencoba berbagai cara alami untuk mengurangi jerawat hormon di rumah.

VideoMemahami Jerawat Hormon dan Cara Mengatasinya di Apotik