Apa Saja Obat Jerawat di Apotik yang Bisa Diminum?

Apa Saja Obat Jerawat Di Apotik Yang Bisa Diminum?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh hampir semua orang. Jerawat dapat menyebabkan masalah kosmetik, seperti bekas jerawat yang menyebabkan rasa malu dan tidak percaya diri. Banyak orang yang mencari cara untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan menggunakan obat jerawat di apotik yang diminum.

Obat jerawat yang diminum berupa obat-obatan yang dikonsumsi melalui mulut. Ini berbeda dengan obat jerawat lokal, yang dioleskan langsung pada kulit. Obat jerawat yang diminum dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan, dan mungkin juga dapat membantu mengurangi masalah kulit lainnya seperti bekas jerawat. Namun, obat jerawat yang diminum juga dapat menyebabkan efek samping, jadi selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakannya.

Krim atau Obat Jerawat yang Bisa Diminum?

Jika Anda mencari obat jerawat di apotik yang diminum, ada beberapa obat yang mungkin tersedia. Ini termasuk antibiotik, seperti tetrasiklin atau eritromisin. Antibiotik ini dapat membantu mengurangi jerawat dengan mengurangi jumlah bakteri di kulit. Antibiotik juga dapat membantu dengan peradangan dan bintik-bintik hitam yang tersisa setelah jerawat.

Perawatan lain yang dapat Anda dapatkan di apotik adalah obat anti-peradangan seperti ibuprofen atau aspirin. Obat ini dapat membantu mengurangi peradangan dan membantu meredakan gejala seperti ruam dan gatal-gatal. Obat lain yang mungkin tersedia di apotek adalah obat hormonal. Contoh obat hormonal termasuk pil kontrasepsi dan obat untuk mengobati kelenjar tiroid. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi jerawat dengan mengatur hormon Anda.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat di Samping Bibir

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Obat Jerawat yang Diminum?

Sebelum menggunakan obat jerawat yang diminum, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Meskipun obat-obatan ini dapat membantu mengurangi jerawat, ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Obat-obatan ini juga dapat menyebabkan iritasi kulit, mual, muntah, dan diare. Beberapa obat juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti keringat berlebih dan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Selain itu, obat jerawat yang diminum tidak selalu efektif untuk semua orang. Anda harus mencoba beberapa obat untuk menemukan yang paling efektif untuk Anda. Jangan mengambil lebih dari satu obat jerawat yang diminum tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda. Beberapa obat dapat bertentangan dengan satu sama lain, sehingga mengambil lebih dari satu obat dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan.

Apa Saja Obat Jerawat yang Bisa Diminum yang Tersedia di Apotik?

Beberapa obat jerawat yang diminum yang tersedia di apotik adalah antibiotik, seperti tetrasiklin atau eritromisin. Obat anti-peradangan seperti ibuprofen dan aspirin juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mengurangi gejala seperti ruam dan gatal-gatal. Obat hormonal seperti pil kontrasepsi atau obat untuk mengobati kelenjar tiroid juga bisa membantu mengurangi jerawat dengan mengatur hormon Anda.

Selain itu, vitamin dan suplemen juga dapat membantu mengurangi jerawat. Beberapa suplemen yang mungkin membantu mengurangi jerawat adalah vitamin A, vitamin E, dan suplemen yang mengandung bawang putih. Vitamin A dan E dapat membantu mengurangi keradangan dan membantu mencerahkan kulit. Suplemen bawang putih dapat membantu mengurangi bakteri di kulit dan mengurangi jerawat.

Kapan Harus Menggunakan Obat Jerawat yang Diminum?

Meskipun banyak orang yang berpikir bahwa obat jerawat yang diminum adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi jerawat, kenyataannya adalah bahwa obat-obatan ini hanya sebagian kecil dari perawatan jerawat. Cara-cara lain seperti menggunakan krim atau lotion jerawat, menjaga kebersihan kulit, dan menghindari paparan sinar matahari juga dapat membantu mengurangi jerawat. Jika Anda telah mencoba metode lain untuk mengurangi jerawat dan masih belum mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda mungkin ingin mempertimbangkan obat jerawat yang diminum.

BACA JUGA:  Cara Meredakan Kemerahan Pada Bekas Jerawat

Selain itu, obat jerawat yang diminum dapat membantu menangani masalah kulit lainnya, seperti bekas jerawat atau kulit kering. Jika Anda memiliki masalah kulit seperti ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan obat jerawat yang diminum untuk membantu mengatasinya.

Kesimpulan

Obat jerawat yang diminum dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda karena ada beberapa efek samping yang mungkin terjadi. Beberapa obat jerawat yang diminum yang tersedia di apotek adalah antibiotik, obat anti-peradangan, obat hormonal, dan beberapa vitamin dan suplemen. Obat jerawat yang diminum hanya sebagian kecil dari perawatan jerawat, jadi pastikan untuk juga mencoba metode lain seperti menggunakan krim atau lotion jerawat, menjaga kebersihan kulit, dan menghindari paparan sinar matahari.

VideoApa Saja Obat Jerawat di Apotik yang Bisa Diminum?