Obat Jerawat Alami Berasal Dari Tumbuhan

Obat Jerawat Alami Berasal Dari Tumbuhan
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering menyerang banyak orang. Siapa pun bisa mengalaminya, baik remaja maupun orang dewasa, dan kadangkala jerawat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, beberapa orang menggunakan obat-obatan kimia, seperti krim atau obat-obatan lainnya. Namun, ada juga beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk menangani jerawat.

Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan obat jerawat alami yang berasal dari tumbuhan. Berbagai jenis tanaman memiliki khasiat yang berbeda-beda dalam mengatasi jerawat, seperti mengurangi produksi minyak, menghilangkan bakteri, serta mencegah jerawat dari semakin parah. Berikut ini beberapa tanaman yang dapat Anda gunakan untuk membuat obat jerawat alami.

Temulawak

Temulawak adalah salah satu tanaman yang dapat Anda gunakan untuk membuat obat jerawat alami. Kandungan khasiat yang terdapat dalam temulawak dapat membantu mengurangi minyak berlebih, mengurangi kemerahan kulit yang disebabkan oleh jerawat, serta mengontrol peradangan. Anda dapat membuat ramuan temulawak dengan cara menghaluskan akar temulawak dan mencampurnya dengan sedikit air. Oleskan ramuan ini pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Aloe Vera

Aloe vera adalah tanaman yang kaya akan manfaat. Salah satu manfaatnya yaitu dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Kandungan anti-inflamasi alami yang terdapat dalam aloe vera bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan menenangkan kulit. Anda dapat menggunakan aloe vera dengan cara memotong bagian daunnya dan memeras gel yang keluar. Oleskan gel aloe vera ini pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

BACA JUGA:  Basic Skincare Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jambu Biji

Selain aloe vera dan temulawak, Anda juga dapat menggunakan jambu biji untuk membuat obat jerawat alami. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, yang dapat membantu mencegah produksi minyak berlebih pada kulit. Anda dapat membuat ramuan jambu biji dengan cara menghaluskan buah jambu biji dan mencampurnya dengan sedikit air. Oleskan ramuan ini pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Kunyit

Kunyit adalah tanaman yang memiliki kandungan anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi jerawat. Kunyit dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit, menghilangkan bakteri penyebab jerawat, serta menenangkan kulit. Anda dapat membuat ramuan kunyit dengan cara menghaluskan kunyit serta mencampurnya dengan sedikit air. Oleskan ramuan ini pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Sirih

Tidak hanya aloe vera, temulawak, jambu biji, dan kunyit, sirih juga dapat digunakan untuk membuat obat jerawat alami. Sirih kaya akan kandungan anti-inflamasi dan anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Anda dapat membuat ramuan sirih dengan cara menghaluskan daun sirih dan mencampurnya dengan sedikit air. Oleskan ramuan ini pada area yang terkena jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Kesimpulan

Untuk mengatasi masalah jerawat, Anda dapat mencoba menggunakan obat jerawat alami yang berasal dari tumbuhan seperti temulawak, aloe vera, jambu biji, kunyit, dan sirih. Tanaman-tanaman ini memiliki kandungan anti-inflamasi dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi masalah jerawat. Anda harus menggunakan ramuan tanaman tersebut secara teratur agar jerawat dapat teratasi dengan baik.

VideoObat Jerawat Alami Berasal Dari Tumbuhan