Mitos atau Fakta Telur Menyebabkan Jerawat?

Mitos Atau Fakta Telur Menyebabkan Jerawat?
Source: bing.com

Mungkin ada banyak orang yang pernah mendengar mitos bahwa telur bisa menyebabkan jerawat. Sebenarnya, ini adalah mitos yang kuat dan telah ada sejak lama. Namun, banyak orang masih belum percaya bahwa telur tidak memiliki kaitan dengan jerawat. Mitos ini tetap lebih kuat daripada fakta, meskipun banyak studi telah menunjukkan bahwa ada bukti yang mendukung klaim bahwa telur tidak berhubungan dengan jerawat.

Apa yang Memicu Jerawat?

Jerawat biasanya terjadi karena kombinasi beberapa faktor. Sebagian besar jerawat disebabkan oleh faktor genetik, dan bisa dipicu oleh tingkat hormon yang tidak seimbang di dalam tubuh. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa makanan yang berminyak, daging merah, gula, dan karbohidrat berlebihan dapat meningkatkan risiko jerawat. Meskipun demikian, banyak orang yang tetap skeptis tentang telur menyebabkan jerawat, terutama jika mereka memiliki riwayat keluarga jerawat.

Studi Tentang Hubungan Telur dan Jerawat

Selama beberapa tahun, banyak penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apakah ada bukti yang mendukung hubungan antara telur dan jerawat. Salah satu penelitian yang paling kuat menunjukkan bahwa telur tidak berkontribusi terhadap risiko jerawat. Penelitian ini melibatkan 1.000 orang yang menderita jerawat, dan para peneliti menemukan bahwa orang yang makan telur tidak lebih mungkin mengembangkan jerawat daripada orang yang tidak makan telur.

Penelitian Lain Tentang Telur dan Jerawat

Selain itu, penelitian lain juga menunjukkan bahwa telur tidak memiliki efek negatif pada kesehatan kulit. Penelitian ini melibatkan 300 orang yang menderita jerawat, dan para peneliti menemukan bahwa orang yang makan telur tidak lebih mungkin mengalami jerawat daripada orang yang tidak makan telur. Penelitian ini juga menemukan bahwa orang yang makan telur tidak memiliki tingkat hormon yang berbeda dari orang yang tidak makan telur, yang menunjukkan bahwa telur tidak memicu jerawat.

BACA JUGA:  Viva Face Tonic Green Tea, Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat

Risiko Makan Telur Bagi Orang Dengan Riwayat Penyakit Kulit

Meskipun penelitian telah menunjukkan bahwa telur tidak berhubungan dengan jerawat, beberapa orang dengan riwayat penyakit kulit masih merasa tidak nyaman untuk makan telur. Bagi orang-orang ini, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat mereka lakukan untuk mengurangi risiko jerawat. Misalnya, mereka dapat mengurangi asupan lemak jenuh dan makanan berminyak, dan meningkatkan asupan buah dan sayuran. Mereka juga harus menjaga agar kulit tetap bersih dan tidak menggunakan produk kosmetik yang berlebihan.

Kesimpulan

Meskipun banyak orang masih percaya bahwa telur menyebabkan jerawat, penelitian telah membuktikan bahwa ada bukti yang mendukung klaim bahwa telur tidak berhubungan dengan jerawat. Selain itu, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat diambil orang dengan riwayat penyakit kulit untuk mengurangi risiko jerawat. Namun, ada juga beberapa orang yang tetap skeptis tentang telur menyebabkan jerawat, dan mereka mungkin tetap harus menghindari makan telur.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa meskipun telur telah lama menjadi mitos yang berkaitan dengan jerawat, penelitian telah membuktikan bahwa telur tidak berhubungan dengan jerawat. Namun, orang dengan riwayat penyakit kulit masih harus berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko jerawat.

VideoMitos atau Fakta Telur Menyebabkan Jerawat?