Mirip Jerawat Tapi Bukan Jerawat

Mirip Jerawat Tapi Bukan Jerawat
Source: bing.com

Kulit yang berjerawat adalah masalah yang umum. Banyak orang menyadari bahwa jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum. Namun, ada beberapa masalah lain yang sering salah dikategorikan sebagai jerawat, tetapi sebenarnya bukan. Penyebabnya juga berbeda dengan jerawat, dan pengobatannya berbeda.

Komedo

Komedo adalah masalah kulit yang paling sering salah dikategorikan sebagai jerawat. Komedo adalah bintik hitam atau putih yang tampak di wajah. Bintik hitam disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, sedangkan bintik putih adalah kotoran yang tersumbat di pori-pori. Meskipun mirip dengan jerawat, komedo tidak menyebabkan peradangan. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan kosmetik yang dapat mengangkat kotoran di sekitar pori-pori, seperti masker wajah, scrub, dan toner.

Milia

Milia adalah benjolan kecil yang disebabkan oleh kumpulan sel kulit mati. Mereka tampak seperti bintik-bintik putih yang berlubang di permukaan kulit. Milia biasanya ditemukan di sekitar mata, dahi, dan bibir. Mereka sering salah dikategorikan sebagai jerawat. Namun, mereka tidak menyebabkan peradangan, dan tidak menyebabkan gatal atau sakit. Milia tidak bisa hilang dengan sendirinya. Anda harus mengunjungi dokter untuk menghilangkannya.

Alergi Kulit

Alergi kulit juga sering salah dikategorikan sebagai jerawat. Alergi kulit menyebabkan bintik-bintik merah yang gatal di kulit. Bintik-bintik ini dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal. Alergi kulit dapat disebabkan oleh makanan, obat, atau lingkungan. Anda harus menghindari alergen yang menyebabkan alergi kulit, dan menggunakan obat anti-inflamasi untuk mengurangi gejala. Jika Anda tidak yakin tentang penyebab alergi kulit, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA:  Jerawat di Badan, Apa Penyebabnya?

Eksim

Eksim adalah bentuk lain dari alergi kulit. Eksim menyebabkan bintik-bintik merah pada kulit yang disertai gatal. Bintik-bintik ini dapat menyebar secara luas di tubuh. Eksim dapat disebabkan oleh alergen, seperti debu, bulu hewan, atau makanan tertentu. Untuk mengobatinya, Anda harus menghindari alergen yang menyebabkan eksim, dan menggunakan obat anti-inflamasi. Jika Anda tidak yakin tentang penyebab eksim, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris adalah masalah kulit yang disebabkan oleh kelebihan sebum di pori-pori. Masalah ini menyebabkan bintik-bintik merah di kulit yang disertai gatal. Bintik-bintik ini biasanya ditemukan di lengan bagian atas, paha, dan punggung. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan produk kulit yang mengandung salicylic acid atau lactic acid dan juga menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan pelembab. Jika Anda tidak yakin tentang penyebab keratosis pilaris, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Folliculitis

Folliculitis adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh peradangan folikel rambut. Folikel rambut adalah pori-pori di mana rambut tumbuh di kulit. Peradangan ini menyebabkan bintik-bintik merah dan gatal di kulit. Folliculitis sering terjadi di area tubuh yang sering dicukur, seperti paha, ketiak, dan dada. Untuk mengatasinya, Anda harus menghindari mencukur area yang terkena folliculitis dan menggunakan obat anti-inflamasi.

Angiokeratoma

Angiokeratoma adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh peningkatan jumlah pembuluh darah di kulit. Ini menyebabkan bintik-bintik berwarna merah di kulit. Bintik-bintik ini biasanya ditemukan di tubuh bagian bawah, seperti paha, betis, dan pantat. Angiokeratoma biasanya tidak menyebabkan gejala dan tidak perlu diobati. Namun, jika bintik-bintik ini menjadi gatal atau sakit, Anda harus konsultasikan ke dokter.

Dermisil

Dermisil adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Infeksi jamur ini menyebabkan bintik-bintik merah dan gatal pada kulit. Bintik-bintik ini biasanya ditemukan di tubuh bagian bawah, seperti paha, betis, dan pantat. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan obat antijamur, seperti krim atau salep. Jika Anda tidak yakin tentang penyebab dermisil, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat dan Mudah

Rosacea

Rosacea adalah masalah kulit yang disebabkan oleh peningkatan jumlah pembuluh darah di wajah. Ini menyebabkan bintik-bintik merah di wajah yang disertai rasa gatal dan panas. Untuk mengatasinya, Anda harus menggunakan produk kulit yang mengandung salicylic acid atau lactic acid dan juga menghindari faktor pencetus, seperti sinar matahari, merokok, dan minuman beralkohol. Jika Anda tidak yakin tentang penyebab rosacea, sebaiknya konsultasikan ke dokter.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang umum. Namun, ada beberapa masalah lain yang sering salah dikategorikan sebagai jerawat, tetapi sebenarnya bukan. Penyebabnya juga berbeda dengan jerawat,

VideoMirip Jerawat Tapi Bukan Jerawat