Mengurangi Merah Bekas Jerawat

Mengurangi Merah Bekas Jerawat
Source: bing.com

Ketika Anda mengalami jerawat, selain menyebabkan noda hitam, ia juga dapat menyebabkan noda merah atau bekas jerawat. Noda merah ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu, dan dapat menimbulkan kesulitan bagi seseorang untuk menyembunyikannya di bawah make up. Meskipun beberapa produk kosmetik dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, ada cara yang lebih alami untuk mengurangi merah bekas jerawat.

Mengapa Merah Bekas Jerawat Tidak Hilang?

Noda merah bekas jerawat disebabkan oleh pembuluh darah melebar pada area kulit yang terkena jerawat. Pembuluh darah ini tidak menghilang dengan sendirinya, dan itulah sebabnya noda merah bekas jerawat seringkali terlihat jelas dan tidak mudah hilang. Noda merah ini juga disebut post-inflammatory hyperpigmentation (PIH), dan dapat mempengaruhi kulit berbagai warna.

Cara Alami Mengurangi Merah Bekas Jerawat

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi merah bekas jerawat, termasuk:

1. Menggunakan Vitamin C

Vitamin C kaya akan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga dapat membantu mengurangi noda merah bekas jerawat dengan meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Anda dapat menggunakan serum vitamin C atau mengonsumsinya di dalam makanan. Vitamin C juga membantu mencegah timbulnya jerawat baru.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun memiliki anti-inflamasi dan anti-bakteri alami yang dapat membantu mengurangi merah bekas jerawat. Minyak zaitun juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu melembapkan kulit. Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pelembab setiap hari dan menggunakannya secara topikal dua kali sehari untuk mengurangi noda merah bekas jerawat.

BACA JUGA:  Pelembab Muka untuk Jerawat

3. Menggunakan Madu

Madu memiliki kandungan anti-inflamasi alami yang dapat membantu mengurangi merah bekas jerawat. Madu juga memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Anda dapat menggunakan madu sebagai masker wajah atau mencampurkannya dengan air jeruk lemon untuk membuat masker alami. Anda juga dapat menggunakan madu sebagai pelembab setiap hari.

4. Menggunakan Susu

Susu memiliki kandungan laktat yang dapat membantu mengurangi merah bekas jerawat. Susu juga mengandung asam amino yang dapat membantu menenangkan dan merawat kulit sensitif. Anda dapat mengambil segelas susu hangat sebelum tidur dan menggunakannya sebagai masker wajah seminggu sekali.

5. Menggunakan Masker Alami

Masker alami seperti masker beras dan masker mentimun juga dapat membantu mengurangi merah bekas jerawat. Masker beras memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan noda merah. Masker mentimun mengandung asam askorbat yang dapat membantu mencerahkan dan melembapkan kulit. Anda juga dapat menggunakan masker alami lainnya seperti masker oatmeal, masker yogurt, dan masker putih telur.

6. Menggunakan Es Batu

Es batu juga dapat membantu mengurangi merah bekas jerawat. Menggunakan es batu dapat membantu meredakan peradangan dan melembutkan kulit. Anda dapat menggunakan es batu dengan cara menempelkannya langsung pada kulit atau menggunakannya sebagai pelembab setiap hari.

Kesimpulan

Merah bekas jerawat dapat menimbulkan kesulitan bagi seseorang untuk menyembunyikannya di bawah make up. Meskipun beberapa produk kosmetik dapat membantu menyamarkan bekas jerawat, ada cara yang lebih alami untuk mengurangi merah bekas jerawat. Cara alami tersebut meliputi menggunakan vitamin C, minyak zaitun, madu, susu, masker alami, dan es batu. Dengan melakukan cara-cara ini secara teratur, maka Anda dapat mengurangi merah bekas jerawat.

BACA JUGA:  Masker Jerawat – Cara Mengatasi Jerawat Membandel

VideoMengurangi Merah Bekas Jerawat