Mengurangi Hormon Penyebab Jerawat

Mengurangi Hormon Penyebab Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum di kalangan remaja. Penyebab utama jerawat adalah hormon. Ini terjadi karena beberapa hormon meningkat selama masa remaja, yang memicu produksi minyak berlebih di kulit. Minyak ini menyumbat pori-pori kulit, yang menyebabkan jerawat. Hormon juga memiliki pengaruh lain pada pertumbuhan jerawat, seperti memicu pertumbuhan bakteri jerawat dan membuat kulit lebih sensitif terhadap infeksi.

Untuk mengurangi hormon penyebab jerawat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, gunakan produk yang diformulasikan khusus untuk kulit berjerawat. Produk ini biasanya mengandung zat aktif yang dapat membantu mengurangi produksi minyak, sehingga mengurangi infeksi dan menghilangkan jerawat. Selain itu, gunakan produk yang dapat mengurangi inflamasi dan menenangkan kulit. Produk ini biasanya berisi bahan alami seperti aloe vera atau minyak esensial.

Kedua, hindari produk yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Produk ini seperti pelembab berminyak, bedak, dan makeup. Karena minyak dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu pertumbuhan bakteri jerawat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan produk yang khusus untuk kulit berminyak, seperti produk pembersih gel atau produk minyak tanpa minyak.

Ketiga, lakukan perawatan kulit secara teratur. Perawatan ini dapat meningkatkan sirkulasi kulit dan mengurangi produksi minyak. Untuk menjaga kulit tetap sehat, lakukan perawatan dua kali seminggu dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sebelum berperawatan, pastikan untuk membersihkan kulit dengan sabun khusus untuk kulit berjerawat.

Keempat, lakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu mengurangi stres, yang dapat memicu produksi hormon. Olahraga juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih di kulit. Carilah jenis olahraga yang cocok untuk Anda dan rutin lakukan setidaknya satu jam sehari.

BACA JUGA:  Testosteron, Jerawat, dan Hormon Lainnya

Kelima, hindari makanan yang tinggi gula, kafein, dan lemak. Makanan yang tinggi gula, kafein, dan lemak dapat meningkatkan produksi hormon. Untuk mengurangi hormon penyebab jerawat, hindari makan makanan yang tinggi gula, kafein, dan lemak. Sebaliknya, makanlah makanan sehat yang kaya akan vitamin dan mineral untuk menjaga kesehatan kulit.

Keenam, lakukan terapi stres. Stres dapat memicu produksi hormon dan meningkatkan produksi minyak di kulit. Untuk mengurangi stres, cobalah melakukan terapi stres seperti yoga, meditasi, atau berjalan-jalan di alam terbuka. Anda juga dapat mencoba berolahraga, membaca, atau melakukan hal-hal yang menyenangkan lainnya.

Ketujuh, lakukan perawatan kulit ekstra. Perawatan kulit ekstra seperti facial mask, peeling, dan facial scrub dapat membantu meningkatkan sirkulasi aliran darah di kulit. Ini akan membantu mengurangi produksi hormon dan mengurangi keradangan di kulit. Perawatan kulit ekstra ini juga dapat membantu menghilangkan jerawat serta membuat kulit Anda lebih bersinar.

Kedelapan, lakukan terapi hormon. Terapi hormon dapat membantu menstabilkan produksi hormon di tubuh. Terapi ini bisa diberikan melalui obat-obatan, suntikan atau pengobatan lainnya. Pemberian terapi ini harus dilakukan oleh dokter atau ahli kesehatan lainnya untuk memastikan bahwa terapi ini sesuai dengan kondisi Anda.

Kesembilan, pastikan untuk mendapatkan cukup tidur. Kebiasaan tidur yang buruk dapat memicu produksi hormon dan meningkatkan produksi minyak di kulit. Pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup setidaknya 8 jam sehari untuk membantu mengurangi produksi hormon.

Kesepuluh, pastikan untuk minum banyak air. Minum banyak air dapat membantu mengurangi produksi hormon dan meningkatkan sirkulasi aliran darah di kulit. Minum banyak air setidaknya 8 gelas setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit.

Kesimpulan

Mengurangi hormon penyebab jerawat merupakan cara yang efektif untuk mengatasi masalah jerawat. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi hormon penyebab jerawat antara lain menggunakan produk khusus untuk kulit berjerawat, hindari produk yang dapat menyumbat pori-pori kulit, lakukan perawatan kulit secara teratur, lakukan olahraga secara teratur, dan hindari makanan yang tinggi gula, kafein, dan lemak. Selain itu, lakukan terapi stres, perawatan kulit ekstra, terapi hormon, pastikan untuk mendapatkan cukup tidur, dan minum banyak air. Dengan melakukan cara-cara ini, maka Anda dapat mengurangi produksi hormon dan menghilangkan jerawat.

BACA JUGA:  Kelebihan Menggunakan Sheet Mask Emina untuk Jerawat

VideoMengurangi Hormon Penyebab Jerawat