Cara Mengobati Jerawat dengan Kencur

Cara Mengobati Jerawat Dengan Kencur
Source: bing.com

Jerawat bisa menjadi masalah kesehatan yang mengganggu bagi banyak orang. Tidak hanya mengganggu penampilan, jerawat juga bisa menimbulkan rasa malu dan tidak percaya diri. Banyak orang yang berusaha untuk mencari cara mengobati jerawat. Salah satu cara yang efektif untuk mengobati jerawat adalah dengan menggunakan kencur.

Apa itu Kencur?

Kencur adalah tanaman yang memiliki aroma yang khas. Tanaman kencur tersebar luas di India, Myanmar, Thailand, dan beberapa daerah di Asia lainnya. Buah dan akar tanaman ini biasanya digunakan sebagai rempah-rempah atau bahan obat. Kandungan yang terdapat dalam kencur antara lain minyak atsiri, saponin, tanin, flavonoid, tannin, dan sebagainya. Karena kandungannya, kencur banyak digunakan sebagai bahan untuk mengobati berbagai penyakit.

Manfaat Kencur untuk Mengobati Jerawat

Beberapa kandungan yang terdapat dalam kencur seperti saponin, tanin, dan flavonoid memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Selain itu, kencur juga bisa digunakan sebagai obat anti-inflamasi. Kandungan ini mampu mengurangi peradangan pada kulit dan membantu proses penyembuhan jerawat. Selain itu, kencur juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit sehingga minyak berlebih dan kotoran yang menyebabkan jerawat dapat dikeluarkan.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat dengan Kencur?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat dengan kencur. Pertama, Anda bisa menggunakan kencur sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kencur dengan air hangat hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya, bilas wajah Anda dengan air bersih. Anda bisa melakukan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.

BACA JUGA:  Salep Buat Hilangkan Bekas Jerawat

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kencur sebagai obat luar. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kencur dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada daerah jerawat dan biarkan selama 10-15 menit. Selanjutnya, bilas wajah Anda dengan air bersih. Anda bisa melakukan cara ini sekali atau dua kali seminggu.

Mengonsumsi Kencur

Selain digunakan sebagai obat luar, Anda juga dapat mengonsumsi kencur. Caranya adalah dengan mencampurkan bubuk kencur dengan air hangat dan mengonsumsinya secara rutin. Ini bisa membantu membersihkan dalam tubuh, mengurangi peradangan yang terjadi pada kulit, dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kencur untuk menghindari efek samping.

Efek Samping Kencur

Walaupun kencur memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun Anda juga harus berhati-hati ketika menggunakannya. Jika Anda mengonsumsi kencur terlalu banyak, efek samping yang dapat muncul antara lain mual, muntah, sakit kepala, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda mengonsumsi kencur dalam jumlah yang diperlukan dan tidak berlebihan.

Mengobati Jerawat dengan Kencur: Kesimpulan

Kencur merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengobati jerawat. Cara pemakaiannya antara lain sebagai masker wajah, obat luar, dan obat dalam. Namun, Anda harus berhati-hati dan tidak mengonsumsi terlalu banyak kencur untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi. Jika Anda ingin mencoba mengobati jerawat dengan kencur, pastikan untuk selalu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa cara tersebut aman untuk digunakan.

VideoCara Mengobati Jerawat dengan Kencur