Cara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Membandel
Source: bing.com

Jerawat memang sering kali mengganggu penampilan. Kebanyakan orang merasa tidak nyaman dengan jerawat yang muncul di wajah, terutama saat jerawat sudah kering dan meninggalkan bekas hitam yang membandel. Bekas jerawat yang membandel ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan membuat seseorang merasa malu untuk tampil di depan orang lain. Namun, tenang saja, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang bekas jerawat yang membandel. Berikut ini adalah tips untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Pembersih Wajah yang Tepat

Untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel, cara pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih pembersih wajah yang tepat. Pembersih wajah yang dipilih harus sesuai dengan jenis kulit wajah. Jika kulit wajahmu berminyak, maka kamu harus memilih pembersih wajah yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Jika kulit wajahmu kering, maka kamu harus menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan untuk kulit kering. Cara ini akan membantu membersihkan wajah dengan lebih efektif dan mencegah timbulnya jerawat baru.

Masker Alami

Selain menggunakan pembersih wajah yang tepat, kamu juga bisa menggunakan masker alami untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Masker alami yang bisa dicoba adalah masker yogurt, masker madu, dan masker tomat. Masker alami ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan menyegarkan kulit wajah. Cara menggunakan masker alami ini adalah dengan mencampurkan bahan-bahan alami tersebut dan mengoleskannya ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Peeling

Peeling juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Peeling yang dapat dilakukan adalah peeling dengan menggunakan scrub atau peeling dengan menggunakan asam. Peeling dengan menggunakan scrub dapat dilakukan dengan cara menggosok scrub ke wajah. Usahakan untuk melakukannya secara lembut dan mengurangi tekanan saat menggosok. Peeling dengan menggunakan asam hanya boleh dilakukan oleh ahli kosmetik atau dokter kulit.

BACA JUGA:  Sabun Badan Anti Jerawat

Kompres Air Hangat

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kompres air hangat. Kompres air hangat dapat membantu melembutkan bekas jerawat yang membandel. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengambil kapas dan mengisinya dengan air hangat. Tekan kapas yang sudah terisi air hangat ke wajah selama 5-10 menit. Lakukan hal ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Masker Teh Hijau

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker teh hijau untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu mengurangi bekas jerawat yang membandel. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh teh hijau dengan satu sendok makan air hangat. Aduk hingga menjadi pasta, lalu oleskan ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Krim Pemutih Wajah

Krim pemutih wajah juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Pilihlah krim pemutih wajah yang aman dan tidak berbahaya untuk kulit. Krim pemutih wajah ini dapat membantu mencerahkan wajah dan menyamarkan bekas jerawat yang membandel. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan krim pemutih wajah ke wajah secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Obat Jerawat

Obat jerawat juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Obat jerawat yang bisa digunakan adalah obat jerawat berbentuk gel atau krim. Obat jerawat ini dapat membantu mengurangi bekas jerawat yang membandel. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan obat jerawat ke wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Konsultasi ke Dokter Kulit

Jika cara di atas tidak berhasil, kamu juga bisa mencoba untuk berkonsultasi ke dokter kulit. Dokter kulit akan dapat memberikan solusi yang tepat untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Dokter kulit juga akan memberikan saran tentang pembersih wajah dan obat jerawat yang cocok untuk kulit wajahmu.

BACA JUGA:  Manfaat Jus Timun untuk Jerawat

Kesimpulan

Bekas jerawat yang membandel memang sangat mengganggu. Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi tentang hal itu. Cukup ikuti tips-tips di atas untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Jika cara di atas masih tidak berhasil, kamu bisa berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan solusi yang tepat.

VideoCara Menghilangkan Bekas Jerawat yang Membandel