Mengenal Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Mengenal Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Dihindari

Perlu diakui tidak mudah menghindari penyebab jerawat di pipi. Terlebih dengan berbagai aktivitas yang seringkali membuat lupa bahwa tubuh perlu dirawat. Khususnya pada area wajah, sering jadi tempat tumbuhnya jerawat.

Hal ini karena didukung oleh berbagai faktor di belakangnya. Faktor-faktor ini berasal dari dalam maupun luar tubuh termasuk pola perilaku sehari-hari. Prioritaskan untuk fokus pada pola perilaku terlebih dahulu.

Pada dasarnya hal ini dapat diminimalkan dengan cara sederhana. Cukup mengubah pola hidup bisa menguranginya. Sebelum mencari tau apa saja yang harus diterapkan, kenali dulu biang keladinya.

18 Penyebab Jerawat di Pipi yang Harus Kamu Hindari

Pipi bersih dari kotoran akan membuat kamu lebih nyaman saat berinteraksi dengan orang lain. Guna mendapatkannya, pertama-tama kamu harus tau dulu akar permasalahannya. Lalu apa saja penyebabnya?

  1. Tempat Tidur yang Kurang Bersih

Bayangkan selama lebih dari 5 jam kamu menghabiskan waktu di tempat tidur. Di situ kamu membaringkan wajah sehingga bersentuhan dengan tempat tidur. Jika kondisinya kotor pasti membuat pori-pori tersumbat.

Kotoran pada tempat tidur bisa menempel pada wajah dan menghalangi keluarnya minyak. Hal ini jadi penyebab jerawat di pipi muncul. Bersihkan tempat tidur secara rutin, paling tidak sekali dalam seminggu.

Cuci juga berbagai lapisan-lapisan kain seperti selimut, cover, bantal dan kasur, semua bagian ruangan. Bersihkan dari berbagai jenis kotoran dan debu. Bisa memakai penyedot debu agar lebih mudah dan efektif.

  1. Pemakaian Kosmetik yang Kurang Cocok

Penggunaan bedak yang tidak sesuai dengan karakteristik kulit seringkali jadi penyebab jerawat di pipi. Bedak mempunyai partikel seperti debu, apabila tidak disesuaikan dengan kulit justru menimbulkan jerawat.

Sebelum menentukan jenis bedak maupun berbagai kosmetik lainnya, pastikan sesuai dengan kulit. Periksa kandungan-kandungan pada kosmetik yang kamu pakai. Hindari bahan-bahan yang justru tidak menyehatkan dan berefek samping.

Selain pemilihan jenis bedak, kurangi aplikasi menggunakan telapak tangan langsung. Jika kurang memungkinkan pastikan ujung jari atau telapak tangan harus dalam kondisi bersih. Paling disarankan menggunakan sikat bedak (powder brush).

Penggunaan bedak langsung dengan telapak tangan berisiko memindahkan kuman ke wajah. Risiko tersebut harus bisa diperkecil dengan pemakaian sikat bedak tadi.

  1. Ponsel Kurang Higienis Tumbuhkan Jerawat

Ponsel bisa jadi media bakteri penyebab jerawat di pipi tumbuh. Lebih bahayanya lagi jika seringkali menggunakan alat ini untuk telepon berdurasi sangat lama. Posisi menelepon biasanya ponsel bersentuhan dengan pipi.

Posisi tersebut sangat memungkinkan berbagai bakteri dan kotoran masuk ke dalam kulit pipi. Hal ini mengakibatkan tersumbatnya pori-pori sehingga munculah jerawat. Untuk mengatasi masalah ini biasakan bersihkan ponsel secara rutin.

BACA JUGA:  Jangan Asal Pilih Sabun Muka untuk Jerawat, Ini Alasannya

Cara pembersihannya cukup usap dengan kain beralkohol. Gunanya untuk membunuh bakteri dan pembersihan sisa-sisa kotoran di ponsel. Usahakan menggunakan kain bukan tisu agar lebih efektif.

Langkah antisipasi lainnya dengan mengaktifkan fitur pengeras suara saat bertelepon. Tentunya kamu juga harus melihat situasi apakah memungkinkan untuk mengaktifkan fitur tersebut. Solusi lain, bisa cuci tangan setelah pegang ponsel.

  1. Makan secara Sembarangan

Penyebab jerawat di pipi lainnya adalah makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Ada tiga aspek dalam memilih makanan agar bisa bebas jerawat. Perhatikan dari sumbernya, porsinya serta kandungan di dalam makanan tersebut.

Pertama adalah sumber, aspek ini sangat penting untuk mencegah sekaligus mengatasi. Pilihlah sumber makanan banyak mengandung vitamin dan zat baik bagi kulit. Ada vitamin e, c, air, dan juga antioksidan.

Aspek selanjutnya adalah porsi makanan kamu setiap harinya. Gunakan porsi makanan secukupnya dan jangan berlebihan. Saat ini sudah ada berbagai macam aplikasi digital untuk menghitung kebutuhan kalori tubuh secara ideal.

Berikutnya adalah kandungan pada makanan yang kamu santap. Kandungan yang menyebabkan jerawat bersumber dari karbohidrat dan gula. Sebisa mungkin tidak mengkonsumsi makanan dengan kandungan tersebut secara berlebihan.

  1. Tingginya Kadar Stres Harian

Tingkat stres tubuh kamu bukan secara langsung menjadi penyebab jerawat di pipi. Tapi ini bisa terjadi melalui berbagai mekanisme tubuh. Secara biologis stres dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit.

Produksi minyak berlebih disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon stres di tubuh. Biasa disebut sebagai hormon kortisol. Akibat produksi minyak berlebih potensi jerawat tumbuh jadi semakin besar.

Atasi masalah stres dengan pengelolaan stres yang baik. Tentukan waktu menyegarkan diri kembali dari berbagai masalah. Jangan lupa juga segera mencari solusi dari setiap masalah tersebut, tidak boleh ditunda lagi.

  1. Minuman Tinggi Gula Berlebihan

Tidak hanya dari makanan saja, minuman juga bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Khususnya minuman tinggi gula, seperti soda dan sirup misalnya. Kedua jenis minuman tersebut bisa meningkatkan gula darah.

Potensi pertumbuhan jerawat pada orang pengonsumsi gula berlebih lebih besar. Kami menyarankan agar mengkonsumsi minuman sehat rendah gula. Jika belum terbiasa, gunakan bahan pemanis alami terlebih dahulu secukupnya.

Jauh lebih baik lagi jika mau memilih air putih setiap hari secara cukup. Air putih dapat meningkatkan konsentrasi cairan tubuh. Dampaknya membuat kulit tetap sehat.

  1. Nasi Kebanyakan, Penyebab Jerawat di Pipi

Konsumsi nasi baik untuk menambah kekuatan tubuh. Namun konsumsi nasi berlebihan dapat mempercepat pertumbuhan jerawat. Sumber makanan ini tinggi karbohidrat, namun perlu bisa jadi dalang jerawat.

Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi nasi, tentu ini akan sangat merepotkan. Kami selalu merekomendasikan makan nasi secukupnya saja. Itu karena setiap orang punya ukuran masing-masing dan tidak bisa dipukul rata.

Kebutuhan karbohidrat sangat tergantung dari aktivitas setiap harinya. Bagi kamu dengan pekerjaan fisik membutuhkan asupan karbohidrat lebih banyak. Sedangkan yang bekerja di dalam ruangan asupan karbohidrat mungkin bisa lebih sedikit.

  1. Tangan Kotor Malah Menyentuh Pipi

Tangan menjadi bagian tubuh yang rentan terhadap bakteri, kuman, dan kotoran lainnya. Kondisi tangan penuh dengan berbagai mikroorganisme dan kotoran dapat mengotori pipi bila tersentuh. Kamu juga harus bisa menghindarinya.

BACA JUGA:  Bekas Jerawat Hitam Masih Membandel, Ini Solusinya

Cara menghindari penyebab jerawat di pipi ini adalah tidak menyentuh muka selama tangan kotor. Mungkin terdengar sederhana tetapi masuk akal. Sebab tidak ada yang tau apa saja kotoran-kotoran di tangan.

Cuci tangan dengan benar terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah. Kondisi tangan bersih mampu mengurangi bertambahnya jerawat kamu. Jadikan ini sebagai kebiasaan kamu.

  1. Malas Cuci Muka Secara Teratur

Cuci muka tidak boleh dianggap sepele sebagai upaya pencegahan. Penyebab jerawat di pipi satu ini sangat bisa kamu kontrol, sehingga tidak ada lagi berbagai alasan malas melakukannya.

Jika kamu malas mencuci muka secara teratur, kotoran pada kulit wajah tidak akan hilang. Kotoran tersebut justru akan dijadikan sarang oleh bakteri. Selain itu juga menghalangi minyak keluar saluran pori.

Untuk mencegah hal tersebut sebaiknya cuci muka secara teratur. Gunakan sabun wajah sesuai kondisi kulit wajah. Jangan malas mencuci muka setelah beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan secara intens.

Mulai sekarang jadikan cuci muka sebagai kebiasaan baru. Cukup dengan mempraktekannya minimal selama lebih dari dua puluh hari.

  1. Terlalu Lama Mengenakan Masker

Masker kesehatan sudah menjadi bagian dari aksesoris untuk perlindungan tubuh. Dibalik itu semua, penggunaan masker mempunyai efek samping terhadap terbentuknya jerawat. Terlalu lama pakai masker jadi penyebab jerawat di pipi.

Bagian yang tertutup oleh masker kesehatan kurang mendapat sirkulasi udara. Kondisi ini membuat area sekitar jadi lebih sumpek. Akibat dari hal tersebut, jerawat jadi lebih mudah tumbuh di bagian pipi.

Jika kamu ingin menghindarinya usahakan bicara seperlunya saja saat mengenakan masker. Tujuannya mengurangi kepengapan di dalam bagian tersebut. Saat berbicara umumnya kamu akan menghasilkan uap air dari proses pernapasan.

Selain itu, upayakan berganti masker kesehatan kurang dari 4 jam sekali. Saat berganti masker cuci terlebih dahulu bagian kulit yang tadi tertutupi. Gunanya untuk membersihkan uap air dan kotoran lainnya.

  1. Fluktuasi Hormon pada Tubuh

Tidak hanya dari luar saja, penyebab jerawat di pipi juga disebabkan oleh naik turunnya hornom. Inilah androgen, perangsang produksi minyak sehingga pori-pori jadi sibuk. Sibuk mengalirkan minyak ke bagian luar.

Banyaknya jumlah minyak ini bisa menyebabkan tersumbatnya saluran pori-pori. Akibatnya jerawat tumbuh pada bagian wajah kamu. Secara umum produksi androgen tidak stabil karena sedang hamil, konsumsi obat, dan masa puber.

Solusinya sederhana, lakukan perawatan secara intensif. Perawatan ini dapat berupa cuci muka dan menjaga agar pipi tidak kotor. Termasuk juga mengkonsumsi obat penghilang jerawat sesuai anjuran dari dokter spesialis.

  1. Teknik Cuci Muka yang Kurang Tepat

Teknik cuci muka perlu diperhatikan agar terbebas dari bruntusan. Kesalahan yang biasa terjadi adalah tidak cuci tangan sebelum mencuci muka. Tangan kotor membuat hasil cuci muka kurang maksimal.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Selain itu juga tidak membersihkan sisa sabun wajah dengan teliti. Hal ini justru menambah masalah baru bagi kulit kamu. Cobalah teliti saat membilas wajah usai kamu cuci muka.

Salah memakai produk sabun wajah. Setiap produk pasti mempunyai kegunaan tersendiri. Pemakaian sabun wajah yang tidak sesuai karakter kulit justru membuat produksi minyak bertambah.

Sebisa mungkin untuk membersihkan muka dengan benar. Cuci tangan sebelum memulai pembersihan. Pastikan memilih sabun wajah sesuai kondisi kulit. Bersihkan sisa-sisa sabun dengan air.

  1. Tingkat Kelembaban Suatu Ruangan

Jika kamu berada di ruangan lembab dalam jangka waktu tidak sebentar, ini bisa jadi penyebab jerawat di pipi. Tingginya kelembaban akan membuat tubuh terasa gerah. Hal ini membuat kamu berkeringat.

Keringat tersebut bercampur jadi satu dengan kotoran pada wajah kamu. Ini adalah perpaduan sempurna untuk menciptakan penyumbatan area pipi. Solusi dari kami adalah mengurangi tingkat kelembaban ruangan tersebut.

Taburkan bubuk kopi di setiap tempat yang memungkinkan. Bubuk kopi sudah dikenal dapat menyerap kandungan uap air biang kelembaban udara. Selain itu bubuk kopi juga cukup mudah ditemukan bukan.

  1. Tidak Pernah Keramas

Jika kulit kepala rontok ke bagian pipi bisa mengakibatkan masalah kulit wajah. Ini bisa terjadi dikarenakan saat menggaruk kepala langsung menyentuh muka. Rontoknya kulit kepala disebabkan kurangnya perawatan.

Kamu perlu memperhatikan hal ini, agar bruntusan tidak muncul pada bagian wajah. Coba keramas dengan teratur agar dapat mengurangi konsentrasi ketombe. Jangan sampai kemalasan cuci rambut menimbulkan jerawat.

Setelah membersihkan bagian kepala, pastikan tidak ada residu di sana. Residu ini justru akan membuat masalah baru terkait jerawat.

  1. Komedo yang Ditekan-tekan

Menekan komedo adalah ide buruk, karena bisa jadi penyebab jerawat di pipi. Jika kamu terus menekan komedo sampai akhirnya pecah, ini tidak baik. Bruntusan akan muncul dari pecahan komedo tersebut.

Pecahnya komedo memicu darah untuk masuk ke bagian tersebut. Akibatnya muncul bintik berwarna kemerahan. Sesudah itu perlahan bruntusan akan tumbuh. Apabila terdapat komedo, kamu bisa mengatasinya dengan cara sederhana.

Rekomendasi dari Kami adalah membersihkan muka secara teratur dan benar. Cukup itu saja, karena sederhana dan efektif jika dilakukan dengan benar.

  1. Kurang Istirahat Berkualitas

Istirahat yang tidak berkualitas menyebabkan meningkatnya hormon stres pada tubuh. Selain itu imun tubuh jadi lebih lemah karena kurang istirahat. Keadaan ini membuat tubuh kurang mampu menangkal kuman-kuman. Akibatnya jerawat mulai bertebaran pada bagian muka kamu.

Kualitas tidur bisa diperoleh dengan cara yang mudah. Salah satunya dengan cara relaksasi diri. Kamu harus bisa melepaskan berbagai beban pikiran menjelang tidur.

Penilaian orang lain terhadap penampilan memang sulit diterka. Namun harus diakui penampilan jadi daya tarik tersendiri serta pembuka berbagai kesempatan. Mulai sekarang kamu perlu menghindari berbagai penyebab jerawat di pipi tersebut.