Mengatasi Jerawat Meradang

Mengatasi Jerawat Meradang
Source: bing.com

Apa itu Jerawat Meradang?

Jerawat meradang adalah jenis jerawat yang lebih berbahaya dibandingkan jerawat lainnya. Jerawat meradang adalah bentuk jerawat yang disebabkan oleh penumpukan sebum di dalam kulit. Akibatnya, sel-sel kulit mati menumpuk dan menutupi pori-pori, sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi. Jerawat meradang biasanya lebih meradang, berwarna merah dan memiliki pus di dalamnya. Jerawat meradang juga dapat menyebabkan rasa sakit dan gatal di sekitar daerah yang terkena.

Faktor Penyebab Jerawat Meradang

Penyebab utama jerawat meradang adalah terlalu banyak produksi sebum dari kelenjar sebum. Sebum sendiri merupakan cairan alami yang diproduksi oleh kelenjar sebum di kulit. Sebum biasanya berfungsi untuk melindungi kulit dari iritasi dan infeksi. Namun, jika terlalu banyak sebum diproduksi, maka sebum dapat menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi. Selain itu, beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat meradang adalah stress, kurang tidur, kondisi kulit berminyak, polusi, dan juga produk pembersih wajah yang tidak sesuai.

Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat meradang:

1. Gunakan Produk Pembersih Wajah yang Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk pembersih wajah yang tepat akan membantu mengurangi jumlah minyak di kulit dan mencegah iritasi. Selain itu, produk pembersih wajah juga dapat membantu mengurangi infeksi dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan jerawat meradang. Pastikan untuk mencari produk yang khusus dibuat untuk kulit berjerawat dan jangan lupa untuk mencoba produk tersebut terlebih dahulu di bagian belakang tangan Anda untuk memastikan kulit Anda tidak alergi dengan produk tersebut.

BACA JUGA:  Manfaat Susu Kedelai Untuk Jerawat

2. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah juga dapat membantu Anda mengatasi jerawat meradang. Masker wajah dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih di kulit. Selain itu, masker wajah juga dapat membantu mengurangi iritasi. Untuk hasil terbaik, Anda dapat menggunakan masker wajah secara teratur. Pilihlah masker yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan pastikan untuk menghindari masker yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alkohol atau minyak yang dapat menyebabkan iritasi pada wajah Anda.

3. Jangan Menggosok Wajah dengan Keras

Jika Anda sering menggosok wajah dengan keras, maka Anda harus berhenti. Penggosokan wajah dengan keras dapat menyebabkan iritasi dan iritasi ini dapat memicu jerawat meradang. Jadi, jangan menggosok wajah dengan keras dan hindari juga menggunakan scrub wajah yang terlalu keras. Sebaiknya, Anda juga menggunakan pelembap setelah menggunakan produk pembersih wajah untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda.

4. Jaga Kondisi Tubuh dan Pikiran Anda

Stress dan kurang tidur dapat memicu produksi hormon yang dapat memicu jerawat meradang. Jadi, pastikan untuk tetap beristirahat cukup dan menjaga kesehatan tubuh dan pikiran Anda dengan berolahraga secara teratur dan melakukan relaksasi. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap tenang dan menjaga kesehatan kulit Anda.

5. Gunakan Produk OTC

Jika Anda memiliki jerawat meradang yang parah, Anda dapat menggunakan produk over-the-counter (OTC) yang dapat membantu mengatasi jerawat meradang. Produk OTC yang tersedia di pasaran biasanya mengandung bahan-bahan seperti benzoil peroksida, salisilat, dan asam laktat yang dapat membantu mengatasi jerawat meradang. Namun, pastikan untuk membaca label produk sebelum menggunakannya dan pastikan untuk tidak menggunakan produk OTC yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti alkohol, minyak, atau bahan lainnya yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

BACA JUGA:  Apakah Minum Kopi Menyebabkan Jerawat?

6. Kunjungi Dokter Kecantikan

Jika Anda tidak yakin dengan cara mengatasi jerawat meradang dengan menggunakan produk OTC atau produk lainnya, maka Anda dapat mengunjungi dokter kecantikan untuk memeriksa kulit Anda dan mendapatkan saran tentang cara mengatasi jerawat meradang yang tepat. Dokter akan memberikan Anda resep obat yang sesuai dengan kondisi kulit Anda dan mereka juga dapat memberikan Anda saran tentang cara menghindari jerawat meradang di masa depan.

Kesimpulan

Jerawat meradang adalah jenis jerawat yang berbahaya dan dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada kulit. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan beberapa hal seperti menggunakan produk pembersih wajah yang sesuai, menggunakan masker wajah, menghindari menggosok wajah dengan keras, menjaga kondisi tubuh dan pikiran Anda, menggunakan produk OTC, dan mengunjungi dokter kecantikan. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat mencegah jerawat meradang dan menjaga kulit Anda tetap sehat dan berseri.

VideoMengatasi Jerawat Meradang