Mengatasi Jerawat Gatal di Pipi – Cara Cepat dan Efektif

Mengatasi Jerawat Gatal Di Pipi - Cara Cepat Dan Efektif
Source: bing.com

Jerawat gatal di pipi adalah masalah yang umum dialami banyak orang. Ini disebabkan oleh gabungan dari berbagai faktor, seperti kulit yang sensitif, produksi minyak berlebih, kurangnya perawatan kulit, dan lain-lain. Jika jerawat gatal di pipi Anda tidak disembuhkan dengan benar, maka Anda dapat mengalami kerusakan kulit yang permanen. Oleh karena itu, penting untuk Anda mengikuti pengobatan yang tepat untuk mengatasi jerawat gatal di pipi.

Tahap 1: Bersihkan Wajah Sebelum Berobat

Mengatasi jerawat gatal di pipi dimulai dengan membersihkan wajah. Hal ini penting untuk membersihkan pori-pori dari kotoran dan minyak yang menyumbat, sehingga tidak menyebabkan jerawat. Gunakan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan air hangat untuk membasuh wajah Anda dan bilas dengan air dingin untuk membuka pori-pori Anda. Jangan lupa untuk menggunakan toner wajah setelah membersihkan wajah Anda.

Tahap 2: Gunakan Obat Jerawat

Kemudian, Anda dapat menggunakan obat jerawat yang tepat untuk mengatasi jerawat gatal di pipi Anda. Obat jerawat yang baik dapat membantu mengurangi peradangan jerawat, mengeringkan jerawat, dan mencegah jerawat dari semakin parah. Anda dapat menggunakan obat jerawat yang mengandung zat aktif seperti benzoil peroksida, sulfur, atau asam salisilat. Pastikan untuk tidak menggunakan obat jerawat yang mengandung alkohol, karena dapat membuat kulit Anda kering dan menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:  Kompres Jerawat Meradang, Cara Menghilangkan Jerawat Meradang yang Bisa Dilakukan Sendiri!

Tahap 3: Gunakan Masker Wajah

Selain menggunakan obat jerawat, Anda juga dapat menggunakan masker wajah untuk mengatasi jerawat gatal di pipi Anda. Masker wajah dapat membantu menyegarkan kulit Anda dan menyamarkan jerawat. Anda dapat membuat masker wajah dengan bahan seperti tepung beras, madu, dan jus lemon. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan tersebut, lalu mengoleskan pada wajah Anda. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas wajah Anda.

Tahap 4: Gunakan Pelembab dan Pelindung Matahari

Kulit Anda yang berjerawat juga membutuhkan lebih banyak pelembab dan pelindung matahari untuk menjaga kesehatannya. Gunakan pelembab yang kaya akan antioksidan untuk membantu menghidrasi kulit Anda. Gunakan juga pelindung matahari yang memiliki SPF tinggi untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya. Pastikan untuk menggunakan pelembab dan pelindung matahari setiap hari.

Tahap 5: Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam mengatasi jerawat gatal di pipi Anda, penting untuk Anda untuk memperhatikan asupan makanan Anda. Konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-buahan dan sayuran. Juga perbanyaklah mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting, seperti ikan, telur, dan biji-bijian. Dan hindari makanan yang mengandung banyak gula dan lemak.

Tahap 6: Jaga Kebiasaan Hidup Sehat

Selain melakukan perubahan dalam pola makan Anda, penting juga untuk Anda untuk menjaga kebiasaan hidup sehat. Mulailah dengan menjaga pola tidur Anda. Cobalah untuk tidur 8 jam dalam sehari, karena ini akan membantu dalam memperbaiki kualitas tidur Anda. Juga cobalah untuk berolahraga secara teratur, karena ini akan membantu dalam menjaga kesehatan kulit Anda. Dan yang terakhir, hindari merokok dan minuman keras, karena keduanya dapat memperburuk jerawat gatal di pipi Anda.

BACA JUGA:  Cari Tahu Cream Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat

Tahap 7: Jauhkan Diri dari Stres

Stres juga merupakan salah satu faktor yang dapat memperburuk jerawat gatal di pipi Anda. Jika Anda sering stres, maka Anda harus segera mencari cara untuk meredakannya. Mulailah dengan mencari cara untuk menghilangkan stres Anda, seperti melakukan latihan relaksasi atau meditasi. Anda juga dapat mencoba olahraga atau menghabiskan waktu bersama teman-teman Anda. Ini akan membantu Anda untuk meredakan stres dan membantu dalam proses penyembuhan jerawat gatal di pipi Anda.

Tahap 8: Hindari Menggaruk Jerawat Gatal

Menggaruk jerawat gatal di pipi Anda adalah hal yang sangat tidak disarankan. Hal ini dapat membuat jerawat Anda semakin parah dan meninggalkan bekas luka yang permanen. Jika Anda merasa gatal, cobalah untuk menggunakan kompres dingin atau menggunakan obat antihistamin untuk mengurangi gatal. Jika gatal Anda masih belum hilang, Anda dapat mencoba untuk menggunakan krim yang mengandung hydrocortisone untuk mengurangi gatal.

Kesimpulan

Mengatasi jerawat gatal di pipi adalah masalah yang umum dialami banyak orang. Untuk mengatasinya, Anda harus menjaga kebersihan wajah, menggunakan obat jerawat yang tepat, menggunakan masker wajah, menggunakan pelembab dan pelindung matahari, konsumsi makanan sehat, jaga kebiasaan hidup sehat, dan jauhkan diri dari stres. Jangan lupa untuk juga menghindari menggaruk jerawat gatal Anda. Dengan melakukan semua tindakan ini, Anda dapat mengatasi jerawat gatal di pipi Anda dengan cepat dan efektif.

VideoMengatasi Jerawat Gatal di Pipi – Cara Cepat dan Efektif