Mengatasi Jerawat di Bawah Kulit dengan Aman dan Efektif

Mengatasi Jerawat Di Bawah Kulit Dengan Aman Dan Efektif
Source: bing.com

Jerawat di bawah kulit adalah masalah yang sangat umum. Anda mungkin memiliki jerawat di bawah kulit di wajah, leher, dada, atau punggung. Jerawat di bawah kulit dapat menimbulkan rasa sakit dan menimbulkan ruam merah yang sangat mengganggu. Meskipun jerawat di bawah kulit dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, hendaknya Anda tahu bahwa ada cara untuk mengatasinya dengan aman dan efektif.

Apa Itu Jerawat di Bawah Kulit?

Jerawat di bawah kulit disebut juga sebagai jerawat tersembunyi atau jerawat intraepidermal. Ini adalah jenis jerawat yang terjadi ketika komedo tertutup terbentuk di bawah lapisan kulit. Komedo tersebut mengandung sebum dan bakteri. Komedo ini dapat menyebabkan ruam merah yang disertai rasa sakit di bawah kulit. Jerawat di bawah kulit juga dapat menyebabkan pembengkakan. Jerawat ini umumnya dapat dilihat di wajah, leher, dada, dan punggung.

Apa Penyebab Jerawat di Bawah Kulit?

Komedo tertutup adalah penyebab utama jerawat di bawah kulit. Komedo tertutup adalah jenis jerawat yang terbentuk ketika pori-pori Anda tersumbat dengan sebum, kotoran, dan bakteri. Ini dapat menyebabkan ruam merah di bawah kulit. Jerawat di bawah kulit juga dapat disebabkan oleh produk perawatan kulit yang tidak cocok, stres, lingkungan berdebu, alergi, dan minyak berlebih. Jerawat di bawah kulit juga dapat disebabkan oleh penggunaan produk perawatan kulit yang berlebihan.

BACA JUGA:  Mengatasi Bolong-Bolong Bekas Jerawat

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat di Bawah Kulit?

Ada berbagai cara untuk mengatasi jerawat di bawah kulit. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan kulit Anda. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah Anda setiap hari. Gunakan produk perawatan kulit yang aman dan cocok untuk kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan produk yang tidak mengandung bahan kimia yang berpotensi iritan. Jangan lupa untuk menjaga pola makan dan minum yang sehat.

Produk dan Obat-obatan Apa yang Dapat Membantu Mengatasi Jerawat di Bawah Kulit?

Ada berbagai produk dan obat-obatan yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat di bawah kulit. Salah satu produk yang dapat membantu Anda adalah produk yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida dapat membantu mengatasi jerawat di bawah kulit dengan cara mengurangi jumlah bakteri yang ada. Selain itu, produk yang mengandung retinoid juga dapat membantu mengatasi jerawat di bawah kulit dengan cara mempercepat proses penyembuhan. Anda juga dapat mencoba obat-obatan untuk mengatasi jerawat di bawah kulit, seperti obat antibiotik.

Apa yang Harus Dihindari Ketika Mengatasi Jerawat di Bawah Kulit?

Saat mengatasi jerawat di bawah kulit, pastikan untuk menghindari menggaruk atau menekan jerawat. Ini akan membuat jerawat semakin parah. Jangan juga menggunakan produk perawatan kulit yang berlebihan atau produk yang tidak cocok untuk kulit Anda. Jika Anda tidak yakin tentang produk yang cocok untuk kulit Anda, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kulit Anda. Selain itu, hindari juga merokok dan minum alkohol yang berlebihan.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Jika Anda mencoba berbagai cara untuk mengatasi jerawat di bawah kulit tetapi tidak ada hasil yang Anda rasakan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter kulit Anda. Dokter kulit akan dapat memberikan saran dan sesuai dengan kondisi Anda. Dokter kulit juga dapat meresepkan obat-obatan untuk mengatasi jerawat di bawah kulit dengan lebih efektif.

BACA JUGA:  Jerawat Hormon pada Pria: Apa yang Harus Diketahui?

Kesimpulan

Meskipun jerawat di bawah kulit dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, hendaknya Anda tahu bahwa ada cara untuk mengatasinya dengan aman dan efektif. Mulailah dengan menjaga kebersihan kulit Anda dan hindari menggaruk atau menekan jerawat. Anda juga dapat menggunakan produk perawatan kulit dan obat-obatan yang diresepkan dokter kulit untuk mengatasi jerawat di bawah kulit. Jika Anda mencoba berbagai cara untuk mengatasi jerawat di bawah kulit tetapi tidak ada hasil yang Anda rasakan, segera berkonsultasi dengan dokter kulit Anda.

VideoMengatasi Jerawat di Bawah Kulit dengan Aman dan Efektif