Mengapa Pada Masa Puber Sering Timbul Jerawat?

Mengapa Pada Masa Puber Sering Timbul Jerawat?
Source: bing.com

Puberty adalah saat di mana tubuh kita mulai berubah menjadi dewasa. Mereka yang baru saja memasuki masa puber biasanya akan mengalami perubahan pada ukuran tubuh, kulit dan rambut. Namun, tahap ini juga dapat menimbulkan jerawat di wajah. Memang, jerawat pada masa puber adalah hal yang wajar, tapi kenapa hal ini bisa terjadi?

Kebanyakan orang berpikir bahwa jerawat pada masa puber disebabkan oleh hormon. Ketika tahap pematangan tubuh berlangsung, hormon-hormon yang berperan dalam proses ini akan meningkat dan menyebabkan kulit menjadi lebih berminyak. Akibatnya, kulit menjadi lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat.

Selain hormon, pola makan juga dapat menyebabkan jerawat pada masa puber. Makanan yang tinggi kalori, lemak, gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit dan memicu jerawat. Makanan ini juga dapat meningkatkan hormon testosteron, yang dapat mengaktifkan kulit untuk memproduksi minyak lebih banyak.

Stres juga dapat memicu jerawat pada masa puber. Stres dapat meningkatkan produksi hormon seperti kortisol, yang dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan. Selain itu, stres juga dapat memicu penggunaan produk kosmetik yang kurang cocok untuk kulit, yang dapat menyebabkan iritasi dan jerawat.

Ketika berada di masa puber, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat. Pertama, hindari makanan yang tinggi lemak dan gula. Selain itu, minum air putih dalam jumlah yang cukup untuk membantu membersihkan kulit dari racun dan bakteri. Anda juga harus menggunakan produk kosmetik yang cocok untuk jenis kulit Anda dan bersihkan wajah secara teratur.

Selain itu, Anda juga harus mengelola stres dengan cara yang baik. Cara yang baik untuk mengurangi stres adalah dengan berolahraga, meditasi, atau menghabiskan waktu dengan teman-teman. Anda juga harus memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup tidur setiap malam untuk membantu tubuh Anda meregenerasi kulit.

BACA JUGA:  Minum Vitamin C Untuk Jerawat

Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan obat jerawat untuk mengurangi jerawat pada masa puber. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan ini, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik. Juga, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya.

Kesimpulan

Jerawat pada masa puber adalah hal yang wajar, dan hal ini disebabkan oleh perubahan hormon dan pola makan. Stres juga dapat memicu timbulnya jerawat. Namun, ada beberapa cara untuk mencegahnya, seperti menghindari makanan berlemak dan gula, menggunakan produk kosmetik yang cocok, mengelola stres dengan baik, dan menggunakan tabir surya setiap hari. Jika Anda masih mengalami masalah jerawat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik.

VideoMengapa Pada Masa Puber Sering Timbul Jerawat?