Mengapa Jerawat Muncul Terus?

Mengapa Jerawat Muncul Terus?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dan sering terjadi pada remaja, dewasa muda, dan orang dewasa. Meskipun ada beberapa cara untuk menghilangkan jerawat, masalahnya menjadi berulang dan menimbulkan frustrasi. Apa penyebab jerawat muncul terus? Mari kita lihat lebih dekat.

Hormon

Hormon berperan penting dalam produksi minyak oleh kelenjar kulit. Fluktuasi hormon selama masa pubertas dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, beberapa obat kontrasepsi oral juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Beberapa tes dapat dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat hormon yang bertanggung jawab atas munculnya jerawat.

Faktor Lingkungan

Stres yang berkepanjangan dapat meningkatkan kemungkinan jerawat, karena stres bisa meningkatkan produksi minyak pada kulit. Polusi dan debu juga dapat membuat jerawat lebih parah, karena mereka dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan iritasi pada kulit. Kebiasaan buruk seperti menyentuh wajah berkali-kali juga dapat memicu munculnya jerawat.

Kosmetik

Produk kosmetik yang berminyak atau mengandung alkohol dan paraben dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan berbahaya, Anda mungkin harus mengganti produk tersebut dengan produk yang lebih ringan dan mengandung bahan-bahan yang ramah kulit. Anda juga harus membersihkan wajah setiap hari untuk menghilangkan sisa-sisa produk kosmetik.

Makanan

Makanan yang berlemak dan berminyak dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit. Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa gula dan karbohidrat meningkatkan tingkat hormon tertentu. Makan makanan yang sehat dan bergizi untuk membantu mencegah jerawat.

BACA JUGA:  Cara Atasi Jerawat Pasir

Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual, seperti sifilis, gonore, dan herpes, dapat menyebabkan jerawat. Ini disebabkan oleh gejala-gejala yang disebabkan oleh infeksi, yang dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Ini juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda merasa Anda mungkin terinfeksi oleh PMS, Anda harus segera mencari bantuan medis untuk mendiagnosis penyakit ini.

Penyakit Kulit

Beberapa penyakit kulit seperti psoriasis dan dermatitis seboroik dapat menyebabkan jerawat. Ini disebabkan oleh fakta bahwa mereka dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan pada kulit. Penyakit kulit ini juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu munculnya jerawat. Jika Anda memiliki gejala penyakit kulit, Anda harus segera mencari bantuan medis.

Kelenjar Sebaceous

Kelenjar sebaceous adalah kelenjar yang terletak di bawah kulit yang menghasilkan minyak. Pada beberapa orang, kelenjar sebaceous dapat menghasilkan minyak berlebihan, yang dapat menyebabkan jerawat. Beberapa orang juga mungkin memiliki kelenjar yang lebih sensitif terhadap hormon, yang dapat menyebabkan jerawat. Untuk mendiagnosis masalah ini, Anda harus melihat dokter kulit.

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok, minum alkohol berlebihan, dan tidur terlalu sedikit dapat menyebabkan jerawat. Ini disebabkan oleh fakta bahwa kebiasaan buruk ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dan menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda ingin menghilangkan jerawat, Anda harus menghindari kebiasaan buruk dan memilih pola hidup yang sehat.

Kesimpulan

Jerawat dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti hormon, faktor lingkungan, kosmetik, makanan, penyakit menular seksual, penyakit kulit, kelenjar sebaceous, dan kebiasaan buruk. Untuk menghilangkan jerawat, Anda harus mencari tahu penyebabnya dan mencari cara untuk mengobatinya. Jika Anda memiliki masalah jerawat yang berkepanjangan, Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter kulit dan mengikuti saran mereka.

BACA JUGA:  Masker Terbaik untuk Menghilangkan Jerawat

VideoMengapa Jerawat Muncul Terus?