Mendeteksi Penyakit dari Jerawat

Mendeteksi Penyakit Dari Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umumnya terjadi pada remaja. Meskipun jerawat adalah masalah kulit yang umum, jenis jerawat yang berbeda dapat menunjukkan kemungkinan adanya penyakit tertentu. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami jenis jerawat yang berbeda dan bagaimana mereka terkait dengan penyakit kulit tertentu. Hal ini sangat penting untuk mengetahui sebab-sebab jerawat agar Anda dapat menghilangkan jerawat dan mencegah masalah kulit yang lebih serius.

Jenis-jenis Jerawat

Ada beberapa jenis jerawat yang terjadi pada orang dewasa dan remaja. Jerawat komedo adalah jenis jerawat yang paling umum. Ini berupa benjolan putih atau hitam yang biasanya terlihat di wajah. Komedo ini dapat tumbuh di seluruh wajah, termasuk di hidung, dagu, dan pipi. Jerawat lain yang mungkin dapat Anda alami adalah jerawat batu, jerawat luka bakar, jerawat berminyak, dan jerawat bernanah. Pemahaman tentang jenis jerawat ini penting karena mereka dapat menunjukkan kemungkinan adanya penyakit kulit.

Jenis Penyakit Kulit

Jerawat dapat mengindikasikan adanya beberapa jenis penyakit kulit. Penyakit kulit yang paling umum yang dapat ditandai oleh jerawat adalah penyakit kulit akne vulgaris. Akne vulgaris adalah jerawat yang tumbuh di wajah, punggung, dan dada. Jenis jerawat lain yang disebabkan oleh kondisi medis adalah jerawat rosacea. Jerawat rosacea terjadi pada orang dewasa dan biasanya terlihat seperti jerawat kecil di wajah atau bagian tubuh lainnya. Akhirnya, jerawat dapat menunjukkan adanya penyakit infeksi kulit, seperti penyakit jamur.

Mengidentifikasi Penyebab Jerawat

Ketika Anda melihat tanda-tanda jerawat, Anda harus memperhatikan jenis jerawat yang Anda alami. Ini penting untuk menentukan jenis penyakit kulit yang mungkin Anda miliki. Setelah Anda dapat mengidentifikasi jenis jerawat, Anda dapat memulai proses diagnosa dengan dokter Anda. Dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk memeriksa lokasi dan jenis jerawat. Dokter Anda juga dapat melakukan tes laboratorium untuk mengetahui jenis penyakit kulit yang Anda derita.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Merah di Pipi Bekas Jerawat

Jenis Pengobatan

Setelah dokter Anda memastikan jenis penyakit kulit yang Anda derita, mereka dapat menentukan jenis pengobatan yang akan Anda terima. Pengobatan yang paling umum untuk jerawat adalah obat topikal atau sistemik. Obat-obatan topikal termasuk salep atau krim yang dioleskan pada kulit untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan. Obat sistemik adalah obat yang diminum dan dapat mengurangi jerawat dan mengobati penyakit kulit yang mendasarinya.

Alat Kecantikan

Selain obat-obatan, Anda juga dapat menggunakan alat kecantikan untuk mengobati jerawat. Alat ini termasuk penyedot komedo, yang berfungsi untuk mengambil komedo dari kulit. Anda juga dapat menggunakan penyemprotan obat yang berisi obat untuk mengatasi jerawat. Ini biasanya disemprotkan ke wajah dua atau tiga kali seminggu untuk mengurangi gejala dan mencegah jerawat baru. Alat lain yang dapat Anda gunakan adalah alat pemancar cahaya, yang dapat membantu meredakan peradangan dan merawat kulit.

Pencegahan Jerawat

Untuk mencegah jerawat, penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan kering. Membersihkan wajah secara teratur dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan lupa untuk membersihkan kulit Anda setelah berolahraga atau beraktivitas di luar. Jangan gunakan produk atau bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Hindari menggaruk jerawat dan selalu gunakan produk perawatan kulit yang aman dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Kesimpulan

Jerawat dapat menunjukkan adanya penyakit kulit tertentu. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis jerawat yang berbeda dan bagaimana mereka terkait dengan penyakit kulit tertentu. Setelah Anda mengetahui jenis jerawat, Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan diagnosa dan pengobatan yang tepat. Selain itu, Anda juga harus menjaga kulit tetap bersih dan kering untuk menghindari jerawat.

BACA JUGA:  Apa Itu Super Tetra dan Bagaimana Cara Menggunakannya untuk Jerawat?

VideoMendeteksi Penyakit dari Jerawat