Manfaat Lidah Buaya Buat Jerawat

Manfaat Lidah Buaya Buat Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dijumpai. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari kurangnya kebersihan, hormon, masalah genetik, hingga polusi. Berbagai cara diusahakan untuk mengatasi jerawat, seperti mengonsumsi obat-obatan, melakukan perawatan kulit, hingga menggunakan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk mengatasi jerawat adalah lidah buaya.

Apa Itu Lidah Buaya?

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak ditemukan di kawasan tropis. Tanaman ini memiliki ciri-ciri yang khas, seperti daun berwarna hijau tua, bentuk bulat, dan berduri di tepi. Lidah buaya mengandung banyak zat-zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B, dan asam lemak. Selain itu, lidah buaya juga mengandung anti-oksidan, yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas.

Manfaat Lidah Buaya Buat Jerawat

Manfaat lidah buaya buat jerawat adalah karena lidah buaya mengandung enzim laktat yang mampu membantu mengurangi minyak berlebih di kulit. Dengan mengurangi minyak, maka jerawat akan berkurang. Selain itu, lidah buaya juga mengandung bahan antiseptik yang bisa membantu mengurangi infeksi bakteri di kulit. Bahan tersebut juga bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dengan mempercepat regenerasi sel kulit. Selain itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai pelembap alami karena mengandung banyak air.

Cara Pakai Lidah Buaya Buat Jerawat

Untuk memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi jerawat, Anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Ambil bagian lidah buaya yang segar dan haluskan dengan blender.
  • Tambahkan sedikit air untuk membuat pasta.
  • Oleskan pasta lidah buaya ke wajah yang berjerawat.
  • Biar selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.
BACA JUGA:  Suplemen Penghilang Jerawat di Apotik

Anda juga bisa menggunakan lidah buaya dalam bentuk minyak. Ambil minyak lidah buaya, lalu oleskan secara merata ke wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air.

Manfaat Lain Dari Lidah Buaya

Selain untuk mengatasi jerawat, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan lain. Lidah buaya bisa digunakan sebagai masker wajah, karena mampu menutrisi kulit sekaligus menghilangkan jerawat. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah seperti luka, borok, iritasi, dan bekas luka. Dengan kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi, lidah buaya bisa membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Kesimpulan

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengatasi jerawat. Lidah buaya mengandung enzim laktat yang mampu membantu mengurangi minyak berlebih di kulit, bahan antiseptik yang bisa membantu mengurangi infeksi bakteri di kulit, dan bahan-bahan lain yang bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat. Namun, sebelum menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat, pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang banyak dijumpai di kawasan tropis. Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi jerawat. Lidah buaya dapat digunakan dalam bentuk pasta atau minyak. Namun, sebelum menggunakannya untuk mengatasi jerawat, pastikan untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu.

VideoManfaat Lidah Buaya Buat Jerawat