Manfaat Centella Asiatica untuk Bekas Jerawat

Manfaat Centella Asiatica Untuk Bekas Jerawat
Source: bing.com

Banyak orang yang mencari cara untuk menyembuhkan jerawat, namun kenyataannya, tidak semua jerawat bisa disembuhkan seketika. Apalagi, ketika jerawat sudah meninggalkan bekas, proses penyembuhannya akan lebih lama. Untuk itu, berbagai cara pun ditempuh untuk menyembuhkan bekas jerawat. Salah satunya dengan menggunakan Centella Asiatica.

Centella Asiatica adalah tanaman yang memiliki kandungan antioksidan dan anti-inflamasi. Tanaman ini sering disebut sebagai tanaman ajaib karena khasiatnya yang luar biasa. Tanaman ini sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk berbagai keperluan kesehatan. Sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan bekas jerawat, Centella Asiatica cukup efektif.

Kandungan Centella Asiatica yang Bermanfaat untuk Bekas Jerawat

Centella Asiatica memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan di dalam tanaman ini antara lain asam asiaticoside, asam madecassoside, asam madecassic, asam asiatic, asam kolin, dan triterpenoid. Kandungan-kandungan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk menyembuhkan bekas jerawat.

Kandungan asam asiaticoside misalnya, berfungsi untuk merangsang pertumbuhan jaringan, mengurangi peradangan, dan melindungi kulit dari radikal bebas. Sedangkan asam madecassic dan asam madecassoside berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah di kulit, serta memperbaiki kolagen.

Selain itu, kandungan asam asiatic juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Asam kolin pada Centella Asiatica juga dapat membantu menenangkan kulit yang iritasi dan mengurangi ruam akibat jerawat.

Cara Penggunaan Centella Asiatica untuk Bekas Jerawat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan Centella Asiatica untuk menyembuhkan bekas jerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan bubuk Centella Asiatica. Caranya, campurkan satu sendok makan bubuk Centella Asiatica dengan air hangat. Aduk hingga rata, lalu oleskan campuran tersebut pada area yang bermasalah. Biarkan selama 15-20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

BACA JUGA:  Krim Jerawat OXY, Solusi Untuk Jerawat Anda!

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ekstrak Centella Asiatica. Caranya, tambahkan ekstrak Centella Asiatica ke air hangat, lalu aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada area yang bermasalah, lalu biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Anda juga bisa membuat masker Centella Asiatica dengan menggabungkan bubuk Centella Asiatica dengan madu dan sedikit air. Oleskan masker tersebut pada area bermasalah, lalu biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Manfaat Lain dari Centella Asiatica

Selain dapat menyembuhkan bekas jerawat, Centella Asiatica juga dapat membantu mengencangkan kulit. Kandungan triterpenoid di dalam tanaman ini dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit akan terlihat lebih kencang dan lebih muda.

Selain itu, Centella Asiatica juga dapat membantu mengurangi kerutan di wajah. Kandungan anti-inflamasi di dalam tanaman ini bermanfaat untuk mengurangi kerutan yang disebabkan oleh faktor usia.

Kesimpulan

Centella Asiatica memiliki banyak manfaat untuk kulit. Tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas jerawat, mengencangkan kulit, dan mengurangi kerutan. Oleh karena itu, Centella Asiatica sangat baik digunakan untuk perawatan kulit.

Kesimpulan

Centella Asiatica adalah tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kulit. Tanaman ini dapat digunakan untuk menyembuhkan bekas jerawat, mengencangkan kulit, dan mengurangi kerutan. Oleh karena itu, Centella Asiatica sangat baik digunakan untuk perawatan kulit.

VideoManfaat Centella Asiatica untuk Bekas Jerawat