Makanan yg Dapat Menimbulkan Jerawat

Makanan Yg Dapat Menimbulkan Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah gangguan kulit yang umumnya dipengaruhi oleh hormon. Penyebabnya beraneka ragam, mulai dari alergi hingga masalah kesehatan internal. Namun, ada beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko jerawat. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat menimbulkan jerawat.

Karbohidrat Berlebihan

Makanan yang tinggi karbohidrat seperti roti, pasta, nasi dan mie dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Karbohidrat ini akan meningkatkan produksi insulin dan Androgen yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan pada kulit. Akibatnya, minyak ini bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Makanan Pengawet

Makanan yang mengandung pengawet seperti MSG, nitrat dan nitrit dapat menimbulkan reaksi alergi yang dapat memicu jerawat. Sebagai contoh, makanan olahan seperti sosis, daging asap, dan makanan ringan seperti keripik kentang dapat mengandung bahan pengawet yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit.

Makanan Tinggi Gula

Makanan yang tinggi gula seperti cokelat, kue, es krim, dan permen dapat menyebabkan penyakit kulit seperti jerawat. Gula akan meningkatkan produksi insulin dan hormon Androgen yang akan meningkatkan produksi minyak pada kulit. Minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang tinggi lemak seperti mentega, margarin, dan minyak sayur dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan pada kulit. Minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, makanan tinggi lemak juga dapat meningkatkan produksi hormon Androgen yang dapat memicu jerawat.

Makanan Tinggi Kalori

Makanan yang tinggi kalori seperti makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan manis dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Selain itu, makanan tinggi kalori juga dapat meningkatkan produksi hormon Androgen yang dapat memicu jerawat.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Hitam dalam Semalam

Makanan Berlemak Trans

Makanan yang mengandung lemak trans, seperti margarin, mentega, dan makanan olahan seperti roti dan kue kering, dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Lemak trans akan meningkatkan produksi minyak pada kulit. Minyak ini akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Makanan Berprotein Tinggi

Makanan yang tinggi protein seperti daging, ikan, telur, dan produk olahan seperti susu, dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Protein akan meningkatkan produksi hormon Androgen yang dapat memicu jerawat. Selain itu, makanan berprotein tinggi juga dapat menyebabkan peradangan pada kulit.

Makanan Beralkohol

Makanan yang mengandung alkohol seperti minuman beralkohol dan produk olahan seperti bir dan anggur dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Alkohol dapat meningkatkan produksi minyak dan menyebabkan keradangan. Akibatnya, iritasi ini bisa menyebabkan jerawat.

Kesimpulan

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan jerawat. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi kalori, berlemak trans, berprotein tinggi, dan beralkohol semuanya dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan dan keradangan pada kulit. Untuk menghindari jerawat, hindari makan makanan ini dan cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

VideoMakanan yg Dapat Menimbulkan Jerawat