Makanan yang Harus Dihindari Penderita Jerawat

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Jerawat
Source: bing.com

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi. Jerawat bisa muncul di wajah ataupun di bagian tubuh lainnya. Banyak faktor yang bisa menyebabkan jerawat, salah satunya adalah pola makan yang salah. Ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi mereka yang menderita jerawat.

1. Makanan yang Mengandung Gula dan Karbohidrat Berlebihan

Gula dan karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun, jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan keseimbangan hormon di tubuh terganggu, sehingga meningkatkan risiko jerawat. Konsumsi gula berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko infeksi pada kulit. Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung gula berlebihan seperti minuman bersoda, permen, es krim, dan pastry.

2. Makanan Bengkel dan Makanan Cepat Saji

Makanan bengkel dan makanan cepat saji berisiko menyebabkan jerawat karena mengandung banyak minyak dan lemak jenuh. Makanan bengkel dan cepat saji juga biasanya mengandung garam yang berlebihan. Garam berlebihan dapat menyebabkan keradangan pada kulit dan menyebabkan jerawat. Makanan yang harus dihindari adalah makanan bengkel seperti hamburger, sosis, dan pizza, serta makanan cepat saji seperti kentang goreng, nugget ayam, dan hot dog.

3. Makanan Berlemak dan Berminyak

Makanan berlemak dan berminyak juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Makanan berlemak mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan risiko jerawat. Selain itu, makanan berlemak dan berminyak juga mengandung banyak kalori, sehingga dapat menyebabkan obesitas dan kondisi kulit yang tidak sehat. Makanan berlemak dan berminyak yang harus dihindari adalah makanan berlemak tinggi seperti hati, daging asap, dan jeroan, serta makanan berminyak tinggi seperti makanan gorengan.

BACA JUGA:  Bagaimana Bekas Jerawat Bisa Hilang Dengan Sendirinya?

4. Makanan Beralkohol

Makanan beralkohol juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Alkohol dapat menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko infeksi pada kulit. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi, yang dapat menyebabkan kulit kering dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan beralkohol yang harus dihindari adalah anggur, bir, arak, bir malt, dan minuman beralkohol lainnya.

5. Makanan Siap Saji

Makanan siap saji juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Makanan siap saji biasanya mengandung banyak garam, gula, dan bahan kimia. Garam, gula, dan bahan kimia ini dapat menyebabkan keradangan pada kulit dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan siap saji yang harus dihindari adalah makanan dari toko, makanan kaleng, dan makanan instan.

6. Makanan Berpengawet

Makanan berpengawet juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Makanan berpengawet biasanya mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan keradangan pada kulit dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan berpengawet yang harus dihindari adalah makanan kaleng, makanan beku, dan makanan asin.

7. Makanan Berlemak Trans

Makanan berlemak trans juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Makanan berlemak trans mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan berlemak trans yang harus dihindari adalah margarin, shortening, dan produk lain yang mengandung lemak trans.

8. Makanan Bermsg

Makanan bermsg juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Msg adalah bahan tambahan makanan yang digunakan untuk meningkatkan rasa makanan. Msg dapat menyebabkan keradangan pada kulit dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan bermsg yang harus dihindari adalah makanan instan, makanan berbumbu, dan makanan olahan lainnya.

9. Makanan Olahan

Makanan olahan juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Makanan olahan biasanya mengandung banyak gula, garam, dan bahan kimia yang dapat menyebabkan keradangan pada kulit dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan olahan yang harus dihindari adalah makanan kemasan, makanan berbumbu, dan makanan siap saji.

BACA JUGA:  Cara Membuat Jerawat Tidak Tumbuh Lagi

10. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan berlemak tinggi juga harus dihindari oleh penderita jerawat. Makanan berlemak tinggi mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan gangguan hormon dan meningkatkan risiko jerawat. Makanan berlemak tinggi yang harus dihindari adalah hati, daging asap, dan jeroan.

Kesimpulan

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi. Pola makan yang salah juga dapat menyebabkan jerawat. Ada beberapa makanan yang harus dihindari bagi mereka yang menderita jerawat, seperti makanan yang mengandung gula berlebihan, makanan bengkel dan cepat saji, makanan berlemak dan berminyak, makanan beralkohol, makanan siap saji, makanan berpengawet, makanan berlemak trans, makanan bermsg, makanan olahan, dan makanan berlemak tinggi.

VideoMakanan yang Harus Dihindari Penderita Jerawat