Mengenal Makanan Pemicu Jerawat

Mengenal Makanan Pemicu Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah umum yang bisa dialami oleh semua orang, terlepas dari usia dan gender. Selain pengaruh dari hormon tubuh, makanan juga bisa memicu timbulnya jerawat. Untuk itu, dalam menjaga kecantikan dan kesehatan kulit, perlu diketahui makanan yang menjadi pemicu jerawat agar dapat dihindari.

Makanan Penyebab Jerawat

Makanan yang menjadi penyebab jerawat biasanya berasal dari bahan-bahan yang mengandung banyak zat gula, minyak, dan garam. Makanan seperti gorengan, cemilan berlemak, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung banyak garam bisa meningkatkan produksi sebum pada kulit, yang bisa memicu timbulnya jerawat. Selain itu, makanan yang mengandung banyak gula juga bisa meningkatkan produksi insulin di dalam tubuh, yang juga merupakan pemicu jerawat.

Makanan yang Harus Dihindari

Untuk menghindari jerawat, pilihan makanan yang harus dihindari antara lain makanan yang mengandung banyak gula, seperti cokelat, soft drink, manisan, serta makanan yang diolah dengan berlebihan seperti donat, kue, dan pai. Selain itu, makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan, makanan berlemak, serta makanan yang mengandung banyak garam seperti keripik, makanan kalengan, dan makanan siap saji juga harus dihindari.

Menghindari Jerawat dengan Diet Sehat

Untuk menghindari jerawat, cara yang terbaik adalah dengan menjalani pola makan yang sehat dan bergizi. Makanan yang bisa dimakan antara lain sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, dan produk susu rendah lemak. Selain itu, cukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih secukupnya. Dengan melakukan diet sehat ini, kulit akan terhidrasi, sehingga bisa mengurangi produksi sebum kulit dan menghindari timbulnya jerawat.

BACA JUGA:  Cara Mengeringkan Luka Jerawat Dengan Efektif

Tips Lain untuk Mengurangi Jerawat

Selain menjalani diet sehat, ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk mengurangi jerawat. Pertama, rutin membersihkan wajah dua kali sehari dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Kedua, hindari menyentuh wajah terlalu sering dengan tangan yang kotor. Ketiga, rutin menggunakan pelembap wajah setelah membersihkan wajah. Keempat, hindari menggunakan produk-produk kosmetik yang mengandung pewarna, pewangi, dan kimia berbahaya. Dan yang terakhir, hindari merokok dan berlebihan dalam minum alkohol.

Kesimpulan

Jerawat bisa dikurangi dengan menghindari makanan yang menjadi pemicu jerawat seperti gorengan, cemilan berlemak, minuman beralkohol, dan makanan yang mengandung banyak gula, garam, dan minyak. Selain menghindari makanan tersebut, jaga kesehatan kulit dengan menjalani pola makan sehat dan bergizi, rutin membersihkan wajah, serta menghindari produk kosmetik berbahaya. Dengan melakukan langkah-langkah ini, maka jerawat akan berkurang dan kulit akan terlihat lebih sehat dan cantik.

VideoMengenal Makanan Pemicu Jerawat