Macam2 Jerawat dan Cara Mengatasinya

Macam2 Jerawat Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Kebanyakan orang mengalami masalah jerawat di wajah, leher, bahu, atau punggung. Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum di dunia. Jenis jerawat yang berbeda memiliki tingkat keparahan yang berbeda, dan masing-masing memerlukan perawatan khusus. Mengetahui macam2 jerawat dan cara mengatasinya merupakan hal yang penting jika Anda ingin menjaga kondisi kulit wajah sehat dan berseri.

Apa Itu Jerawat?

Jerawat adalah kondisi kulit yang ditandai dengan munculnya komedo, bintik-bintik kemerahan, atau gelembung-gelembung berisi cairan di wajah, leher, bahu, dan punggung. Komedo adalah pori-pori wajah yang tersumbat dengan debu, minyak, dan sel kulit mati, sedangkan bintik-bintik kemerahan adalah sel-sel kulit mati yang menggumpal. Gelembung-gelembung berisi cairan adalah akibat dari infeksi bakteri.

Macam2 Jerawat

Ada berbagai macam jerawat yang dapat Anda alami. Ini adalah beberapa jenis jerawat yang paling umum:

Komedo

Komedo adalah pori-pori kulit yang tersumbat dengan debu, minyak, dan sel kulit mati. Ini adalah jenis jerawat yang paling umum dan sering dijumpai pada remaja dan orang dewasa. Komedo dapat berupa komedo tertutup (hitam) atau komedo terbuka (putih). Komedo tidak meradang dan biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

Jerawat Meradang

Jerawat meradang adalah jerawat yang terdiri dari bintik-bintik kemerahan di wajah. Ini disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh kotoran dan minyak. Jerawat meradang dapat menimbulkan rasa sakit dan gatal. Kondisi ini juga dapat menyebabkan ruam merah pada kulit, bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

BACA JUGA:  Humor Jerawat, Cara Tepat untuk Merawat Kulit Anda

Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jerawat yang terdiri dari bintik-bintik merah yang lebih besar daripada jerawat meradang. Gelembung-gelembung berisi cairan biasanya terbentuk di sekitar jerawat batu. Biasanya bintik-bintik ini akan menimbulkan rasa sakit dan gatal. Jerawat batu juga dapat menyebabkan ruam merah pada kulit dan bisa meninggalkan bekas luka.

Jerawat Keloid

Jerawat keloid adalah jerawat yang menimbulkan benjolan di permukaan kulit. Bentuk benjolan ini terdiri dari jaringan parut yang lebih tebal dan lebih tebal dari kulit di sekitarnya. Benjolan ini biasanya berwarna merah, hitam, atau putih. Benjolan ini tidak menyebabkan rasa sakit, namun dapat menjadi sangat mengganggu.

Cara Mengatasi Macam2 Jerawat

Untuk mengatasi macam2 jerawat, Anda harus mengetahui jenis jerawat yang Anda alami. Kemudian, Anda harus melakukan perawatan kulit yang tepat untuk mengurangi tingkat keparahan jerawat. Ini adalah beberapa cara untuk mengatasi macam2 jerawat:

Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan wajah adalah cara yang paling penting untuk mengurangi tingkat keparahan jerawat. Anda harus mencuci wajah Anda dengan sabun muka ringan dan air hangat sekali atau dua kali sehari. Anda juga harus memastikan untuk menghilangkan semua makeup sebelum tidur agar kulit wajah tetap bersih dan sehat.

Menggunakan Topikal

Untuk mengurangi tingkat keparahan jerawat, Anda dapat menggunakan produk topikal seperti sabun muka, lotion, atau krim yang berkhasiat untuk mengurangi produksi minyak di wajah. Anda juga dapat menggunakan produk topikal yang mengandung retinol, asam salisilat, atau benzoil peroksida untuk mengurangi bintik-bintik kemerahan dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Treatment Medis

Jika Anda mengalami tingkat keparahan jerawat yang parah, maka Anda dapat mencoba treatment medis seperti injection steroid, laser, atau krim yang diberikan oleh dokter. Ini adalah cara yang efektif untuk mengurangi tingkat keparahan jerawat dan membantu kulit Anda kembali ke kondisi semula. Namun, Anda harus berhati-hati ketika menggunakan treatment medis, karena ini bisa memiliki efek samping yang berbahaya.

BACA JUGA:  Solusi Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Batu

Menghindari Faktor Pencetus

Untuk mengurangi tingkat keparahan jerawat, Anda harus menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan jerawat. Ini termasuk minum kopi atau alkohol, makan makanan berlemak atau berminyak, dan merokok. Anda juga harus menghindari stres dan tidur yang cukup untuk membantu menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat.

Kesimpulan

Macam2 jerawat dan cara mengatasinya adalah hal yang penting untuk dipahami agar kondisi kulit wajah tetap sehat dan berseri. Untuk mengatasi macam2 jerawat, Anda harus mengetahui jenis jerawat yang Anda alami dan melakukan perawatan kulit yang tepat. Anda juga harus menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk topikal, dan menghindari faktor pencetus jerawat. Jika masalah jerawat Anda sudah parah, Anda dapat mencoba treatment medis yang diberikan oleh dokter.

VideoMacam2 Jerawat dan Cara Mengatasinya