Macam Macam Jerawat di Wajah dan Penyebabnya

Macam Macam Jerawat Di Wajah Dan Penyebabnya
Source: bing.com

Pengertian Jerawat

Jerawat adalah salah satu jenis masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat didefinisikan sebagai kondisi yang disebabkan oleh pori-pori tersumbat pada kulit, yang berakibat timbulnya bintik-bintik merah di wajah. Jerawat dapat bervariasi, mulai dari bentuk yang lebih ringan hingga bentuk yang lebih parah. Sebagian besar jerawat dapat diatasi dengan cara menjaga kebersihan dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat.

Jenis-jenis Jerawat di Wajah

Terdapat berbagai macam jenis jerawat yang dapat terjadi di wajah. Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang sering kita jumpai:

1. Jerawat Kumur: Jerawat kumur adalah jenis jerawat yang memiliki ukuran yang kecil dan berwarna merah. Jerawat ini biasanya berbentuk bintik kecil dan sering terjadi di sekitar mulut dan hidung.

2. Jerawat Besar: Jenis jerawat ini memiliki ukuran yang lebih besar dari jenis jerawat lainnya, dan biasanya terjadi di daerah seperti dahi dan pipi. Jerawat ini juga dikenal sebagai jerawat berisi atau jerawat batu.

3. Jerawat Lidah: Jerawat lidah adalah jenis jerawat yang terjadi di daerah sekitar bibir. Jerawat ini biasanya berbentuk bintik merah kecil, dan sering disebabkan oleh bakteri propionibacterium acnes atau kulit kering.

4. Jerawat Bulu: Jerawat bulu adalah jenis jerawat yang sering terjadi di daerah sekitar hidung dan dahi. Jerawat ini biasanya berbentuk bintik kecil yang berwarna putih atau abu-abu.

5. Jerawat Akar: Jenis jerawat ini biasanya terjadi di daerah sekitar pipi, dahi, dan punggung. Jerawat akarnya berbentuk bintik merah yang terlihat seperti bekas jerawat berisi yang telah pecah.

BACA JUGA:  Sariayu untuk Jerawat, Cara Terbaik untuk Kesembuhan alami!

Penyebab Jerawat

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat di wajah. Beberapa faktor penyebab jerawat di antaranya adalah:

1. Hormon: Hormon dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hormon tertentu juga dapat menyebabkan pembesaran kelenjar minyak, yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Kotoran: Kotoran yang mengendap di pori-pori wajah juga dapat menyebabkan jerawat. Kotoran ini dapat menyumbat pori-pori, yang dapat menyebabkan bintik-bintik merah di wajah.

3. Bakteri: Bakteri dapat menjadi penyebab jerawat, karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi pada kulit. Bakteri propionibacterium acnes adalah jenis bakteri yang sering menyebabkan jerawat.

4. Polusi: Polusi udara juga dapat menyebabkan jerawat, karena partikel-partikel kotoran yang terdapat di udara dapat menyumbat pori-pori wajah.

5. Produk Perawatan Kulit yang Salah: Produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat menyebabkan jerawat. Produk-produk ini dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi pada kulit yang dapat menyebabkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat

Cara paling efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan menghindari iritasi kulit. Beberapa cara lain yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat adalah:

1. Menggunakan produk yang mengandung antioksidan: Produk yang mengandung antioksidan seperti kulit peptida, vitamin C, dan ekstrak lidah buaya dapat membantu mengurangi inflamasi pada kulit dan mengurangi kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menghindari produk yang mengandung minyak: Produk perawatan kulit yang mengandung minyak dapat memperburuk kondisi jerawat, karena akan menambah sebum pada kulit dan menyumbat pori-pori.

3. Menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida: Benzoil peroksida dapat membantu mengurangi bakteri pada kulit dan juga dapat membantu mengurangi iritasi dan inflamasi pada kulit.

BACA JUGA:  Rangkuman Kulit Sensitif Jerawat

4. Menggunakan exfoliator: Exfoliator dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyumbat pori-pori. Ini dapat membantu mencegah timbulnya jerawat baru.

5. Menggunakan masker wajah: Masker wajah dapat membantu membersihkan dan melembabkan kulit, dan juga dapat membantu mengurangi keriput dan membuat kulit terlihat lebih cerah.

Kesimpulan

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Jerawat dapat bervariasi, mulai dari bentuk yang lebih ringan hingga bentuk yang lebih parah. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan jerawat di antaranya adalah hormon, kotoran, bakteri, polusi, dan produk perawatan kulit yang salah. Cara paling efektif untuk mengatasi jerawat adalah dengan menjaga kebersihan wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai, dan menghindari iritasi kulit.

VideoMacam Macam Jerawat di Wajah dan Penyebabnya