Macam Macam Jerawat di Hidung dan Cara Mengatasinya

Macam Macam Jerawat Di Hidung Dan Cara Mengatasinya
Source: bing.com

Jerawat di hidung adalah salah satu masalah kulit yang umum terjadi. Jerawat di hidung bisa muncul karena banyak alasan, mulai dari produksi minyak berlebihan, kurang membersihkan wajah, hingga kurang menjaga pola makan. Untuk menghindari jerawat di hidung, perlu mengetahui tipe jerawat yang sering terjadi dan bagaimana mengatasinya.

Macam Macam Jerawat di Hidung

Berikut adalah beberapa macam jerawat di hidung dan cara mengatasinya:

1. Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jerawat yang berbentuk seperti batu dan tersumbat dengan kotoran dan minyak. Biasanya, jerawat batu muncul akibat pori-pori tersumbat oleh debu dan minyak. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan sabun atau scrub pembersih wajah untuk membersihkan pori-pori. Selain itu, perlu diingat untuk menggunakan bedak tabur dan bedak padat yang tepat untuk menghindari pori-pori tersumbat.

2. Jerawat Keputihan

Jerawat keputihan adalah jerawat yang berwarna putih dan berbentuk seperti kelopak mata. Biasanya, jerawat ini muncul akibat produksi minyak berlebihan dan kurangnya kebersihan wajah. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, perlu diingat untuk menggunakan produk kosmetik yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit.

3. Jerawat Kista

Jerawat kista adalah jerawat yang berbentuk seperti kantung atau benjolan yang berisi cairan. Biasanya, jerawat ini muncul akibat bakteri yang menyebabkan infeksi pada pori-pori. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat-obatan yang sesuai untuk mengobati infeksi. Selain itu, perlu diperhatikan untuk menjaga kebersihan kulit dengan rutin.

BACA JUGA:  Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Dagu

4. Jerawat Basah

Jerawat basah adalah jerawat yang berisi cairan kental dan berbentuk seperti kelopak mata. Biasanya, jerawat ini muncul akibat produksi minyak berlebihan dan kurangnya kebersihan wajah. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan produk pelembab yang tepat untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, perlu diingat untuk menggunakan produk kosmetik yang tepat untuk menghindari produksi minyak berlebihan.

5. Jerawat Nanah

Jerawat nanah adalah jerawat yang berisi cairan kental dan berwarna kecoklatan. Biasanya, jerawat ini muncul akibat infeksi bakteri atau kurang menjaga pola makan. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat-obatan yang sesuai untuk mengobati infeksi. Selain itu, perlu diperhatikan untuk menjaga pola makan dengan benar dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Cara Mencegah Jerawat di Hidung

Untuk mencegah jerawat di hidung, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Membersihkan Wajah

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mencegah jerawat di hidung adalah dengan rutin membersihkan wajah. Membersihkan wajah dengan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dan rutin menggunakan toner untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran. Selain itu, perlu diperhatikan untuk tidak terlalu sering menggunakan produk kosmetik.

2. Menjaga Pola Makan

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi juga sangat penting untuk mencegah jerawat di hidung. Menghindari makanan berlemak, berminyak, dan berkarbohidrat tinggi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat di hidung. Selain itu, perlu diingat untuk mengonsumsi cukup air putih untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Menghindari Stres

Stres juga bisa menyebabkan produksi minyak berlebihan dan meningkatkan risiko jerawat di hidung. Untuk mencegah jerawat di hidung, perlu diingat untuk menghindari stres dengan berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu, perlu diperhatikan untuk mencari cara lain untuk menghilangkan stres, seperti bermeditasi atau berbicara dengan orang lain.

BACA JUGA:  Pasta Gigi Apakah Bisa Menghilangkan Jerawat?

Kesimpulan

Jerawat di hidung bisa muncul karena banyak alasan, mulai dari produksi minyak berlebihan, kurang membersihkan wajah, hingga kurang menjaga pola makan. Untuk mencegah jerawat di hidung, perlu mengetahui macam macam jerawat yang sering terjadi dan bagaimana mengatasinya. Selain itu, perlu diingat untuk rutin membersihkan wajah, menjaga pola makan, dan menghindari stres.

VideoMacam Macam Jerawat di Hidung dan Cara Mengatasinya