Macam-Macam Jerawat dan Cara Menanggulanginya

Macam-Macam Jerawat Dan Cara Menanggulanginya
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum ditemui. Meskipun umumnya terjadi pada remaja, jerawat dapat terjadi pada semua orang, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Jerawat disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat di kulit yang ditandai dengan kelenjar minyak berlebih. Jerawat berbeda-beda, mulai dari bentuk, ukuran, dan jenisnya. Berikut adalah macam-macam jerawat dan cara mengatasinya.

Jenis-jenis Jerawat

Berdasarkan jenisnya, jerawat terbagi menjadi beberapa jenis, di antaranya:

1. Whiteheads

Whiteheads adalah jenis jerawat yang berwarna putih. Whiteheads disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan mengandung sekret berlebih. Whiteheads terlihat seperti benjolan putih yang tersumbat di permukaan kulit.

2. Blackheads

Blackheads adalah jenis jerawat yang berwarna hitam. Blackheads disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan mengandung sebum berlebih. Blackheads terlihat seperti benjolan hitam yang tersumbat di permukaan kulit.

3. Papules

Papules adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan kecil dan merah. Papules disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit. Papules terlihat seperti benjolan kecil dan merah yang tumbuh di permukaan kulit.

4. Pustules

Pustules adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan kecil berisi nanah. Pustules disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit. Pustules terlihat seperti benjolan kecil berisi nanah yang tumbuh di permukaan kulit.

5. Nodules

Nodules adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan besar dan keras. Nodules disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit. Nodules terlihat seperti benjolan besar dan keras yang tumbuh di permukaan kulit.

BACA JUGA:  Jerawat Badan Parah: Cara Menangani Jerawat Badan yang Berlebihan

6. Cysts

Cysts adalah jenis jerawat yang berbentuk benjolan besar dan berisi cairan. Cysts disebabkan oleh bakteri yang menyebabkan peradangan pada kulit. Cysts terlihat seperti benjolan besar berisi cairan yang tumbuh di permukaan kulit.

Cara Mengatasi Jerawat

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Rutin membersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda setiap hari dapat membantu mengurangi jerawat. Membersihkan wajah secara teratur dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah Anda sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

2. Gunakan Produk Perawatan Kulit

Menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda dapat membantu mengurangi jerawat. Produk perawatan kulit seperti toner, exfoliator, dan penyegar wajah dapat membantu menghilangkan kotoran dan minyak berlebih di wajah Anda sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat.

3. Berolahraga

Berolahraga dapat membantu mengurangi jerawat. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan aliran oksigen ke kulit, dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu mengurangi jerawat.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi makanan sehat dapat membantu mengurangi jerawat. Makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, dan produk olahan susu dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat membantu mengurangi jerawat.

5. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda masih mengalami masalah jerawat yang berat, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan Anda obat-obatan atau suntikan steroid untuk mengurangi jerawat. Konsultasi dengan dokter dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah jerawat.

Conclusion

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum. Jerawat dapat terjadi pada semua orang, baik anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Jerawat dibagi menjadi beberapa jenis, di antaranya whiteheads, blackheads, papules, pustules, nodules, dan cysts. Anda dapat mengatasi jerawat dengan cara rutin membersihkan wajah, menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit, berolahraga, dan konsumsi makanan sehat. Jika masih mengalami masalah jerawat yang berat, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

BACA JUGA:  Rekomendasi Serum Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

VideoMacam-Macam Jerawat dan Cara Menanggulanginya