Macam-macam Jenis Jerawat

Macam-Macam Jenis Jerawat
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum di dunia. Kebanyakan orang mengalami jerawat pada masa remaja, tetapi beberapa orang juga mengalaminya di usia yang lebih tua. Jerawat dapat menimbulkan masalah psikologis, seperti rasa malu, rendah diri, dan kecemasan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis jerawat dan cara mengatasinya.

Secara umum, jerawat disebabkan oleh peningkatan produksi minyak oleh kelenjar sebasea yang menyumbat pori-pori kulit. Namun, ada berbagai jenis jerawat yang berbeda, masing-masing dengan gejala dan tingkat parahnya yang berbeda. Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang paling umum:

1. Jerawat Biasa

Ini adalah jenis jerawat yang paling umum. Mereka biasanya berupa benjolan kecil yang merah atau berwarna coklat, dan mengandung cairan atau nanah. Mereka biasanya terdiri dari satu atau dua lesi, tetapi dapat menyebar ke seluruh area wajah. Jerawat biasa selalu menimbulkan rasa gatal dan nyeri.

2. Jerawat Komedo

Jerawat komedo adalah benjolan kecil yang berisi cairan keruh atau nanah. Mereka biasanya terjadi di daerah T-zone, yaitu daerah di mana pori-pori kulit lebih besar, seperti pipi, dahi, dan hidung. Jerawat komedo dapat menyebabkan iritasi ringan, tetapi dapat menyebar ke seluruh area wajah.

3. Jerawat Batu

Jerawat batu adalah benjolan merah yang mengandung nanah. Mereka lebih besar dan lebih dalam daripada jerawat biasa, dan biasanya terjadi di bagian belakang wajah, leher, dan punggung. Jerawat batu dapat menimbulkan rasa sakit yang parah, dan jika Anda mencoba untuk menekannya, maka nanah dapat menyebar ke seluruh area wajah.

BACA JUGA:  Cara Alami Ngilangin Jerawat

4. Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris adalah jerawat yang paling parah dan jarang terjadi. Mereka biasanya berupa benjolan kecil yang berisi nanah, dan biasanya terjadi di wajah, leher, dan punggung. Jerawat vulgaris dapat menyebabkan peradangan parah dan bengkak, dan dapat memicu masalah psikologis seperti kecemasan dan depresi.

5. Jerawat Cystic

Jerawat cystic adalah jenis jerawat yang paling parah. Mereka biasanya berupa benjolan besar yang berisi nanah, dan dapat menimbulkan rasa sakit yang parah. Mereka biasanya terjadi di wajah, leher, dan punggung, dan dapat menyebabkan peradangan parah dan bengkak. Jerawat cystic juga dapat memicu masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan.

6. Jerawat Hormon

Jerawat hormon adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh kenaikan atau penurunan hormon dalam tubuh. Mereka biasanya berupa benjolan kecil yang berisi cairan, dan biasanya terjadi di wajah dan punggung. Jerawat hormon dapat menyebabkan iritasi ringan, tetapi dapat menyebar ke seluruh area wajah.

7. Jerawat Keloid

Jerawat keloid adalah jenis jerawat yang jarang terjadi. Mereka biasanya berupa benjolan kecil yang berisi nanah, dan biasanya terjadi di wajah dan punggung. Jerawat keloid dapat menyebabkan bengkak dan peradangan parah, dan dapat memicu masalah psikologis seperti depresi dan kecemasan.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum di seluruh dunia. Ada berbagai jenis jerawat yang berbeda, masing-masing dengan gejala dan tingkat parahnya yang berbeda. Penting untuk mengetahui jenis jerawat dan cara mengatasinya agar masalah jerawat dapat diselesaikan dengan efektif.

VideoMacam-macam Jenis Jerawat