Mengenal Macam-Macam Jerawat di Wajah

Mengenal Macam-Macam Jerawat Di Wajah
Source: bing.com

Kebanyakan orang pasti mengalami jerawat di wajah. Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh remaja dan orang dewasa. Jerawat dapat berupa bintik kecil, bintik besar, atau bahkan bintik-bintik berbentuk lainnya. Ada banyak jenis jerawat yang berbeda yang dapat menyerang wajah.

Macam-Macam Jerawat di Wajah

Jerawat dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis berdasarkan bagaimana bentuknya. Berikut adalah beberapa jenis jerawat yang umum:

1. Jerawat Biasa

Jerawat biasa adalah jerawat yang paling umum dan sering ditemukan. Ini adalah jerawat kecil berwarna coklat yang biasanya muncul di sekitar leher, dahi, atau pipi. Jerawat biasa sering disebabkan oleh kulit berminyak, komedo terbuka, dan akumulasi sebum di wajah.

2. Jerawat Bintik-Bintik

Jerawat bintik-bintik adalah jerawat kecil berwarna merah atau hitam yang muncul di seluruh permukaan wajah. Ini biasanya disebabkan oleh sebum yang menumpuk pada pori-pori yang terkikis. Jerawat bintik-bintik juga disebut sebagai komedo atau blackheads.

3. Jerawat Batu

Jerawat batu adalah jerawat yang lebih besar dan lebih berwarna daripada jerawat biasa. Ini biasanya disebabkan oleh kerak yang menumpuk di dalam pori-pori. Jerawat batu yang parah dapat menyebabkan rasa sakit dan bengkak di wajah.

4. Jerawat Inflamasi

Jerawat inflamasi adalah jerawat yang lebih besar dibandingkan jerawat biasa dan bintik-bintik. Ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Jerawat inflamasi dapat berwarna merah dan terasa sakit ketika disentuh. Ini juga dapat memerah ketika mengalami infeksi.

BACA JUGA:  Harga Sariayu Busa Pembersih Jerawat

5. Jerawat Pasir

Jerawat pasir adalah jerawat yang berbentuk seperti pasir berwarna merah kecoklatan. Ini biasanya disebabkan oleh pengumpulan sebum yang menyebabkan jerawat menjadi lebih besar. Jerawat pasir juga dapat menyebabkan rasa sakit atau gatal.

6. Jerawat Hiperpigmentasi

Jerawat hiperpigmentasi adalah jerawat yang lebih besar daripada jerawat biasa dan memiliki warna gelap. Ini biasanya disebabkan oleh produksi melanin yang berlebihan. Jerawat hiperpigmentasi juga dapat menyebabkan bercak hitam atau coklat di wajah.

Cara Mencegah Jerawat

Untuk menghindari jerawat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Pertama, pastikan untuk membersihkan wajah dengan menggunakan produk yang sesuai. Membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu menghilangkan kotoran dan sebum yang menumpuk. Kedua, pastikan untuk menjaga kelembaban kulit dengan menggunakan pelembab yang sesuai. Pelembab akan membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegah kulit menjadi kering dan mengelupas. Ketiga, hindari penggunaan produk kosmetik berlebihan. Produk kosmetik berlebihan dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Terakhir, pastikan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan menyebabkan jerawat.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh remaja dan orang dewasa. Ada banyak jenis jerawat yang berbeda yang dapat menyerang wajah, termasuk jerawat biasa, bintik-bintik, batu, inflamasi, pasir, dan hiperpigmentasi. Untuk mencegah jerawat, penting untuk membersihkan wajah secara teratur, menjaga kelembaban, menghindari produk kosmetik berlebihan, dan menghindari sinar matahari langsung. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat membantu mencegah jerawat di wajah dan membuat wajah Anda terlihat lebih bersih dan sehat.

VideoMengenal Macam-Macam Jerawat di Wajah