Lemak Jerawat di Wajah: Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Lemak Jerawat Di Wajah: Apa Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?
Source: bing.com

Kita semua tahu bahwa jerawat merupakan masalah yang paling umum ditemui oleh para remaja dan orang dewasa. Meskipun kita sering berpikir bahwa jerawat adalah masalah yang hanya dialami oleh orang yang berusia di bawah 20 tahun, nyatanya banyak orang dewasa yang juga mengalami masalah jerawat. Dan, salah satu jenis jerawat yang paling umum adalah jerawat lemak.

Jerawat lemak adalah bentuk jerawat yang disebabkan oleh kelebihan minyak di kulit. Ini biasanya terjadi pada area wajah, dada, punggung, dan bahu. Jerawat lemak dapat terlihat seperti bintik-bintik merah yang berisi nanah atau pus. Jerawat lemak dapat sangat gatal dan nyeri, terutama jika Anda mencubitnya atau menekannya.

Penyebab Jerawat Lemak

Kebanyakan jerawat lemak disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, termasuk stres, diet yang tidak sehat, produk perawatan kulit, dan hormon. Kebanyakan orang mengalami jerawat lemak di usia remaja, ketika hormon mereka berubah. Jerawat lemak juga dapat terjadi pada orang dewasa, terutama pada wanita yang sedang mengalami masa premenopause.

Jerawat lemak juga dapat disebabkan oleh kulit yang tidak dibersihkan dengan baik. Jika Anda tidak mencuci wajah Anda secara teratur dan menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, minyak dan kotoran dapat menumpuk di permukaan kulit Anda dan menyebabkan jerawat lemak.

Cara Mencegah Jerawat Lemak

Untuk mencegah jerawat lemak, Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih dan bebas dari minyak. Pertama, Anda harus membersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Setelah itu, Anda harus menggunakan toner dan pelembap untuk menjaga kulit tetap lembab.

BACA JUGA:  Sebamed, Solusi Tepat untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Anda juga harus menghindari produk perawatan kulit yang bersifat mengeringkan kulit, seperti sabun yang mengandung alkohol. Alkohol dapat menyebabkan kulit Anda menjadi kering dan memperburuk jerawat lemak. Selain itu, jangan menggunakan produk yang mengandung minyak, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, dan minyak biji anggur.

Cara Mengobati Jerawat Lemak

Untuk mengobati jerawat lemak, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat. Dokter Anda mungkin meresepkan obat-obatan topikal seperti retinoid atau antibiotik topikal untuk mengobati jerawat lemak. Obat-obatan ini dapat mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat.

Selain itu, Anda juga harus menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda harus mencari produk yang diformulasikan untuk mengurangi produksi minyak, seperti produk yang mengandung salicylic acid, benzoyl peroxide, atau asam azelain. Produk ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan mengurangi jumlah jerawat di wajah Anda.

Cara Menghilangkan Jerawat Lemak

Jika jerawat lemak sudah muncul di wajah Anda, Anda harus bersihkan wajah Anda dengan sabun khusus jerawat yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Ini dapat membantu membersihkan pori-pori dan membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. Selain itu, Anda juga harus menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide untuk membantu mencegah jerawat lemak.

Anda juga harus menghindari mencubit jerawat lemak. Ini dapat menyebabkan infeksi dan memperburuk masalah jerawat Anda. Jika Anda menggunakan bedak atau makeup, pastikan untuk membersihkannya dengan benar setiap malam. Ini akan membantu mencegah jerawat lemak dan membuat masalah jerawat Anda lebih mudah diatasi.

Kesimpulan

Jerawat lemak adalah salah satu jenis jerawat yang paling umum. Ini disebabkan oleh kelebihan minyak di kulit dan dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk stres, diet yang tidak sehat, produk perawatan kulit, dan hormon. Untuk mencegah jerawat lemak, Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih dan bebas dari minyak. Untuk mengobati jerawat lemak, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan perawatan yang tepat.

BACA JUGA:  Manfaat Toner Klairs untuk Jerawat

VideoLemak Jerawat di Wajah: Apa dan Bagaimana Cara Mengatasinya?