Kenapa Kalau Menstruasi Timbul Jerawat?

Kenapa Kalau Menstruasi Timbul Jerawat?
Source: bing.com

Sebagian besar dari kita mungkin mengalami masalah jerawat pada waktu menstruasi. Hal ini juga disebut akne premenstruasi atau PMS. Jerawat PMS terjadi karena perubahan hormon pada tubuh. Faktor lain yang terkait dengan jerawat PMS termasuk kurang tidur, stres, dan kebiasaan makan yang buruk. Pada orang yang memiliki kulit berminyak, perubahan hormon ini bisa menyebabkan produksi minyak berlebih. Ini, pada gilirannya, dapat menyebabkan jerawat.

Meskipun jerawat pada waktu menstruasi dapat menyebabkan kecemasan dan kekhawatiran, ada cara untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan jerawat PMS. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pilih Produk Perawatan Kulit Yang Tepat

Untuk mengurangi jerawat, pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilih produk yang mengandung bahan alami dan rendah alkohol. Hindari produk yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, sulfat, atau phthalate. Hindari juga menggunakan produk yang mengandung minyak, karena bisa memperburuk masalah jerawat.

2. Cuci Wajah Anda Setiap Hari

Cuci wajah Anda setiap hari dengan sabun wajah lembut. Gunakan air hangat atau air dingin untuk membersihkan wajah Anda. Usahakan untuk tidak menggosok wajah Anda terlalu keras. Sabun wajah yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit dan produksi minyak berlebih. Usahakan untuk membersihkan wajah Anda dua kali sehari, pagi dan malam.

BACA JUGA:  Perawatan Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

3. Jaga Kelembaban Kulit

Ketika kulit Anda berminyak, mungkin Anda berpikir untuk menghindar dari produk pelembab. Namun, memilih produk pelembab yang tepat akan membantu Anda menjaga kelembaban kulit. Pilih produk pelembab yang ringan dan tidak berminyak. Ini akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih, yang dapat menyebabkan jerawat.

4. Gunakan Masker Wajah

Masker wajah bukan hanya untuk alasan kecantikan, tapi juga bisa membantu Anda mengatasi jerawat. Masker wajah khusus untuk jerawat akan membantu membersihkan pori-pori dan menghaluskan kulit. Gunakan masker wajah sebulan sekali untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan sehat.

5. Jauhi Produk Selain Bedak

Produk-produk selain bedak seperti foundation, maskara, dan blush dapat menyumbat pori-pori. Ini bisa menyebabkan jerawat. Usahakan untuk menggunakan produk selain bedak hanya pada situasi yang membutuhkan. Coba pilih produk yang bersifat ringan dengan bahan alami. Hindari produk yang memiliki bahan kimia berbahaya.

6. Beristirahat Yang Cukup

Kurang tidur dan stres dapat menyebabkan produksi hormon berlebih, yang pada gilirannya dapat menyebabkan jerawat. Cobalah untuk tidur sekitar 8 jam setiap hari dan mencoba untuk mengurangi stres dengan cara berolahraga. Ini dapat membantu Anda mengatasi jerawat secara alami.

7. Jangan Menekan Jerawat

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menekan jerawat, ini dapat menyebabkan infeksi dan merusak kulit Anda. Usahakan untuk menghindari menekan jerawat dan menghindari menggosok wajah Anda terlalu keras. Jika Anda harus menekan jerawat, pastikan Anda bersih dan gunakan teknik yang benar.

8. Makan Makanan Sehat

Kebiasaan makan yang buruk dapat memperburuk masalah jerawat. Makanan sehat yang mengandung nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein nabati akan membantu Anda menjaga kesehatan kulit dan mengurangi jerawat. Hindari makanan yang tinggi lemak, karbohidrat, dan gula. Ini dapat memperburuk masalah jerawat.

BACA JUGA:  Apakah Makan Durian Menyebabkan Jerawat?

9. Minum Cukup Air

Tubuh Anda membutuhkan cukup air untuk menjaga kulit sehat. Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air setiap hari untuk membantu mengurangi masalah jerawat. Juga, pastikan Anda menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi air seperti semangka dan pepaya.

10. Konsultasikan Dengan Dokter

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika Anda mengalami jerawat yang parah atau tidak bisa disembuhkan. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan produk perawatan kulit yang tepat dan menilai apakah anda memerlukan perawatan lebih lanjut, seperti obat-obatan atau suntikan.

Kesimpulan

Jerawat PMS adalah masalah kulit yang sering dialami oleh orang-orang pada saat menstruasi. Namun, ada berbagai cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi jerawat ini. Pastikan Anda menggunakan produk perawatan kulit yang tepat, menjaga kelembaban kulit, dan beristirahat yang cukup. Jika masalah jerawat ini masih berlanjut, selalu konsultasikan dengan dokter Anda.

VideoKenapa Kalau Menstruasi Timbul Jerawat?