Kenapa Jerawat Tumbuh Terus Menerus?

Kenapa Jerawat Tumbuh Terus Menerus?
Source: bing.com

Sudah banyak yang mencari tahu alasan mengapa jerawat tumbuh terus menerus. Meskipun ada banyak teori tentang penyebab jerawat, tidak ada yang pasti. Namun, ada beberapa alasan umum yang dapat menjelaskan mengapa jerawat dapat tumbuh terus menerus. Beberapa alasan umum yang dapat memicu jerawat adalah kurangnya pembersihan wajah, perubahan hormon, produk perawatan kulit tidak cocok, dan masalah kesehatan internal. Mari kita lihat lebih dekat alasan-alasan ini.

Kurangnya Pembersihan Wajah

Tidak selalu memperhatikan kebersihan wajah bisa mengakibatkan jerawat tumbuh terus menerus. Saat tidur, kotoran, minyak, dan kulit mati menumpuk di wajah. Akibatnya, pori-pori menjadi tersumbat. Bakteri menyebar di sekitar pori-pori yang tersumbat, menyebabkan peradangan dan infeksi. Jika Anda tidak membersihkan wajah Anda dengan benar, Anda dapat meningkatkan risiko jerawat. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan produk yang dirancang khusus untuk Anda.

Perubahan Hormon

Perubahan hormon dapat berdampak pada kulit, terutama untuk orang yang berada dalam masa pubertas atau mengalami masa-masa menopause. Saat hormon meningkat, seperti estrogen dan progesteron, minyak dapat menumpuk di wajah. Ini dapat menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat. Beberapa obat-obatan dapat menyebabkan perubahan hormon juga. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah obat-obatan Anda berdampak pada jerawat Anda.

Produk Perawatan Kulit Tidak Cocok

Produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan kulit Anda berjerawat. Produk yang kurang baik dapat menyumbat pori-pori wajah Anda, menyebabkan infeksi. Jika Anda menggunakan produk kulit yang salah, Anda dapat mencoba produk lain sesuai dengan jenis kulit Anda. Anda juga dapat menghindari produk yang mengandung alkohol, minyak, atau bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:  Kenali Penyebab Benjolan Mirip Jerawat di Wajah

Masalah Kesehatan Internal

Masalah kesehatan internal seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan masalah pencernaan dapat memicu jerawat. Ketika sistem tubuh Anda bermasalah, kulit Anda juga akan ikut merasakan dampaknya. Jika Anda mengalami jerawat yang tidak bisa dihilangkan dengan perawatan kulit biasa, mungkin ini adalah tanda bahwa Anda memiliki masalah kesehatan internal. Jika demikian, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk memeriksa kesehatan Anda.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi dapat berdampak pada kesehatan kulit Anda. Makanan tertentu, seperti gula, makanan berminyak, dan makanan berlemak tinggi dapat menyebabkan infeksi dan iritasi di wajah. Jika Anda mengalami masalah jerawat, Anda harus membatasi asupan makanan-makanan tersebut. Anda juga dapat mencoba makanan yang kaya akan antioksidan, seperti buah dan sayuran, untuk membantu menyembuhkan jerawat.

Stres

Stres juga dapat memicu jerawat. Saat Anda mengalami stres, hormon Anda akan meningkat, menyebabkan minyak berlebihan dan pori-pori tersumbat. Beberapa teknik relaksasi, seperti meditasi, yoga, dan berolahraga dapat membantu Anda mengatasi stres. Selain itu, Anda dapat mencoba untuk beristirahat lebih banyak dan menjaga pola tidur yang teratur agar tidak kelelahan.

Faktor-Faktor Lain

Beberapa faktor lain juga dapat memicu jerawat, seperti cuaca, kebiasaan merokok, dan obat-obatan. Cuaca yang panas dan lembab dapat menyebabkan minyak berlebihan dan pori-pori tersumbat. Merokok dapat memburuk kondisi kulit, karena asap rokok dapat memicu peradangan. Obat-obatan tertentu, seperti prednison, steroid, dan hormon, juga dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda menggunakan obat-obatan tersebut, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah itu dapat memicu jerawat Anda.

Kesimpulan

Meskipun tidak ada alasan pasti mengapa jerawat tumbuh terus menerus, ada beberapa alasan umum yang dapat memicunya, termasuk kurangnya pembersihan wajah, perubahan hormon, produk perawatan kulit tidak cocok, masalah kesehatan internal, makanan dan minuman, dan stres. Untuk menghilangkan jerawat, Anda harus mencari tahu apa yang memicu jerawat Anda dan melakukan perawatan yang tepat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah masalah kesehatan internal yang mendasarinya.

BACA JUGA:  Panduan Cepat dan Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat pada Kulit Remaja

VideoKenapa Jerawat Tumbuh Terus Menerus?