Kenapa Jerawat Tumbuh Terus?

Kenapa Jerawat Tumbuh Terus?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Hampir semua orang pada suatu titik di masa lalu atau sekarang telah mengalaminya. Jerawat terjadi karena adanya pembengkakan pada kulit yang disebabkan oleh penumpukan sebum dan kotoran. Banyak orang yang berjuang untuk menghilangkan jerawat, tetapi mereka menemukan bahwa jerawat kembali tumbuh tidak peduli apa yang mereka lakukan. Jadi, mengapa jerawat bisa tumbuh terus?

Faktor Lingkungan

Beberapa faktor lingkungan dapat mempengaruhi tingkat jerawat Anda. Udara yang berkabut dan lembab dapat memicu jerawat, karena menyebabkan kelembapan dan kelembaban yang berlebihan pada kulit. Polusi juga dapat memicu jerawat, karena menyebabkan kotoran dan debu menempel pada kulit. Temperatur dingin juga dapat membuat kulit lebih kering, yang dapat menyebabkan kekeringan yang berlebihan dan meningkatkan risiko jerawat.

Produk Kecantikan

Produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda juga dapat menjadi penyebab jerawat. Jika produk yang Anda gunakan terlalu berminyak atau tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, itu dapat menyebabkan penumpukan sebum, yang dapat menyebabkan jerawat. Bahkan produk yang terlalu lembut atau terlalu kering dapat menyebabkan iritasi, yang juga dapat menyebabkan jerawat.

Kulit Kering

Kulit kering juga merupakan penyebab umum jerawat. Kulit kering dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum, yang dapat menyebabkan penumpukan dan menyebabkan jerawat. Juga, kulit kering sering menjadi lebih sensitif dan mudah teriritasi. Ini dapat menyebabkan jerawat jika Anda menggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda.

Hormon

Hormon juga dapat memicu jerawat. Pada wanita, fase menstruasi mereka sering menyebabkan hormon yang tidak stabil, yang dapat memicu jerawat. Pada pria, hormon seperti testosteron juga dapat menyebabkan jerawat. Jenis hormon ini dapat meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan penumpukan dan menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Solusi Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Serum Pria di Indomaret

Stres

Stres juga dapat memicu jerawat. Ketika Anda stres, tubuh Anda melepaskan hormon seperti kortisol, yang dapat meningkatkan produksi sebum. Ini dapat menyebabkan penumpukan dan menyebabkan jerawat. Juga, ketika Anda stres, Anda mungkin akan tergoda untuk menggaruk atau menggosok jerawat Anda, yang dapat memperburuk masalah Anda.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman yang Anda makan juga dapat mempengaruhi tingkat jerawat Anda. Makanan yang tinggi gula, lemak, dan karbohidrat dapat memicu jerawat. Juga, minuman beralkohol, kafein, dan soda dapat menyebabkan jerawat. Ini karena mereka dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan produksi sebum, yang dapat menyebabkan penumpukan dan menyebabkan jerawat.

Kurangnya Kebersihan

Kurangnya kebersihan juga dapat memicu jerawat. Jika Anda tidak membersihkan kulit Anda dengan benar, kotoran dan sebum dapat menumpuk dan menyebabkan jerawat. Juga, jika Anda tidak mengganti pakaian dan handuk yang digunakan secara teratur, kuman dan bakteri dapat tumbuh di atasnya dan menyebabkan jerawat.

Penggunaan Kosmetik

Penggunaan kosmetik yang berlebihan juga dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda menggunakan terlalu banyak produk, itu dapat menyebabkan penumpukan pada kulit Anda dan menyebabkan jerawat. Juga, jika produk yang Anda gunakan terlalu berminyak, itu dapat memicu jerawat.

Kesimpulan

Ada banyak faktor yang dapat memicu jerawat. Faktor lingkungan, produk kecantikan, kulit kering, hormon, stres, makanan dan minuman, kurangnya kebersihan, dan penggunaan kosmetik yang berlebihan semuanya dapat memicu jerawat dan menyebabkan jerawat tumbuh terus. Untuk menurunkan risiko jerawat, penting untuk menjaga kebersihan kulit Anda, menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda, dan menjaga pola makan sehat dan seimbang.

VideoKenapa Jerawat Tumbuh Terus?