Kenapa Jerawat Terasa Nyut Nyutan?

Kenapa Jerawat Terasa Nyut Nyutan?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum dijumpai di seluruh dunia. Kondisi ini tidak hanya berdampak pada penampilan fisik, tetapi juga dapat mengganggu secara mental dan emosional. Orang-orang yang menderita jerawat biasanya merasa tidak percaya diri dan malu dengan penampilannya. Masalah ini juga disertai dengan rasa sakit yang tajam ketika jerawat berkembang. Ketika jerawat tumbuh, biasanya ia akan terasa nyut-nyutan dan menyebabkan rasa sakit yang signifikan.

Nyut-nyutan yang ditimbulkan oleh jerawat disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, bakteri Staphylococcus aureus, bakteri yang paling umum menyebabkan jerawat, dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Kedua, inflamasi yang terjadi ketika tubuh merespon bakteri tersebut menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif. Ketiga, jerawat kadang-kadang juga disertai dengan radang pada lapisan dalam kulit, yang menyebabkan peradangan.

Gejala Jerawat yang Terasa Nyut Nyutan

Gejala jerawat yang terasa nyut-nyutan bervariasi tergantung pada lokasi jerawat. Jika jerawat berada di bagian luar kulit, biasanya ia akan terasa nyeri ketika dilepaskan. Jika jerawat berada di dalam kulit, biasanya ia akan terasa agak gatal dan berdenyut. Pada beberapa kasus, jerawat juga dapat menyebabkan gatal-gatal dan bahkan bengkak. Gejala-gejala ini biasanya akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan jerawat.

Penyebab Lain Jerawat yang Terasa Nyut Nyutan

Selain inflamasi dan bakteri, terdapat beberapa penyebab lain jerawat yang terasa nyut-nyutan. Pertama, produk kosmetik yang mengandung bahan-bahan kimia yang berlebihan dapat menyebabkan iritasi kulit. Kedua, jika anda menggunakan produk perawatan wajah yang tidak sesuai dengan jenis kulit anda, ini juga dapat menyebabkan iritasi. Ketiga, makanan yang berlemak dan berminyak dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Terakhir, stres dan kelelahan juga dapat memperburuk masalah jerawat.

BACA JUGA:  Cara Menyembuhkan Jerawat Besar Secara Alami

Cara Mengatasi Jerawat yang Terasa Nyut Nyutan

Untuk mengatasi masalah jerawat yang terasa nyut-nyutan, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Pertama, anda harus menjaga kebersihan kulit anda dengan benar. Mencuci wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit anda, dan menggunakan pelembap setiap hari untuk menjaga kelembaban kulit. Kedua, anda harus menghindari produk perawatan wajah yang mengandung bahan-bahan kimia yang berlebihan. Ketiga, anda harus teratur menggunakan exfoliator untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat. Terakhir, anda harus menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk mengurangi risiko terkena jerawat.

Obat Jerawat yang Terasa Nyut Nyutan

Ada beberapa obat jerawat yang dapat anda coba untuk mengurangi rasa nyut-nyutan dan mengobati jerawat. Obat-obatan topikal seperti salep atau krim dengan zat aktif seperti benzoil peroksida, asam salisilat, atau asam retinoat dapat digunakan untuk mengurangi bakteri dan mengurangi ruam. Obat-obatan oral dapat juga digunakan untuk mengobati jerawat yang parah. Obat-obatan ini biasanya berupa antibiotik seperti minum erythromycin atau klindamisin. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi inflamasi dan merangsang pemulihan kulit.

Kapan Harus Berobat ke Dokter?

Meskipun ada berbagai cara untuk mengobati jerawat yang terasa nyut-nyutan, ada beberapa kondisi dimana anda harus segera berobat ke dokter. Jika jerawat anda disertai dengan demam, nyeri yang hebat, atau ruam yang berkembang secara dramatis, segera lakukan konsultasi ke dokter. Dokter akan memberikan diagnosis yang tepat dan menentukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda.

Kesimpulan

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dijumpai di seluruh dunia. Ketika jerawat tumbuh, ia dapat terasa nyut-nyutan dan menyebabkan rasa sakit yang mengganggu. Gejala ini disebabkan oleh inflamasi dan bakteri, serta produk perawatan yang tidak sesuai, makanan berlemak, stres, dan kelelahan. Untuk mengatasi jerawat yang terasa nyut-nyutan, anda dapat menjaga kebersihan kulit, menghindari produk perawatan yang mengandung bahan kimia berlebihan, menggunakan exfoliator, dan menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat. Jika anda merasa bahwa masalah jerawat anda sudah tidak dapat ditangani sendiri, segera lakukan konsultasi ke dokter.

BACA JUGA:  Krim yang Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

VideoKenapa Jerawat Terasa Nyut Nyutan?