Kenapa Jerawat Suka Gatal?

Kenapa Jerawat Suka Gatal?
Source: bing.com

Kebanyakan orang pernah mengalami jerawat di kulit mereka. Rasa gatal di sekitar jerawat adalah salah satu masalah yang paling umum. Meskipun banyak orang yang menganggapnya sebagai masalah kecil, namun bagi sebagian orang, rasa gatal di jerawat dapat menjadi sangat mengganggu. Marilah kita lihat apa yang menyebabkan jerawat gatal.

Apa Penyebabnya?

Penyebab utama jerawat gatal adalah infeksi bakteri. Kebanyakan jerawat disebabkan oleh bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan peradangan, yang akan menyebabkan rasa gatal di sekitar jerawat. Selain itu, kulit yang sensitif juga dapat menyebabkan rasa gatal. Jika kulit Anda mudah iritasi, jerawat mungkin lebih gatal daripada biasanya.

Apa Efeknya?

Gatal di sekitar jerawat tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kulit lainnya. Anda mungkin akan merasa tentu saja ingin menggaruk jerawat, tetapi ini justru dapat menyebabkan luka bakar dan menyebabkan jerawat menjadi lebih parah. Hal ini karena gesekan saat menggaruk dapat meningkatkan produksi minyak dan membuat jerawat lebih gatal.

Apa Cara Menghilangkan Rasa Gatal?

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal di sekitar jerawat. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk kulit yang mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide. Kedua bahan ini akan membantu mengurangi infeksi bakteri dan juga mengurangi produksi minyak. Selain itu, Anda juga dapat mencoba menggunakan masker kulit atau pelembab untuk melembabkan kulit dan membantu mengurangi iritasi.

Apa Produk Yang Bisa Digunakan?

Banyak produk yang tersedia di pasaran yang dapat membantu mengurangi rasa gatal di sekitar jerawat. Salicylic acid dan benzoyl peroxide adalah dua produk yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi infeksi bakteri dan mengurangi produksi minyak. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk pelembab kulit yang mengandung bahan-bahan seperti aloe vera atau panthenol. Produk-produk ini akan membantu melembabkan kulit dan mengurangi iritasi.

BACA JUGA:  Krim Malam untuk Menghilangkan Jerawat

Apa Cara Lain?

Selain menggunakan produk-produk khusus, Anda juga dapat mencoba beberapa cara alami untuk mengurangi rasa gatal di sekitar jerawat. Cara yang paling umum adalah dengan menggunakan kompres es. Es akan membantu mengurangi gatal dan menenangkan kulit. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti kunyit atau lidah buaya untuk membantu mengurangi iritasi di sekitar jerawat.

Apa yang Harus Diingat?

Jika Anda memiliki masalah jerawat gatal, selalu ingat untuk jangan menggaruk atau memencet jerawat. Hal ini dapat menyebabkan luka bakar dan bahkan memperburuk masalah jerawat Anda. Selain itu, pastikan Anda menggunakan produk kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini akan membantu mengurangi iritasi pada kulit Anda.

Kesimpulan

Ketika Anda mengalami masalah jerawat gatal, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal. Anda dapat menggunakan produk kulit seperti salicylic acid dan benzoyl peroxide untuk membantu mengurangi infeksi bakteri dan produksi minyak. Selain itu, Anda juga dapat mencoba cara alami seperti kompres es atau bahan alami seperti kunyit atau lidah buaya. Pastikan Anda juga menggunakan produk pelembab dan menghindari menggaruk atau memencet jerawat untuk mencegah luka bakar.

VideoKenapa Jerawat Suka Gatal?