Kenapa Jerawat Saya Gatal?

Kenapa Jerawat Saya Gatal?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang umum. Tidak peduli usia, jenis kelamin, atau ras, semua orang mungkin pernah mengalami jerawat pada satu waktu atau lainnya. Bagi banyak orang, jerawat mungkin hanya berupa beberapa lesi kecil di wajah atau punggung. Namun, ada juga orang yang mengalami jerawat yang lebih parah dan yang menimbulkan rasa gatal. Gatal yang disebabkan oleh jerawat biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau reaksi alergi. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai penyebab jerawat gatal dan cara mengatasinya.

Apa Saja Penyebab Jerawat Gatal?

Ada beberapa penyebab jerawat gatal. Beberapa di antaranya adalah:

  • Infeksi bakteri: Infeksi bakteri dapat menyebabkan jerawat gatal. Bakteri ini disebut Propionibacterium acnes yang berkembang biak di dalam kelenjar minyak. Kebanyakan infeksi bakteri disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat, menggunakan kosmetik yang telah kedaluwarsa, dan tidak mencuci wajah secara teratur.
  • Reaksi alergi: Beberapa orang mungkin alergi terhadap bahan-bahan tertentu dalam produk kecantikan, seperti parfum, bahan pewarna, dan bahan pengawet. Bila Anda alergi terhadap salah satu bahan-bahan tersebut, maka Anda dapat mengalami gatal akibat jerawat.
  • Kondisi kulit: Beberapa kondisi kulit seperti psoriasis, dermatitis seboroik, atau eksim dapat menyebabkan jerawat gatal. Kondisi-kondisi ini dapat menyebabkan gatal karena menyebabkan iritasi kulit dan pembentukan lebam.
  • Stres: Stres dapat menyebabkan peradangan kulit, yang dapat menyebabkan jerawat gatal. Stres juga dapat menyebabkan hormon androgen meningkat, yang dapat menyebabkan produksi minyak di kulit meningkat.

Bagaimana Cara Mengobati Jerawat Gatal?

Mengobati jerawat gatal tidak sama dengan mengobati jerawat biasa. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengobati jerawat gatal:

  • Gunakan produk kulit yang sesuai: Gunakan produk kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Produk yang mengandung minyak atau bahan-bahan berminyak dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jika Anda memiliki kulit berminyak, gunakan produk yang mengandung salicyl acid atau benzoyl peroxide. Produk ini akan membantu mengurangi produksi minyak dan mencegah infeksi bakteri.
  • Periksa alergi: Jika Anda mengalami reaksi alergi karena produk kecantikan, cobalah untuk menghindari produk yang mengandung bahan-bahan yang Anda alergi. Jika Anda masih ragu, lakukan tes alergi untuk memastikan bahwa Anda tidak alergi terhadap suatu bahan.
  • Gunakan obat-obatan: Ada beberapa obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati jerawat gatal. Obat-obatan ini dapat membantu mengurangi gatal dan mengurangi produksi minyak. Beberapa obat-obatan yang dapat digunakan adalah antibiotik oral, obat antijamur, dan obat anti-inflamasi.
  • Ganti gaya hidup: Ganti gaya hidup Anda. Kurangi stres dan berolahraga secara teratur. Ini akan membantu mengontrol produksi hormon androgen dan mengurangi peradangan kulit.
BACA JUGA:  Minuman Penghilang Jerawat dan Bekasnya

Apa Saja Cara Pencegahan Jerawat Gatal?

Beberapa cara pencegahan jerawat gatal adalah:

  • Cuci wajah secara teratur: Cuci wajah dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Ini akan membantu membersihkan kotoran, minyak, dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat gatal.
  • Gunakan produk yang sesuai: Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan gunakan produk yang mengandung bahan-bahan berminyak atau bahan pewarna atau pengawet.
  • Kurangi stres: Kurangi stres dengan berolahraga, beristirahat cukup, dan menjalani terapi. Ini akan membantu mengurangi produksi hormon androgen yang dapat menyebabkan jerawat gatal.
  • Jaga kebersihan: Jaga kebersihan lingkungan Anda dan pastikan Anda menjaga kebersihan wajah Anda dengan mencuci wajah secara teratur.

Kesimpulan

Jerawat gatal adalah masalah kulit yang umum dan dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, reaksi alergi, kondisi kulit, dan stres. Untuk mengobati jerawat gatal, Anda harus menggunakan produk kulit yang sesuai, memeriksa alergi Anda, menggunakan obat-obatan, dan mengubah gaya hidup Anda. Untuk mencegah jerawat gatal, Anda harus mencuci wajah secara teratur, menggunakan produk yang sesuai, mengurangi stres, dan menjaga kebersihan.

VideoKenapa Jerawat Saya Gatal?