Kenapa Jerawat Muncul Saat Haid?

Kenapa Jerawat Muncul Saat Haid?
Source: bing.com

Haid merupakan hal yang wajar dan alami bagi wanita. Haid adalah proses metabolisme dan pemulihan alami yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan kesehatan. Namun, periode haid juga dapat menimbulkan masalah kulit seperti jerawat dan peradangan. Berikut adalah alasan mengapa jerawat muncul saat haid.

1. Hormon Estrogen dan Androgen

Hormon estrogen dan androgen berperan penting dalam penyebab jerawat. Kedua hormon ini meningkatkan produksi minyak di kulit dan mengakibatkan pori-pori tersumbat. Sementara itu, hormon androgen secara langsung berhubungan dengan peningkatan produksi minyak dan kelenjar sebum. Saat haid, kadar hormon estrogen dan androgen dalam tubuh naik, sehingga menyebabkan kulit lebih berminyak dan rentan terkena jerawat.

2. Perubahan Suasana Hati

Saat haid, kebanyakan wanita mengalami perubahan suasana hati. Hal ini karena tingkat hormon dalam tubuh yang tidak stabil. Perubahan suasana hati dapat berdampak pada kesehatan kulit. Contohnya, wanita yang stres mungkin akan lebih mudah terkena jerawat.

3. Konsumsi Makanan Berlemak

Makanan berlemak seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan berminyak dapat memicu produksi minyak di kulit. Makanan berlemak dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan munculnya jerawat. Oleh karena itu, saat haid sebaiknya hindari makanan berlemak dan beralih ke diet sehat yang kaya akan vitamin dan mineral.

4. Konsumsi Alkohol

Alkohol adalah bahan beracun yang dapat merusak kulit. Hal ini karena alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan produksi minyak di kulit. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan iritasi dan radang pada kulit sehingga dapat menimbulkan jerawat.

BACA JUGA:  Sabun Wardah untuk Jerawat

5. Tidak Membersihkan Wajah Secara Teratur

Membuang kotoran yang menempel pada wajah secara teratur adalah salah satu cara penting untuk mencegah jerawat. Saat haid, tubuh akan lebih rentan terkena jerawat. Oleh karena itu, perawatan kulit harus lebih intensif. Bersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah dan jangan lupa untuk menggunakan pelembab setelahnya.

6. Merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab jerawat. Asap rokok dapat menyebabkan iritasi dan radang pada kulit, sehingga menyebabkan jerawat. Asap rokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan pecah-pecah. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga menghambat aliran darah yang membawa nutrisi ke seluruh tubuh.

7. Memakai Kosmetik

Memakai kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit Anda dapat menyebabkan jerawat. Kosmetik berbahan kimia dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan meningkatkan produksi minyak di kulit. Sebelum memilih produk kosmetik, pastikan Anda memahami jenis kulit Anda agar tidak memicu munculnya jerawat.

8. Tidak Mengganti Handuk Secara Teratur

Menggunakan handuk yang tidak bersih dapat menyebabkan jerawat. Handuk yang terlalu lama digunakan akan menjadi tempat persemaian kuman dan bakteri. Bakteri ini dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit. Sebaiknya ganti handuk setelah digunakan, terutama jika Anda sedang haid.

9. Memakai Pakaian yang Terlalu Ketat

Memakai pakaian yang terlalu ketat, terutama pakaian dalam yang berbahan sintetis dapat menyebabkan iritasi dan radang pada kulit. Hal ini karena pakaian yang terlalu ketat dapat menyempitkan pori-pori dan menghambat aliran udara. Sebaiknya hindari pakaian dalam yang terlalu ketat dan ganti selalu setelah berenang atau berolahraga saat haid.

BACA JUGA:  Manfaat Sunscreen Wardah untuk Bekas Jerawat

10. Kebiasaan Buruk Lainnya

Kebiasaan buruk lainnya yang dapat memicu munculnya jerawat selama haid adalah tidur terlalu lama, menggunakan produk kosmetik berlebihan, dan melepaskan alergi. Usahakan untuk mempertahankan pola hidup sehat, berolahraga secara teratur, dan menjaga kondisi kulit Anda dengan baik untuk mencegah jerawat.

Kesimpulan

Kulit wanita cenderung lebih sensitif dan rentan terhadap jerawat saat haid. Hal ini karena tingkat hormon yang tidak stabil, perubahan suasana hati, dan beberapa faktor lainnya. Untuk mencegah jerawat, hindari makanan berlemak, alkohol, pakaian yang terlalu ketat, dan kebiasaan buruk lainnya. Selain itu, membersihkan wajah secara teratur juga penting untuk mencegah jerawat dan menjaga kesehatan kulit.

VideoKenapa Jerawat Muncul Saat Haid?