Kenapa Jerawat Mengelupas?

Kenapa Jerawat Mengelupas?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum. Hampir semua orang mengalaminya pada satu titik dalam hidup mereka. Meskipun banyak orang berpikir bahwa jerawat hanya datang dan pergi tanpa alasan, ada beberapa alasan yang dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Ini adalah beberapa alasan yang mungkin menjelaskan mengapa jerawat Anda mengelupas.

1. Kelebihan Minyak

Kelebihan minyak di kulit adalah salah satu penyebab utama jerawat mengelupas. Minyak alami dari kulit Anda berfungsi sebagai pelindung, dan itu juga berperan dalam membersihkan kulit Anda. Namun, jika Anda memiliki kelebihan minyak, itu dapat menyebabkan jerawat. Bila Anda berusia di antara lain 20 dan 30 tahun, maka Anda cenderung memiliki lebih banyak minyak di kulit Anda. Ini adalah masa di mana hormon Anda mulai berubah dan minyak alami Anda mulai naik. Ini menyebabkan jerawat mengelupas di bagian tertentu dari wajah Anda.

2. Kebiasaan Komedo

Komedo adalah salah satu penyebab jerawat mengelupas. Komedo adalah bintik-bintik hitam di wajah Anda yang dapat muncul saat Anda terus-menerus membuka atau menekan jerawat Anda. Ini dapat memicu infeksi dan inflamasi di bawah permukaan kulit Anda. Jika Anda terus-menerus menekan jerawat Anda, itu dapat menyebabkan kulit Anda mengelupas. Untuk menghindari ini, hindari menekan atau mencubit jerawat Anda.

3. Produk Topikal

Produk topikal yang terlalu keras dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat mengelupas. Jika Anda menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia yang kuat, seperti asam salisilat, peroksida, atau retinoid, itu dapat menyebabkan iritasi kulit dan menyebabkan jerawat mengelupas. Ini bisa terjadi karena bahan-bahan ini cukup keras untuk menyebabkan iritasi kulit, jadi Anda harus berhati-hati untuk tidak menggunakan produk yang terlalu kuat di wajah Anda.

BACA JUGA:  Wajah Hancur Karena Jerawat

4. Kurangnya Kelembaban

Kurangnya kelembaban di kulit Anda juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Jika kulit Anda terlalu kering, itu dapat menyebabkan iritasi dan menyebabkan kulit Anda mengelupas. Untuk menjaga kelembaban kulit Anda, pastikan untuk membersihkan wajah Anda setiap hari dan menggunakan pelembab yang cocok untuk jenis kulit Anda.

5. Diet Kaya Lemak

Makan makanan yang kaya lemak dan gula juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Makanan yang kaya lemak dan gula dapat mengakibatkan terlalu banyak minyak di wajah Anda. Ini dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi di kulit Anda, yang dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Untuk menghindari ini, pastikan untuk menjaga pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula.

6. Alergi

Alergi juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Reaksi alergi dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi di kulit Anda, yang dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Untuk menghindari ini, pastikan untuk mengetahui apa yang Anda alergi dan menghindari produk yang akan menyebabkan reaksi alergi.

7. Stres

Stres juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Stres berkepanjangan dapat meningkatkan produksi hormon tertentu, seperti kortisol, yang dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi di kulit Anda. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres Anda dengan benar. Lakukan latihan relaksasi, seperti meditasi atau yoga, untuk membantu Anda mengelola stres Anda.

8. Polusi

Terlalu banyak polusi di udara juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Polusi di udara dapat memicu iritasi dan inflamasi di kulit Anda, yang dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Anda bisa melindungi diri Anda dari polusi dengan menggunakan masker wajah ketika berada di luar atau menghabiskan lebih banyak waktu di ruangan bersih.

BACA JUGA:  Manfaat Bio Oil Untuk Parut Jerawat

9. Kebiasaan Mandi

Kebiasaan mandi yang buruk juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Jika Anda mandi terlalu sering atau menggunakan air yang terlalu panas, itu dapat menyebabkan iritasi dan inflamasi di kulit Anda. Untuk menghindari ini, hindari mandi terlalu sering atau dengan air yang terlalu panas.

10. Penggunaan Sabun

Penggunaan sabun yang salah juga dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Sabun yang terlalu kuat dapat menyebabkan iritasi kulit, yang dapat menyebabkan jerawat mengelupas. Untuk menghindari ini, pastikan untuk menggunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan untuk tidak menggunakan sabun yang terlalu keras.

Kesimpulan

Jerawat mengelupas dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk kelebihan minyak, kebiasaan komedo, produk topikal, kurangnya kelembaban, diet kaya lemak, alergi, stres, polusi, kebiasaan mandi, dan penggunaan sabun. Untuk mencegah jerawat Anda mengelupas, hindari hal-hal di at

VideoKenapa Jerawat Mengelupas?