Kenapa Jerawat Memerah?

Kenapa Jerawat Memerah?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan yang terjadi ketika kulit Anda mengalami penyumbatan oleh minyak dan kotoran. Jerawat memiliki berbagai macam bentuk, mulai dari komedo, bintik-bintik kecil, hingga kecacatan yang lebih parah. Salah satu ciri jerawat adalah bahwa jerawat memerah ketika muncul. Ini membuatnya lebih menonjol dan sulit untuk disembunyikan. Berikut adalah beberapa penyebab jerawat memerah.

Hormon

Hormon adalah salah satu penyebab utama jerawat memerah. Pada wanita, hormon seperti estrogen, progesteron, dan androgen dapat berperan dalam meningkatkan produksi minyak pada kulit. Ini menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat dan menyebabkan jerawat. Pada remaja, ini sering disebabkan oleh peningkatan hormon karena proses pertumbuhan, yang membuat jerawat lebih umum. Hormon juga dapat menyebabkan jerawat pada orang dewasa.

Komedo Tertutup

Komedo tertutup adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dengan minyak dan kotoran. Komedo tertutup umumnya berwarna hitam dan bisa menjadi sumber infeksi. Ketika komedo tertutup terinfeksi, ia menjadi merah dan terasa sakit. Infeksi ini dapat menyebabkan peradangan yang menyebabkan jerawat memerah.

Stress

Stress juga dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit Anda. Hal ini dapat menyebabkan jerawat memerah. Stress juga dapat menyebabkan tubuh Anda kekurangan nutrisi yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit Anda. Jika Anda merasa stress, cobalah untuk mengambil waktu untuk beristirahat dan bersantai untuk mengurangi stres dan menjaga kesehatan kulit Anda.

Kulit Kering

Kulit kering adalah keadaan kulit yang umumnya disebabkan oleh kurangnya cairan dan nutrisi. Kulit kering dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat memerah. Untuk mencegah kulit kering, Anda harus menjaga keseimbangan cairan dan nutrisi dengan minum cukup air setiap hari dan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

BACA JUGA:  Manfaat Grapeseed Oil untuk Jerawat

Kembalinya Jerawat

Jerawat dapat muncul kembali meskipun Anda telah mencoba berbagai macam produk perawatan kulit. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, seperti tidak menggunakan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda, menggunakan produk yang mengandung bahan berbahaya, atau menggunakan produk yang tidak cocok untuk perawatan jerawat. Itu sebabnya penting untuk menggunakan produk yang tepat untuk jenis kulit Anda untuk menghindari kembalinya jerawat.

Kontak Dengan Bahan Berbahaya

Kontak dengan bahan berbahaya seperti produk pembersih yang kuat, pembersih beraroma, atau produk yang mengandung alkohol dapat memicu produksi minyak pada kulit, yang dapat menyebabkan jerawat memerah. Untuk mencegah ini, pastikan untuk menggunakan produk yang ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan berbahaya. Juga, hindari menyentuh wajah Anda dengan tangan yang belum dicuci.

Konsumsi Makanan Berlemak

Konsumsi makanan berlemak berlebihan dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit Anda. Makanan berlemak yang tinggi kolesterol dan lemak jenuh dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat memerah. Jika Anda merasa Anda mengkonsumsi makanan berlemak berlebihan, cobalah untuk menguranginya dan menggantinya dengan makanan yang sehat untuk kulit Anda.

Kurang Istirahat

Kurang istirahat juga dapat meningkatkan risiko jerawat memerah. Kurang tidur dapat meningkatkan hormon stress, yang dapat menyebabkan produksi minyak pada kulit Anda. Juga, Anda dapat merasa tertekan, yang dapat menyebabkan jerawat memerah. Untuk mencegah ini, pastikan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malam.

Kesimpulan

Jerawat memerah karena berbagai alasan, mulai dari hormon, stres, komedo tertutup, kulit kering, kembalinya jerawat, kontak dengan bahan berbahaya, konsumsi makanan berlemak, dan kurang istirahat. Untuk mencegah jerawat memerah, pastikan untuk menjaga kesehatan kulit Anda dengan menghindari bahan berbahaya, makanan berlemak berlebihan, dan kurang tidur. Juga, pastikan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

BACA JUGA:  Cara Memutihkan Bekas Jerawat Merah dengan Serum

VideoKenapa Jerawat Memerah?