Kenapa Jerawat di Hidung Sangat Sakit?

Kenapa Jerawat Di Hidung Sangat Sakit?
Source: bing.com

Jerawat bisa sangat mengganggu dan menyebabkan rasa sakit. Banyak orang yang mengalami jerawat di hidung, yang dikenal sebagai “jerawat hidung.” Jerawat hidung dapat menyebabkan rasa sakit yang mengganggu, disertai dengan peradangan lokal. Ini adalah masalah yang biasa terjadi pada semua jenis kulit, baik remaja maupun orang dewasa. Pada artikel ini, kita akan mencari tahu apa yang menyebabkan jerawat hidung sangat sakit.

Tahap Awal Penyebab Jerawat di Hidung

Jerawat hidung bisa terjadi karena banyak alasan. Salah satu alasan adalah ketidakseimbangan hormon. Jika Anda sedang mengalami masalah hormonal, seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), Anda lebih rentan mengalami jerawat di hidung. Jerawat di hidung juga dapat disebabkan oleh produksi minyak berlebih dari kelenjar sebasea, yang bisa menyebabkan kulit menjadi berminyak dan berjerawat. Minyak berlebih ini dapat menyumbat pori-pori, yang kemudian menyebabkan jerawat.

Bakteri dan Infeksi

Ketika minyak berlebihan menyumbat pori-pori, bakteri dapat berkembang biak dengan cepat. Bakteri ini bisa menyebabkan infeksi pada kulit dan menyebabkan jerawat di hidung. Bakteri yang paling umum yang menyebabkan jerawat di hidung adalah bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menimbulkan rasa sakit yang dapat mengganggu.

Peradangan

Ketika bakteri menempel pada kulit, ini akan menyebabkan peradangan. Peradangan ini dapat menyebabkan tanda-tanda yang lebih berat seperti rasa sakit yang terus-menerus, kemerahan dan bengkak. Jerawat hidung yang menyebabkan rasa sakit adalah jenis jerawat yang paling umum, dan juga yang paling mengganggu. Rasa sakit ini bisa berlangsung selama beberapa hari, atau bahkan seminggu.

BACA JUGA:  Jerawat Mendem, Masalah Kecantikan yang Harus Ditangani Secara Tepat

Jerawat Hidung dan Alergi

Jerawat di hidung juga dapat disebabkan oleh alergi. Beberapa orang mungkin alergi terhadap kosmetik atau produk perawatan kulit tertentu, yang dapat menyebabkan jerawat di hidung. Alergi juga bisa disebabkan oleh makanan tertentu atau obat-obatan. Jika Anda alergi terhadap sesuatu, Anda harus menghindari produk atau makanan tersebut agar jerawat di hidung tidak terjadi.

Stress dan Jerawat di Hidung

Stress adalah faktor lain yang dapat menyebabkan jerawat di hidung. Ketika Anda stres, tubuh Anda akan melepaskan hormon-hormon tertentu yang dapat menyebabkan produksi minyak berlebihan. Ini bisa menyebabkan jerawat di hidung dan membuatnya lebih sakit. Jika Anda stres, cobalah untuk beristirahat dan mencari cara untuk mengurangi stres Anda agar jerawat di hidung tidak semakin parah.

Tindakan Pencegahan Jerawat di Hidung

Untuk mencegah jerawat di hidung, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Pertama, cobalah untuk menjaga kulit Anda tetap bersih dan kering. Hindari produk kosmetik dan perawatan kulit yang berlebihan. Juga, cobalah untuk menjauh dari makanan yang memicu alergi dan stres. Jika Anda alergi terhadap sesuatu, hindari produk tersebut agar jerawat tidak semakin parah.

Pengobatan Jerawat di Hidung

Jika jerawat di hidung Anda sangat parah, mungkin Anda perlu mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan. Dokter Anda dapat meresepkan obat-obatan topikal atau obat-obatan oral untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Juga, dokter Anda mungkin merekomendasikan prosedur estetika seperti peelings kimia atau pengangkatan jerawat untuk mengurangi tanda-tanda jerawat.

Kesimpulan

Jerawat di hidung dapat menyebabkan rasa sakit yang mengganggu. Penyebab utama jerawat di hidung adalah ketidakseimbangan hormon, produksi minyak berlebihan, bakteri, infeksi, alergi dan stres. Untuk mencegah jerawat di hidung, Anda harus menjaga kulit Anda tetap bersih dan kering. Jika jerawat di hidung Anda sudah parah, mungkin Anda harus mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

BACA JUGA:  Mengatasi Jerawat dengan Serum

VideoKenapa Jerawat di Hidung Sangat Sakit?