Kenapa Jerawat Bisa Timbul?

Kenapa Jerawat Bisa Timbul?
Source: bing.com

Jerawat adalah masalah umum yang dihadapi banyak orang, terutama remaja dan orang dewasa muda. Kebanyakan orang tahu bahwa jerawat disebabkan oleh kelebihan minyak yang diproduksi oleh kulit, tetapi mereka tidak sepenuhnya tahu mengapa jerawat itu bisa terjadi. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa jerawat bisa timbul.

Kebiasaan Merawat Kulit yang Salah

Kebanyakan orang mengabaikan bagaimana mereka merawat kulit mereka. Kebiasaan yang salah termasuk menggosok wajah secara berlebihan, menggunakan banyak produk yang mengandung bahan kimia, atau bahkan menggunakan sabun yang terlalu keras. Hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan mengganggu produksi minyak alami kulit, yang akhirnya akan menyebabkan blokage pori-pori dan munculnya jerawat.

Hormon

Hormon juga berperan penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat. Di masa remaja, hormon-hormon seperti testosteron dan estrogen meningkat drastis, yang dapat menyebabkan produksi minyak yang berlebihan. Selain itu, wanita yang sedang hamil atau yang sedang menggunakan kontrasepsi, juga akan mengalami perubahan hormon, yang juga dapat menyebabkan jerawat.

Genetika

Genetika juga berperan penting dalam menentukan apakah seseorang akan menderita jerawat atau tidak. Orang yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah jerawat cenderung lebih mungkin untuk menderita jerawat juga. Itu karena gen mereka memiliki predisposisi untuk menghasilkan minyak berlebih, dan karena itu, jerawat lebih mungkin untuk muncul.

Bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) adalah bakteri yang bertanggung jawab untuk jerawat. Bakteri ini tumbuh di minyak yang tersumbat di dalam pori-pori, dan kelebihan minyak yang disebabkan oleh hormon atau genetika akan membuatnya tumbuh lebih cepat. Dalam prosesnya, bakteri ini akan menyebabkan pembengkakan dan meradang pada area yang terkena, yang menyebabkan jerawat.

BACA JUGA:  Bagaimana Memilih Masker yang Bagus untuk Menghilangkan Jerawat?

Stres

Stres juga dapat menyebabkan jerawat. Stres akan menyebabkan hormon di dalam tubuh meningkat, yang pada akhirnya akan menyebabkan lebih banyak minyak diproduksi oleh kulit. Selain itu, stres juga dapat menyebabkan bakteri P. acnes tumbuh lebih cepat di dalam pori-pori.

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula dan karbohidrat akan menyebabkan produksi insulin yang tinggi di dalam tubuh. Ini akan menyebabkan produksi minyak yang berlebihan, yang pada akhirnya akan menyebabkan blokage pori-pori dan munculnya jerawat.

Polusi

Polutan di udara juga dapat menyebabkan jerawat. Partikel polutan dapat masuk ke dalam pori-pori dan menyebabkan blokage minyak, yang pada akhirnya akan menyebabkan jerawat. Polusi juga dapat menyebabkan iritasi kulit, yang dapat membantu dalam menyebabkan jerawat.

Kesimpulan

Jerawat bisa timbul karena berbagai alasan, seperti kebiasaan merawat kulit yang salah, hormon, genetika, bakteri, stres, makanan tinggi gula, dan polusi. Untuk menghindari jerawat, penting untuk menjaga kelebihan minyak dibawah kontrol dengan menjaga kebiasaan merawat kulit yang baik dan mengikuti diet yang sehat. Selain itu, penting untuk menjaga lingkungan sekitar bersih dan bebas polusi.

VideoKenapa Jerawat Bisa Timbul?