Kenapa Jerawat Bernanah?

Kenapa Jerawat Bernanah?
Source: bing.com

Jerawat bernanah adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dijumpai. Banyak orang yang mengalami jerawat bernanah, dan mereka ingin tahu penyebabnya. Sayangnya, tidak ada satu penyebab pasti jerawat bernanah. Namun, ada beberapa faktor yang berkontribusi terhadap jerawat bernanah, dan ini adalah beberapa alasan mengapa jerawat bernanah terjadi.

Hormon

Salah satu penyebab utama jerawat bernanah adalah gangguan hormon. Ketika hormon anda berubah, seperti ketika anda mengalami masa pubertas atau sedang hamil, ini dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit anda. Ini akan menyebabkan pori-pori tersumbat dengan minyak dan kotoran, yang akan menyebabkan jerawat bernanah.

Stress

Stress juga dapat mempengaruhi produksi hormon dan menyebabkan jerawat bernanah. Ketika anda sedang stres, anda mungkin akan menghasilkan lebih banyak hormon kortisol, yang dapat memicu produksi minyak di kulit anda. Ini akan membuat pori-pori tersumbat dan menyebabkan jerawat bernanah.

Polusi

Polusi juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Partikel asap, debu, dan kotoran di udara dapat menyumbat pori-pori kulit anda, yang dapat menyebabkan jerawat bernanah. Ini menjelaskan mengapa jerawat lebih sering terjadi di daerah dengan tingkat polusi yang tinggi.

Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman tertentu juga dapat berkontribusi terhadap jerawat bernanah. Makanan yang tinggi lemak, seperti gorengan, dapat menyebabkan peningkatan produksi minyak di kulit anda. Minuman yang mengandung kafein juga dapat memicu produksi minyak di kulit anda. Minuman yang beralkohol juga dapat menyebabkan kulit kering, yang dapat menyebabkan jerawat bernanah.

Ketidakseimbangan PH

Ketidakseimbangan pH juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Ketika pH kulit anda tidak seimbang, ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif, yang akan membuat anda lebih rentan terhadap jerawat bernanah. Anda harus selalu memastikan bahwa pH kulit anda seimbang agar anda dapat menjaga kesehatan kulit anda.

BACA JUGA:  Apakah Cuka Dapur Dapat Menghilangkan Jerawat?

Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti menggaruk atau menekan jerawat dapat menyebabkan masalah kulit lebih parah. Ketika anda menggaruk atau menekan jerawat, anda dapat memicu pembengkakan dan infeksi. Hal ini dapat menyebabkan jerawat bernanah dan dapat membuat masalah kulit anda semakin buruk.

Kulit Kering

Kulit kering juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Ketika kulit anda kering, ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dengan minyak dan kotoran, yang dapat menyebabkan jerawat bernanah. Anda harus selalu menjaga kelembaban kulit anda untuk mencegah jerawat bernanah.

Produk Perawatan Kulit

Beberapa produk perawatan kulit juga dapat menyebabkan jerawat bernanah. Produk perawatan yang terlalu kuat atau yang tidak cocok dengan jenis kulit anda dapat memicu produksi minyak dan menyebabkan jerawat bernanah. Jadi, pastikan untuk memilih produk perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit anda.

Kesimpulan

Jerawat bernanah adalah masalah kulit yang umum. Namun, tidak ada satu penyebab pasti jerawat bernanah. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap jerawat bernanah adalah gangguan hormon, stress, polusi, makanan dan minuman tertentu, ketidakseimbangan pH, kebiasaan buruk, kulit kering, dan produk perawatan kulit. Jadi, penting untuk mengetahui penyebab jerawat bernanah, agar anda dapat mencegahnya.

VideoKenapa Jerawat Bernanah?